x

Indah Yulaikah

Penulis Indonesiana

Selasa, 30 November 2021 22:22 WIB Judul Artikel

Merdeka Belajar dengan Pembelajaran Berdiferensiasi

Indah Yulaikah

Penulis Indonesiana

Minggu, 28 November 2021 14:10 WIB Judul Artikel

Merdeka Belajar Berbasis Project Based Learning dengan sistem Among Keluarga untuk Meningkatkan Kemampuan Kreatifitas , dan Pemahaman Konsep IPA Siswa

Paradigma merdeka belajar sejatinya merupakan implementasi dari filosofi Ki Hajar Dewantara yang memberi kebebasan bertanggung jawab pada guru dan siswa untuk menentukan pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang menerapkan merdeka belajar pada masa pandemi adalah project based learning dengan sistem among keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran project based learning dengan sistem among keluarga terhadap peningkatan kreativitas siswa,dan pemhaman konsep IPA pada pembelajaran IPA sekolah Dasar. Penelitian eksperimen semu ini menggunakan rancangan “Pretest-posttest Design”. Berdasarkan uji lanjut menunjukkan bahwa project based learning dengan sistem among keluarga dapat kreativitas siswa meningkat 50%, dan pemahaman konsep IPA siswa juga meningkat 40% dari pada pembelajaran yang diberikan tanpa melalui proyek dengan sistem among keluarga. Pembelajaran berbasis proyek dengan sistem among memotivasi siswa untuk belajar mandiri menemukan informasi sendiri dari berbagai sumber, seperti anggota keluarga sebagai narasumber ahli, lingkungan sekitar, media dan internet. Siswa termotivasi bekerjasama dengan tim untuk menghasilkan ide-ide kreatif yang kemudian diwujudkan dalam suatu produk. Pembelajaran proyek ini juga melatih siswa berpikir kritis terhadap permasalahan kontekstual yang berkaitan dengan materi IPA tentang rangkaian listrik , sehingga dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa.