Mengenal FN Minimi dan SS Pindad, Senjata Ringan Andalan Pasukan Infanteri TNI - Analisis - www.indonesiana.id
x

Anas Muzaki

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 14 Juli 2020

Jumat, 25 Desember 2020 12:57 WIB

  • Analisis
  • Topik Utama
  • Mengenal FN Minimi dan SS Pindad, Senjata Ringan Andalan Pasukan Infanteri TNI

    Pasukan infanteri adalah pasukan pejalan kaki yang dikhususkan untuk pertempuran darat dengan jarak pertempuran dekat. Mereka melakukan peperangan di berbagai medan seperti hutan, pegunungan, daerah rawa, sungai, dan juga daerah perkotaan. Artikel ini mengupas senjata ringan andalan pasukan infanteri TNI, yaitu senapan serbu SS Pindad dan senjata mesin ringan FN Minimi.

    Dibaca : 2.699 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Pasukan infanteri adalah pasukan pejalan kaki yang dikhususkan untuk pertempuran darat dengan jarak pertempuran yang relatif dekat. Pasukan infanteri dilatih untuk melakukan peperangan di berbagai medan seperti hutan, pegunungan, daerah rawa, sungai, dan juga daerah perkotaan.

     

    Dikarenakan mayoritas pertempuran terjadi di darat serta dikarenakan biaya operasional infanteri  relatif lebih murah dibanding yang lain, pasukan infanteri menjadi pasukan yang mendominasi komposisi militer dunia tak terkecuali Indonesia.

     

    Indonesia memiliki pasukan infanteri utama dari angkatan darat dan angkatan laut korps marinir, selain itu biasanya merupakan pasukan khusus yang bisa bertempur di darat, laut dan juga udara.

     

    Seperti yang saya katakan tadi bahwa pasukan infanteri adalah pasukan pejalan kaki sehingga pasukan ini seringkali menghabiskan sebagian besar waktunya dengan berjalan kaki, meski begitu pasukan infanteri tak jarang juga menggunakan kendaraan militer.

     

    Karena menghabiskan sebagian besar waktunya dengan berjalan kaki, pasukan infanteri dipersenjatai dengan persenjataan ringan seperti rifle dan light machine gun sebagai senjata utama lalu pistol sebagai senjata cadangan.

     

    Lalu apa saja persenjataan ringan utama pasukan infanteri TNI kita?

     

    Pasukan infanteri TNI umumnya menggunakan assault rifle SS Pindad sebagai senjata rifleman dan light machine gun FN Minimi sebagai senjata support gunner. Nah kedua senjata itulah yang akan saya jelaskan pada artikel kali ini, apakah Anda tertarik untuk tahu lebih dekat mengenai kedua senjata tersebut? Jika iya silahkan simak penjelasan kedua senjata tersebut di bawah ini.

     

    Note : Bagi yang belum tahu apa itu rifleman dan support gunner, singkatnya rifleman adalah orang yang menggunakan assault rifle dan punya tugas utama mengincar kepala musuh sedangkan support gunner adalah orang yang menggunakan light machine gun dan punya tugas utama membantu agar musuh tetap berlindung sehingga rifleman bisa berpindah ke posisi yang lebih baik untuk mengincar musuh.

     

    SS Pindad

    SS Pindad adalah senjata assault rifle buatan PT Pindad Indonesia yang digunakan oleh mayoritas pasukan infanteri TNI. SS Pindad sendiri merupakan senjata yang dibuat berdasarkan senjata FN FNC sehingga singkatnya FN FNC merupakan basis SS Pindad.

     

    SS Pindad sendiri telah diproduksi dari tahun 1991 dan memiliki banyak varian, namun hingga kini yang diproduksi massal dan digunakan oleh mayoritas pasukan adalah varian SS1 dan SS2.

     

    Kedua senjata tersebut menembakkan peluru dengan kaliber 5,56 × 45 mm standar NATO dan memiliki kecepatan peluru kurang lebih 710 m/s, kecepatan tembakan rata-rata sebanyak 700 butir peluru per menitnya dan memiliki jarak tembak efektif sejauh kurang lebih 450 m.

     

    Kedua senjata tersebut merupakan senjata yang terbilang cukup tangguh dan berkualitas mengingat keduanya diproduksi berdasarkan lisensi model FN FNC yang mana FN merupakan perusahaan produsen senjata asal Belgia yang sudah terkenal dengan kualitas senjata-senjata buatannya dan FN FNC merupakan salah satu senjata assault rifle buatan FN yang begitu terkenal disamping FN FAL dan FN SCAR.

     

    FN Minimi

    FN Minimi adalah senjata light machine gun alias senjata mesin ringan yang diproduksi oleh perusahaan Fabrique Nationale (FN) yaitu perusahaan yang sama yang memproduksi FN FNC. Light machine gun sendiri adalah senjata yang dirancang memiliki kemampuan tembakan beruntun layaknya senjata mesin berat namun memiliki bobot yang ringan sehingga bisa dibawa oleh satu orang prajurit dan bisa ditembakan dari bahu layaknya sebuah senapan serbu.

     

    Penggunaan light machine gun sendiri ditujukan untuk membantu rentetan tembakan regu agar tidak putus dan terus menekan musuh sehingga musuh tidak punya kesempatan menembak dan terus berlindung, dengan musuh yang tidak punya kesempatan menembak membuat rifleman dalam regu bisa bergerak mencari posisi menembak dengan leluasa tanpa takut terkena tembakan balasan musuh.

     

    Fungsi light machine gun itu dilakukan dengan baik oleh FN Minimi yang memiliki kecepatan tembakan 750-1000 butir peluru per menitnya dan memiliki magazin berkapasitas hingga 200 peluru. Selain spesifikasi diatas, FN Minimi menggunakan peluru standar NATO yaitu 5,56 × 45 mm yang mampu melesat hingga kecepatan 968 m/s dan memiliki jarak tembakan efektif hingga 1500 m/s.

     

    Varian FN Minimi sendiri ada banyak yaitu salah satunya FN Minimi MK-1, MK-2 dan MK Para. MK-1 sendiri merupakan varian FN Minimi yang umumnya digunakan oleh prajurit infanteri TNI dalam setiap regunya.

     

    FN Minimi sendiri memiliki banyak kelebihan seperti bobotnya yang tergolong paling ringan untuk ukuran LMG (light machine gun), memiliki kecepatan tembakan yang tinggi, dan memiliki bentuk yang ringkas serta simpel yang membuatnya disukai oleh pemakainya dan seringkali mendapatkan review positif dari para penggunanya dan reviewer senjata api. Untuk melihat review lengkap senjata ini, Anda bisa melihatnya di berbagai channel YouTube dan blog militer yang ada di internet, khususnya blog dan channel luar negeri dimana mereka bisa menjajal langsung senjatanya meskipun hanya seorang penduduk biasa.

     

    Penutup

    Demikian penjelasan singkat mengenai senjata senapan serbu dan senjata mesin ringan yang biasa digunakan oleh prajurit infanteri TNI, semoga bermanfaat dan bisa menambah sedikit pengetahuan kita bersama.

     

    Apabila ada kesalahan mohon untuk dimaafkan, sekian dan terimakasih telah menyempatkan waktunya untuk membaca artikel ini.

    Ikuti tulisan menarik Anas Muzaki lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.