Lupa kata sandi Tempo ID anda?
Belum memiliki akun? Daftar di sini
Sudah mendaftar? Masuk di sini
Pandemi menjadi salah satu tantangan bagi pendidik dalam menjalankan tugas dan kewajiban terhadap siswa. Namun di sisi lain, pemerintah memberikan pencerahan kepada guru melalui program merdeka belajar dan pembelajaran berdiferensiasi, sehingga guru menjadi lebih flexible dalam memberikan pelayanan terbaik kepada siswa. Seiring dengan program merdeka belajar, pemerintah juga sedang menggiatkan pembelajaran berbasis project. Untuk itu, Salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh guru terhadap generasi Z dan Alpha adalah dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics (STEAM) pada perhitungan volume benda putar pada topik integral. Tujuannya adalah untuk membimbing siswa dalam membiasakan diri mempunyai keterampilan berfikir kritis, kreatif, kolaboratif dan inovatif dalam memahami konsep pada topik integral. Praktik baik ini saya lakukan pada siswa di SMA Negeri 3 Pekanbaru. Hal ini bertujuan untuk memberikan manfaat pengetahuan terkait STEAM dan implementasinya dalam pembelajaran matematika di sekolah, baik bagi guru ataupun siswa sebagai pelaku pembelajaran. Penggunaan STEAM dirancang untuk membuat siswa tidak hanya dapat menggunakan aplikasi Geogebra sebagai salah satu aplikasi dari teknologi tetapi mereka juga dapat mengeksplorasi jiwa seni mereka.