Lupa kata sandi Tempo ID anda?
Belum memiliki akun? Daftar di sini
Sudah mendaftar? Masuk di sini
Diferensiasi pembelajaran mutlak perlu dilakukan oleh seorang guru dalam pembelajarannya. Dalam konsep diferensiasi semua keberagaman peserta didik dalam kelas diakomodasi dalam sebuah pembedaan dalam layanan. Misalnya peserta didik dengan kesiapan belajar tinggi, sedang, dan rendah diperlakukan sesuai dengan kondisinya, peserta didik dengan minat dan bakat berbeda juga diperlakukan layanan yang mampu mewadahi dan menjembatani minat dan bakatnya tersebut, dan peserta didik dengan gaya belajar yang unik juga mendapatkan perlakuan khusus sesuai dengan keistimewaannya. Dengan kata lain diferensiasi pembelajaran merupakan sebuah usaha “layanan berbeda” kepada peserta didik sesuai dengan kebutuhannya. Layanan berbeda ini diharapkan mampu membuka simpul-simpul yang selama ini menjadi biang pemasungan terhadap kreativitas peserta didik.