Cara Bermain dan Manfaat Roleplay Telegram, Fenomena yang Makin Mainstream di Internet - Urban - www.indonesiana.id
x

Fenomena bermain peran di media chatting Telegram

Anas Muzaki

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 14 Juli 2020

Rabu, 2 Februari 2022 07:52 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • Cara Bermain dan Manfaat Roleplay Telegram, Fenomena yang Makin Mainstream di Internet

    Roleplay merupakan fenomena yang belakangan ini menerpa internet. Jika anda sering menjelajah internet mungkin anda akan melihat atau mendengar mengenai roleplay. Nah, jika anda kebetulan melihat atau mendengarnya dan kemudian bertanya-tanya mengenai apa yang sebenarnya disebut dengan roleplay; ini, maka silahkan klik dan simak artikel ini

    Dibaca : 1.386 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Belakangan ini sebuah fenomena internet yang biasanya hanya muncul pada sebuah komunitas kecil dan tidak populer kini menjadi sesuatu yang kian hari kian mainstream dan fenomena tersebut adalah Roleplay atau bermain peran. Bermain peran mungkin sebuah hal yang mungkin akan anda bayangkan hanya terjadi di sebuah drama, teater, atau bentuk seni peran lainnya. Namun, siapa sangka roleplay merupakan hal yang kini ramai dilakukan di internet melalui berbagai bentuk media yang salah satunya adalah media chatting Telegram. 

     

    Permainan roleplay sendiri biasanya dilakukan dengan memainkan peran seorang selebriti, artis, pemusik, publik figur, atau karakter dari sebuah seri (film, tv series, anime, kartun). Namun, tidak jarang juga orang yang memainkan peran sebagai karakter fiksi buatannya sendiri. Kemudian, untuk bermain roleplay sendiri tidak memiliki peraturan khusus mengenai bagaimana anda memerankan karakter tersebut, anda boleh memainkan karakter yang anda pilih serealistis mungkin atau memainkannya sesuka hati anda.

     

    Dari penjabaran roleplay yang ada di atas mungkin anda bertanya-tanya "Kok kegiatan buang-buang waktu gitu banyak yang suka dan makin hari makin populer?"

     

    Eits, tunggu dulu. Penjabaran di atas hanyalah penjabaran singkat mengenai apa itu roleplay dan belum masuk ke bagian manfaat-manfaat bermain roleplay yang menjadi faktor utama populernya permainan roleplay. Tapi, sebelum masuk ke bagian manfaat-manfaat, pertama-tama akan saya jelaskan terlebih dahulu bagaimana cara bermain roleplay di Telegram agar anda bisa mencobanya sendiri dan mencoba mencari tahu sendiri apa manfaat dari bermain roleplay.

     

    Cara Bermain Roleplay di Telegram

    Langkah-langkah :

    1. Siapkan nomor HP yang masih aktif dan bukan merupakan nomor HP utama anda (untuk alasan privasi)
    2. Download aplikasi Telegram di smartphone anda.
    3. Buka aplikasi Telegram dan buat akun menggunakan nomor HP yang sudah anda siapkan tadi.
    4. Beri nama akun anda dengan nama dari karakter yang ingin anda mainkan (anda masih bisa mengeditnya apabila ingin mengganti peran yang anda mainkan).
    5. Ubah foto profil akun anda dengan foto dari karakter yang anda mainkan. Jika karakter tersebut adalah nyata atau fiksi yang terkenal maka anda dapat dengan mudah mencarinya di internet, tapi jika anda memainkan karakter yang tidak terkenal mungkin anda perlu sedikit berkreasi karena besar kemungkinan foto dari karakter yang anda mainkan tidak bakal bisa dicari di internet.
    6. Cari channel atau grup roleplay dengan cara mengetikkan "roleplay" dalam kotak pencarian Telegram.
    7. Gabung salah satu grup dan saluran, kemudian promosikan akun roleplay anda dengan tetap mengikuti panduan dan aturan yang ada. Promosi akun sendiri berisi tujuan roleplay anda dan apa karakter yang anda mainkan. Contoh: halo, cari temen rp on character atau nggak juga nggak papa. semua gender boleh. @nama_akun_anda #tag_yang_relevan
    8. Terakhir tinggal tunggu ada orang yang chat anda untuk bareng-bareng bermain roleplay.

