Hasil evaluasi proses belajar siswa selama satu semester dalam raport terdiri dari penilaian perilaku, penilaian keterampilan dan penilaian pengetahuan. Penilaian keterampilan umumnya akumulasi nilai dari tugas-tugas harian yang dikerjakan siswa. Sementara aspek penilaian pengetahuan siswa hasil akhir dalam raport ditentukan oleh nilai PTS (Penilaian Tengah Semester), PAS (Penilaian Akhir Semester) dan Ulangan harian.
Saat ini, makin beragam cara guru memberikan tugas harian kepada siswa dengan cara yang lebih disukai dan menyenangkan siswa, sehingga membuat siswa lebih bersemangat mengerjakan tugas. Para guru antara lain mulai memanfaat platform digital dan sosial media sebagai bagian dari metode pengerjaan tugas harian untuk memperoleh nilai keterampilan.
Sementara pada aspek penilaian pengetahuan, mayoritas masih cenderung menggunakan metode menjawab pertanyaan isian ataupun pilihan ganda yang kental dengan unsur menghafal materi yang diujikan. Kejujuran siswa seringkali menjadi tantangan utama dalam pelaksanaan ujian dengan metode ini. Terlebih pada masa pandemic ini, dimana siswa mengerjakan ulangan harian, PTS dan PAS secara daring dari rumah.
Sebagai guru, saya mengakui saat ini belum banyak yang dapat diubah dari metode penilaian pada PTS dan PAS, sebab menghafal pun menjadi bagian dari proses belajar yang dibutuhkan oleh siswa. Namun guru bisa berkreasi dalam penyelenggaraan penilaian ulangan harian. Karena itu beberapa tahun terakhir saya mencoba melaksanakan penilaian ulangan harian dengan metode Ask To Solve (ATS).
Metode ATS ini awalnya adalah kegiatan rumahan bersama anak-anak yang menjadi bagian dari kurikulum keluarga dan pola asuh di rumah kami. Sekilas tentang Ask To Solve dapat dibaca disini:
https://www.emakemakirit.com/2018/04/ask-to-solve.html
Ketika saya menerapkan metode ATS ini dalam ulangan harian bagi para siswa di sekolah, ternyata hasilnya cukup memuaskan. Konsep dasar metode ini sebetulnya hanya memberi siswa kesempatan untuk memilih dan membuat sendiri pertanyaan yang menjadi soal-soal ulangan harian yang ingin dikerjakan. Tentunya dengan beberapa aturan main yang berlaku sehingga kualitas penilaian tetap dapat terukur secara akademis.
Berikut contoh ulangan harian dengan menggunakan metode ATS:
UH 1 PRAKARYA kelas 7
Contoh bentuk soal: Warna lampu lalu lintas yang menandakan pengendara boleh melanjutkan perjalanan adalah...
Jawaban: C
Kriteria penilaian akan ditentukan dari:
Pengumpulan Tugas
|
Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menerapkan metode ATS ini dalam ulangan harian:
1). Bekali siswa dengan keterampilan bertanya, yang termudah dapat digunakan adalah model pertanyaan 5W1H (what, who, where, when, why, how) yang umum digunakan oleh para jurnalis dalam menggali informasi.
2). Setelah siswa mulai terbiasa dengan metode ATS dalam ulangan harian, siswa dapat dibekali dan diarahkan cara membuat pertanyaan dengan variasi cerita yang lebih panjang, atau dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi. Hal ini akan melatih kemampuan penalaran dan kemampuan siswa mencerna tipe-tipe soal HOTS (High Order Thinking Skills) yang mungkin akan muncul dalam ujian konvensional seperti PTS, PAS atau bahkan ANBK dan Ujian Sekolah pada saat kelulusan kelak.
Manfaat dari penerapan metode ATS dalam ulangan harian, antara lain:
- Mengurangi stres dan ketegangan siswa menghadapi ulangan harian sebab diperbolehkan membuka buku pada saat ujian berlangsung.
- Mengurangi peluang siswa bersikap tidak jujur dalam mengerjakan ulangan.
- Melatih kreatifitas berpikir siswa karena sejatinya membuat pertanyaan adalah suatu aktifitas yang lebih membutuhkan olah pikir ketimbang menjawab pertanyaan.
- Melatih kepekaan siswa pada bagian-bagian materi ajar yang berpotensi menjadi sumber pertanyaan.
- Meningkatkan frekuensi literasi membaca dan menulis siswa.
- Meningkatkan pemahaman siswa akan materi ajar tanpa harus menghafal.
- Mengasah kemampuan literasi baca dan tulis siswa.
- Mengasah kemampuan menulis kreatif siswa.
- Melatih kemampuan berpikir kritis.
- Melatih penalaran siswa. Ada kemungkinan bahwa siswa akan melakukan pencarian pertanyaan di internet dalam mengerjakan ulangan harian dengan metode ini. Namun sekalipun hal ini terjadi, siswa tetap harus menggunakan penalaran untuk menyesuaikan tema materi soal dengan instruksi yang diminta.
#MerdekaBelajar
#MerdekaUjian
#UjianKreatif #BerpikirKreatif
#LombaArtikelMerdekaBelajar
Ikuti tulisan menarik Puri Fitriani lainnya di sini.