Lupa kata sandi Tempo ID anda?
Belum memiliki akun? Daftar di sini
Sudah mendaftar? Masuk di sini
Apa perlu sebuah sekolah melakukan strategi marketing? Menjual sekolah sehingga menjadi diminati masyarakat saat ini menjadi keharusan, atau sekolah Anda akan kehilangan peminat. Sudahkah Anda mempublikasikan sekolah Anda? Atau masih tidak peduli dan mau melihat sekolah Anda memasuki ambang kehancuran dan kita akan kehilangan pekerjaan? Bagaimana jurus-jurus memasarkan sekolah di era digital seperti sekarang ini? Pada tulisan ini penulis akan menyajikan 12 jurus memasarkan sekolah di era merdeka belajar. 1. Direct Mail 2. Telemarketing 3. Advertising 4. Publisitas 5. Direct Sales 6. Referral 7. Endorsment 8. Direct Agent 9. Host Beneficiary 10. Join promotion 11. Launching Sekolah/Open House 12. Seminar/Training Kolosal/Training Gratis
Menerima di saat orang lain menolak menjadi sesuatu yang istimewa.Dipromosikan sebagai kepala sekolah biasanya menjadi tawaran yang membahagiakan ,tetapi lain ceritanya bila kita akan ditempatkan di daerah 3T/terpencil kemudian saya terima saat tiga orang sudah menolak untuk ditugaskan di daerah ini,yakni di SMA Negeri 1 Paminggir HSU Kalimantan Selatan. Saya berjuang keras mengabdi di daerah terpencil selama tujuh tahun tanpa putus,dengan segala keterbatasan sumberdaya di SMA Negeri 1 Paminggir. Saya mengeksplorasi seluruh hati,pikiran dan raga untuk memajukan sekolah ini. Ikhtiar tidak pernah mengkhianati hasil,Tuhan Yang Maha Kuasa memberi lebih dari yang saya minta,Prestasi demi prestasi saya ukir di sini baik prestasi sekolah maupun prestasi sebagai kepala sekolah ditingkat daerah,regional maupun nasional. Pada tahun tahun 2017 sekolah saya menerima Penghargaan Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional. Di tahun yang sama saya terpilih sebagai Terbaik II Nasional Kepala Sekolah Berdedikasi di Daerah Khusus. Puncaknya pada Tahun 2019 Saya menerima Anugerah Tanda Kehormatan Satya Lancana Pendidikan Presiden RI atas prestasi dan dedikasi dalam tugas profesional sebagai kepala sekolah.