Mengenal Buah Tin, Asal Usul, dan Manfaatnya untuk Kesehatan - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

iwan males

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB
  • Gaya Hidup
  • Pilihan
  • Mengenal Buah Tin, Asal Usul, dan Manfaatnya untuk Kesehatan

    Dibaca : 136.556 kali

    Kamu tau buah tin? Buah yang nama buahnya dipakai di dalam al-qur'an yaitu jus 30 At-tin. Buah tin dalam bahasa latin yaitu Ficus carica merupakan sejenis buah yang berasal dari Asia Barat yang begitu populer di dunia Islam. Hal ini disebabkan oleh buah tin dikatakan oleh Allah SWT, dalam firmanNYA di Alquran pada surat Tin yaitu surat ke 95.

    Buah ini yaitu salah satu tanaman buah yang disukai Rasululah SAW. Dikisahkan oleh Abu Zar r.a. bahwansannya pernah Rasulullah menemukan satu buah tin lalu Nabi Muhammad SAW mengajak para sahabatnya untuk makan kemudian Rasulullah pun ikut makan seraya berkata "Kalau aku perkataan tentang buah yang dijatuhkan dari syurga, untuk itu aku katakan ini karena buah syurga tak berbiji. Oleh karena itu, makanlah sebaiknya buah ini. Sesungguhnya buah tersebut mengatasi penyakit buasir dan menjaga kesehatan tubuh."

    Dari sabda Rasul SAW tersebut, dapat di simpulkan bahwa buah tin merupakan buah yang asalnya dari syurga dan tergolong buah yang banyak manfaat dan sudah dikatakan Rasulullah yaitu untuk mengatasi penyakit dan menyehatkan badan, serta dapat menghilangkan toksin yang berbahaya di dalam organ tubuh.

    Di dunia ini, terdapat dua jenis buah tin adalah buah tin basah dan buah tin kering. Perbedaan antara kedua jenis buah tin tersebut hanya pada kadar kalorinya. Kalau buah tin kering, mengandung enam kalori lebih banyak dari buah tin basah. Buah tin sangat kaya nutrisi dalam buahnya.

    Dari sekian banyak nutrisi-nutrisi tersebut salah duanya adalah protein, lemak, karbohidrat, vitamin, kalsium, zat besi, dan potassium. Kadar nutrisi buah tin adalah protein dengan jumlah 4.3 mg, serat 5.6 mg, energi 274 kkal, kalsium 126 mg, karbohidrat yaitu 63.4 mg, vitamin C sekitar 1 mg. Karena buah tin diperkaya dengan bermacam-macam nutrisi di dalamnya, sehingga tin begitu bermanfaat bagi kesehatan. Berikut kami jelaskan manfaat tin untuk tubuh yang perlu anda ketahui.

    Tertarik membeli buah tin? Kami MenJual bibit buah tin murah

    1. Kandungan protein buah tin yang tinggi, dapat membunuh bakteri yang mengganggu kesehatan tubuh. Sehingga tubuh selalu nampak segar dan bugar.

    2. Khasiat mengkonsumsi buah tin adalah dapat mengurangi kadar kolesterol tubuh. Jadi sangat tepat dikonsumsi bagi kamu yang mempunyai kolesterol tinggi.

    3. Bagi siapa saja yang sedang melakukan program penurunan berat badan (diet) buah tin tepat untuk menurunkan berat badan anda dan melancarkan diet sehat anda. Jadi tak usah ragu untuk mengkonsumsinya secara rutin.

    4. Menambah selera makan. Tak ada salahnya untuk kamu yang mengalami nafsu makan yang tak teratur. Konsumsilah buah tin sebagai penambah selera makan.

    5. Merangsang perkembangan hemoglobin dalam aliran darah, sehingga sangat tepat digunakan bagi pengidam anemia.

    6. Mengkonsumsi buah tin secara rutin sangat baik untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

    7. Mengkonsumsi tin bisa juga diare atau konstipasi

    8. Kandungan kalsium yang cukup tinggi pada tin sangat tepat dikonsumsi untuk dewasa atau anak untuk mempertahankan perkembangan tulang, sendi dan gigi terhadap anak karena banyak menyimpan kadar kalsium.

    9. Manfaat berikutnya mengkonsumsi tin dapat mengatasi sel kanker yang berkembang dalam tubuh manusia.

    10. Mengkonsumsi buah tin juga dapat membantu bernapas normal bagi penderita sesak napas atau sesak napas.


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.