Lupa kata sandi Tempo ID anda?
Belum memiliki akun? Daftar di sini
Sudah mendaftar? Masuk di sini
Salah satu kelemahan konten pembelajaran yang sudah tersedia di internet adalah tingkat kesesuian materi dengan kebutuhan peserta didik masing-masing pendidik. Beda sekolah bisa jadi beda kebutuhan materi. Untuk menjawab tantangan ini, pendidik harus mampu membuat konten pembelajaran mandiri. Solusi cerdasnya adalah pemanfaatan kombinasi slide presentasi powerpoint dan rekaman video webcam menjadi media pembelajaran menarik untuk peserta didik karena munculnya wajah kita dalam konten video tersebut. Hal itu paling tidak membantu peserta didik lebih termotivasi untuk belajar daring. Bila ingin yang lebih menarik dan menantang lagi, pendidik bisa membuat konten pembelajaran dua arah dengan memanfaatkan media pembelajaran interaktif menggunakan aplikasi Articulate Storyline 3.0. Konten media interaktif masih sangat jarang digunakan oleh peserta didik, padahal media ini sangat baik dan menarik bagi mereka. Saya beberapa kali membuat dan menggunakan jenis media ini hasil dari karya saya sendiri. Peserta didik lebih semangat menggunakan jenis media pembelajaran ini karena keunikan penyampaian dan pengemasan konten materi seperti layaknya bermain game.