Asep Rizal - Asep Rizal - www.indonesiana.id
x

Asep Rizal

Penulis Indonesiana

Kamis, 3 Oktober 2019 15:08 WIB Judul Artikel

Penanganan Sampah di Kabupaten Tasikmalaya Buruk ,Truck Sampah hanya Punya 6 Buah

Dibaca : 724 kali


Singaparna Kab Tasikmalaya 03/10/2019: Kepala Bidang Penanganan Lingkungan hidup di Dinas Lingkungan Hidup |LH| Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat H.Endang Sahrudin,Msi merasa ketar-ketir dengan keberadaan Mobil Sampah yang ada disemua wilayah Kabupaten setempat yang menurutnya “Masih sangat kurang ,,!” hal itu ditegaskannya pada sebuah acara Rapat di Dinas LH setempat. Menurutnya “Sekarang hanya tinggal 6 Buah Truck Sampah untuk mengangkut sampah dari Bak Sampah di 39 Kecamatan se-Kabupaten kita ini,,!” Ucapnya. Kita ketahui dulu bahwa wilayah Kabupaten Tasikmalaya tersebut terdiri dari 39 Wilayah yang melingkupi 351 Desa , dengan persoalan Penanganan Lingkungan Hidup yang kurang memperhatikan segala aspek Teknis ataupun Non Teknisnya maka Pengelolaan Sampah di Kabupaten Tasikmalaya akan menjadi Boomerang tersendiri bagi upaya-upaya lainnya. Keberadaan 6 Truck Sampah yang kini masih bisa digunakan secara terbatas tersebut menurut Kepala Bidang Lingkungan Hidup “Merupakan hal bahaya yang tidak bisa dilukiskan dengan kata-kata , karena setelah saya Cek hampir semua Truck yang hanya 6 buah tersebut kesemuanya telah buruk keberadaannya , reyod lah kalau kita mau bilang jujurnya mah,,!” Lanjut Endang Sae. Diapun menjelaskan bahwa Perkembangan Daerah-daerah Penciptaan Kota Baru yang tidak hanya menjadikan Ibu Kota Kabupaten | di Singaparna| akan menjadi seluruh Wilayah Kabupaten kita ini bermasalah dengan persoalan Sampah tersebut “Karena kalau ngobrol sampah itu jangan setengah-setengah , saya sebut saja Persoalan Sampah itu bukan Isue Daerah,Nasional ataupun masalah Regional ini tentang Persoalan Penanganan sampah Secara lingkungan seluruh Dunia Persampahan ,,!” Ucapnya dengan nada serius. “Pembahasan Sampah itu harus di Bahas dari Hulu ke Hilirnya secara cermat dengan melibatkan Unsure keseluruhan Warga disebuah daerah,,nah ,,kita mau ngebahas tuntas gimana kalau Mobil Pengangkut sampahnya saja masih Minim,,!” Ucapnya pula. Diapun menjelaskan bahwa “Perlu dana Besar dari APBN dan APBD kita , ya mungkin puluhan Milyard lah ,baru kita akan bisa mempersiapkankan segala yang kita perlukan , Contohnya kita harus mempersiapkan Orang-orang Khusus di Sebuah Kota Kecamatan yang perlu biaya kesehariannya,lalu Roda dan alat untuk mengangkut sampah dari Tempat Konsentrasi Sampah Warga disebuah Tempat misalnya , lalu kitapun harus menyediakan Bak-Bak sampah baru lagi disemua Wilayah Kota Kecamatan di Kabupaten kita ini , setelah itu kita harus membangun ,atau melengkapi TPA |Tempat Pembuangan Akhir| sampah-sampah tersebut , adapula geliat para Pemandu Sampah, hanya itu tidak akan cukup kuat ketika kita hanya mengandalkan para Relawan Sampah yang bisa mengelola Sampah olahan yang bisa menghasilkan sampah-sampah itu menjadi Sampah yang bisa di Produksi misalnya ,,!” Pungkasnya. Asep Muhammad Rizal.

