Mengukit Jejak Aman Melalui Kesadaran dan Etika Penggunaan Teknologi untuk Generasi Digital

Jumat, 14 Juni 2024 07:50 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Para Guru dan Dosen serta Siswa-siswi SMA Nurul Fikri, telah melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang diselenggarakan Dosen Universitas Pamulang Program Studi Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer.

Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Kamis 25 April 2024 – Para Guru dan Dosen serta Siswa-siswi SMA Nurul Fikri, telah melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang diselenggarakan oleh Dosen Universitas Pamulang Program Studi Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer, yang berjudul Mengukir Jejak Aman Melalui Kesadaran Dan Etika Dalam Penggunaan Teknologi Untuk Generasi Digital.


Kegiatan yang berlangsung pada hari Kamis, 25 April 2024 ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa-siswi SMA Nurul Fikri Kabupaten Sukabumi tentang kesadaran dan etika dengan mengkaji beberapa studi kasus melalui fenomena yang berkembang di media sosial. Dengan dosen Teknik Informatika Universitas Pamulang sebagai pemateri pada sesi presentasi yang mencakup tentang topik-topik seperti kesadaran teknologi dengan pilar utama keamanan digital, etika teknologi dengan membentuk penggunaan yang bertanggung jawab, Pendidikan dan pelatihan dengan fondasi kesadaran melalui etika. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pemaparan Materi

Para siswa-siswi diberikan kesempatan untuk berpartisipasi dalam sesi diskusi seperti tanya jawab yang dirancang untuk menguji pemahaman mereka tentang bagaimana cara menerapkan kesadaran serta etika dalam bermedia sosial. Kegiatan ini berfokus pada interaksi 2 arah dengan para siswa-siswi, sehingga peserta dapat memahami topik ini dengan lebih baik.

Kegiatan PkM ini di laksanakan oleh Tri Prasetyo, S.T., S.Kom,. M.Kom., selaku dosen jurusan Teknik Informatika Universitas Pamulang selaku ketua, serta Pandu Wiliantoro, S.Kom., M.Kom, selaku narasumber dalam pelaksanaan kegiatan. Adapun dalam kegiatan ini juga di ikuti oleh para mahasiswa prodi Teknik Informatika yaitu Donny Jaya Giri Pratama, Nova Elisa, Nur Nafia.

Tri Prasetyo, S.T., S.Kom., M.Kom, Sebagai Ketua Pelaksana kegiatan PKM, menyatakan, “Kami ingin memberikan pemahaman yang mendalam kepada siswa-siswi SMA Nurul Fikri Kabupaten Sukabumi tentang bagaimana mengukir jejak aman melalui kesadaran dan etika dimana dunia yang semakin terhubung secara digital, pemahaman tentang  hal tersebut sangat penting”.

Kepala Sekolah SMA Nurul Fikri Kabupaten Sukabumi, Kamal Ambari S.Pd., M.M., mengapresiasi upaya pengabdian ini dan menyatakan harapannya bahwa kegiatan ini akan membantu siswa-siswi untuk menjelajahi dunia teknologi informasi  yang semakin berkembang saat ini.

Tim dosen pengabdian kepada masyarakat menilai kegiatan ini sukses karena berhasil menyampaikan pesan penting tentang kesadaran dan etika dalam dunia teknologi informasi kepada kelompok sasaran mereka. Mereka berharap bahwa pemahaman yang diberikan dalam kegiatan PkM ini akan memberikan gambaran dunia teknologi informasi yang saat ini sedang berkembang.

Bagikan Artikel Ini

Baca Juga











Artikel Terpopuler