Lupa kata sandi Tempo ID anda?
Belum memiliki akun? Daftar di sini
Sudah mendaftar? Masuk di sini
Evaluasi akhir siswa dalam sistem belajar formal di sekolah tentunya tak lepas dari sistem penilaian yang terukur. Secara garis besar terdapat aspek penilaian perilaku, penilaian pengetahuan dan penilaian keterampilan yang akan muncul dalam laporan hasil akhir performa siswa di setiap semester. Saat ini makin beragam kreativitas guru dalam memberikan asesmen untuk penilaian keterampilan harian siswa. Namun pada kategori penilaian pengetahuan, cenderung masih dominan mengandalkan soal-soal yang menuntut kemampuan menghafal siswa terhadap materi yang diujikan. Metode "Ask To Solve" dapat menjadi cara alternatif dalam menyelenggarakan ulangan harian yang lebih melatih kreatifitas, penalaran, berpikir kritis serta kemampuan literasi siswa.
Pandemi membuat pola belajar formal turut berubah. Pada sebagian besar kasus di lapangan, cara belajar yang baru cenderung menimbulkan lebih banyak tantangan untuk murid dan guru. Namun ternyata, pola belajar digital membuka peluang bagi saya sebagai Guru BK untuk menghadirkan para pakar dan praktisi profesional dunia kerja ke dalam ruang kelas virtual agar para siswa bisa menimba ilmu langsung dari ahlinya.
Kondisi kekurangan guru yang melahirkan kreativitas guru dan siswa meskipun dengan fasilitas seadanya.