Mengenal Anime Jepang - Hiburan - www.indonesiana.id
x

Dwi Wulandari

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 12 November 2021

Rabu, 17 November 2021 12:27 WIB

  • Hiburan
  • Topik Utama
  • Mengenal Anime Jepang


    Dibaca : 280 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    “Oh, kartun dari Jepang itu ya?”, kira-kira kalimat itulah yang sering terbesit di pikiran semua orang ketika mendengar kata anime. Anime Jepang saat ini begitu populer di seluruh dunia bahkan di Indonesia sekalipun. Sebagai info, dilansir dari jurnal Efektifitas Diplomasi Budaya Dalam Penyebaran Anime Dan Manga Sebagai Nation Branding Jepang, anime mulai masuk dan tayang di Indonesia sekitar tahun 1980-an. Anime Jepang pertama kali yang dinikmati masyarakat Indonesia berjudul Omukashi Kumu Kumu yang disiarkan di TVRI.

    Sailor Moon, Doraemon, Crayon Shinchan, Power Ranger Series, Kamen Rider Series, Digimon, Inuyasha, Dragon Ball Series, Fairy Tail, Detective Conan, Naruto dan One Piece, kira-kira itulah anime Jepang yang pernah ditonton atau terdengar di telinga masyarakat. Untuk saat ini sudah banyak, mungkin juga sudah mencapai ribuan anime yang sudah dikeluarkan. Dari semua anime yang kusebutkan diatas hanya tersisa One Piece, Dragon Ball dan Detective Conan yang masih terus mengeluarkan episode terbaru.

    Sampai saat ini One Piece memiliki 998 episode, Dragon Ball telah memiliki banyak series yaitu Dragon Ball, Dragon Ball Z, Dragon Ball GT dan Dragon Ball Super. Saat ini sedang tayang Dragon Ball Heroes yang berada di episode 38 dan yang terakhir adalah Detective Conan yang telah memiliki 1025 episode dan telah eksis dari tahun 1996 hingga sekarang. Sungguh episode yang banyak.

    Tidak hanya memiliki banyak episode tapi anime yang disebutan tadi juga telah banyak memproduksi movie, contohnya yaitu Detective Conan tercatat telah memiliki 24 movie dari awal penayangan hingga saat ini dan akan terus muncul movie-movie selanjutnya di setiap golden week atau setiap tahunnya.

    Di setiap musim di Jepang, pasti akan ada Anime baru yang akan dikeluarkan dan jadwal keluarnya episode baru biasanya setiap minggu. Sebagai contoh, jika suatu Anime keluar pada rabu malam maka untuk episode selanjutnya  dari Anime tersebut episode akan keluar di rabu malam juga begitu seterusnya.

    Seperti halnya film, anime juga memiliki banyak genre mulai dari genre eksyen, fiksi ilmiah, petualangan, super power, drama, roman, keliuarga, kriminal, persahabatan, mecha, cooking, fantasi, isekai, olah raga dan masih banyak lagi. Beragam genre yang dimiliki inilah yang membuat anime memiliki banyak peminat misalkan untuk anak remaja pria akan lebih cendrung memilih genre eksyen, petualangan, isekai, fantasi, fiksi ilmiah dan olah raga dan remaja putri mungkin akan memilih genre drama, roman, keluarga , persahabatn tergantung dari genre yang disukai.

    Dari berbagai genre diatas, aku hampir menyukai semua genre, mungkin ada beberapa orang yang hanya suka sebuah Anime karena memiliki karakter yang ganteng dan cantik karena biasanya salah satu daya tarik dari Anime adalah karakter-karakternya yang ganteng dan cantik, ada juga yang menyukai karena mempunyai alur cerita yang bagus dan biasanya sebuah Anime itu terdiri dari 3 hingga 6 genre yang dipadukan dalam membentuk sebuah plot cerita.

    Biasanya di setiap anime akan didukung oleh latar suara dan terdapat lagu pembukaan dan penutupan yang menyertainya. 10 tahun kebelakang musik JPop mulai diminati, ini tidak luput dari campur tangan dari Anime yang memperkenalkan musik JPop kepada semua orang karena biasanya pada sebuah anime terdapat lagu opening dan ending yang menampilkan lagu genre JPop untuk mengisi pembukaan dan penutupnya.

    Bisa dibilang anime tidak hanya sebagai sebuah hiburan semata, terkadang juga terdapat  pesan moral yang sering diselipkan sebagai edukasi bagi penonton. Jadi kita tidak hanya mendapatkan hiburan tetapi juga pelajaran yang dapat kita terapkan di kehidupan nyata. Jadi disini aku menegaskan bahwa anime tidak hanya sebagai hiburan semata tapi sebuah Anime juga memberikan pesan moral bagi para penontonnya.

     



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.