Asep Rizal

Penulis Indonesiana

Jumat, 26 Juli 2019 15:02 WIB Judul Artikel

#HUTKabTasikmalayaKe-387 Puncak Rangkaian Acara Tasik Motekar 2019 Bupati Dan Ketua DPRD Setempat Claim Pemerintahannya Selama Ini Berhasil

Dibaca : 849 kali


Singaparna Kab Tasikmalaya,26/07/2019: Pagi tadi |Jum,at 26/07/2019| Bupati Tasikmalaya H.Ade Sugianto sempat memimpin Acara Puncak Rangkaian Acara Milangkala HUT Kabupaten Tasikmalaya Ke-387 yang diawali dengan Upacara Bendera dihalaman Gedung Bupati |Gebu| setempat di Singaparna. Bupati-pun sempat memberikan beberapa penghargaan kepada Elemen penting penunjang Pemerintahan Kabupaten Tasikmalaya secara Simbolis. Acara Pun berlanjut dan semua Peserta Upacara pun melangkah ke Gedung DPRD Kabupaten Tasikmalaya yang tengah menggelar sidang Paripurna Istimewa dengan Agenda Khususnya. Dalam Sidang Istimewa tersebut Bupati Setempat sempat menyampaikan Paparan Pidato Atas Keberhasilan pencapaian Pemerintahan yang di pimpin nya tersebut. Pidato paparan Bupati Tasikmalaya itu di Claim sebagai Laporan beberapa Keberhasilan Pemerintahannya yang dia sebut sebagai Bagian Prioritas Program Pemerintahan Kabupaten Tasikmalaya yang terdiri dari Sektor-sektor prioritas Program seperti Program penanganan Kemiskinan ,Penanganan Kesehatan Masyarakat dan Sektor Penanganan Bidang Pendidikan yang ada diwilayah Kabupaten Tasikmalaya tersebut selama dia kini memimpin Pemkab setempat selama 2,5 Tahun kedepan di 351 Desa dan 39 Wilayah Kecamatan se Kabupaten setempat. "Indek pendapatan PAD di semua sektor meningkat pesat ,,!" Ucap Ade Sugianto dalam potongan Pidatonya siang tadi. Pidato Paparan Bupati setempat pun nampak terpantau ucapannya meneruskan Pidatonya H.Ruhimat Ketua DPRD Kabupaten setempat yang pula sempat menyebutkan beberapa Pencapaian Keberhasilan Pemerintahan Kabupaten itu dalam beberapa Bidang Pelayanan Masyarakat selama ini. Dalam acara Puncak HUT Kab Tasikmalaya ke-387 itu pun nampak Hadir Beberapa Tamu Undangan Khusus dari Kabupaten-kabupaten di Jawa Barat pada Khususnya. "Para tamu undangan Khusus itupun dipimpin Oleh Pak Wakil Gubernur Jawa Barat kita H.Uu Ruzhanul Ulum yang datang Khusus ke perhelatan Acara Puncak ini ,,!" Ungkap H.Iing Farid Khozin Sekertaris Dewan (Sekwan) DPRD Kabupaten setempat ketika dimintai keterangannya oleh penulis. Di Depan Peserta Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Tasikmalaya Wakil Gubernur Jawa Barat pun sempat memberikan Selamat Untuk HUT Kabupaten Tasikmalaya ke-387 tersebut "Semoga Kabupaten Tasikmalaya lebih baik dan lebih maju lagi kedepannya,,!" Ucap H.Uu Ruzhanul Ulum mantan Bupati Tasikmalaya dua Periode tersebut yang disambut Applause Tepuk tangan oleh semua yang hadir pada Sidang Paripurna Istimewa DPRD setempat siang tadi. Rangkaian acara yang di Setting singkat itu nampak terlihat bubaran, semua elemen tamu undangan dari Mulai Mantan Tokoh Masyarakat hingga Ketua RT,Ketua RW dan Kepala Desa se-wilayah Kabupaten setempat pun Bubar guna menuju Masjid Kaum Pemda Kabupaten Tasikmalaya untuk melaksanakan Shalat Berjamaah Shalat Jum,at. Asep Muhammad Rizal.