     

    Nah itu dia cara bermain roleplay Telegram yang bisa anda ikuti untuk mulai mencoba roleplaying di Telegram. Oh iya, sesuai yang saya katakan sebelumnya, setelah tutorial main roleplay akan ada bagian yang membahas manfaat-manfaat dari bermain roleplay, untuk itu di bawah ini akan saya jelaskan apa saja manfaat-manfaat yang bisa kita dapatkan dari bermain peran di internet.

     

    Manfaat Bermain Roleplay

    Manfaat-manfaat bermain roleplay di internet :

    • Melepaskan stress. Dengan bermain roleplay kita bisa sejenak terlepas dari penatnya dunia nyata dan bermain-main di dunia khayalan sebagai karakter yang kita inginkan.
    • Belajar berkomunikasi. Roleplay di internet sebagian besar terjadi lewat pertukaran pesan di media chatting, dan hal tersebut bisa anda manfaatkan untuk mangasah skill berkomunikasi anda. Namun, perlu disadari bahwa jika anda bermain sebuah karakter dengan setting dunia yang sangat jauh dari realitas maka percakapan yang terjadi tidaklah 100% relate dengan dunia nyata dan perlu anda saring terlebih dahulu untuk mendapatkan manfaat yang bisa dibawa ke dunia nyata.
    • Menambah teman. Di dunia roleplay anda akan bertemu dengan banyak orang asing dan mungkin beberapa yang sangat cocok dengan anda bisa sewaktu-waktu menjadi teman anda di dunia nyata yang benar-benar mengetahui anda.
    • Menghidupkan mimpi dan imajinasi. Dalam dunia roleplay anda bisa melakukan segala macam hal yang bahkan sangatlah tidak mungkin asal anda pintar menyiapkannya (setup percakapan), oleh karena itu roleplay merupakan permainan yang cocok untuk menghidupkan mimpi dan imajinasi anda sambil tetap mendapatkan respon yang unik dari lawan main. Mimpi dan imajinasi bisa bermacam-macam, bisa saja anda berimajinasi menjalankan profesi tertentu, menjalankan hubungan tertentu, dan sebagainya. Salah satu contohnya adalah ramainya Kpoper akut yang menghidupkan imajinasinya berupa men-shipping (menjodohkan) idolanya masing-masing lewat permainan roleplay, saking ramainya hingga memulai tren kecil baru berupa menjalin hubungan virtual lewat permainan roleplay. Dan ya, seaneh yang anda dengar, bahkan ada yang sampai membuat artikel yang membahas bagaimana cara menjalin hubungan pernikahan di permainan roleplay (weird fun fact ini saya temukan ketika menjelajah rabbit hole fenomena roleplay dan in case ada yang menanyakan referensi link mengenai artikel yang saya sebut tadi, ini dia link referensinya: https://laskarpena.id/cara-menikah-di-rp-telegram/. Memang aneh, tapi inilah dunia. Dimana ada demand maka disitu ada supply, dan disini Laskarpena memenuhi demand aneh yang berasal dari para Kpoper akut dan warganet melalui artikelnya).

     

    Itu dia penjelasan singkat mengenai fenomena roleplay yang belakangan ini ramai di internet, khususnya di Telegram. Terimakasih sudah membaca artikel ini sampai selesai dan sampai jumpa.

    Ikuti tulisan menarik Anas Muzaki lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.










    Oleh: web seo

    Minggu, 26 Juni 2022 12:08 WIB

    Cara Membersihkan Thorttle Body pada Motor

    Dibaca : 497 kali