Lupa kata sandi Tempo ID anda?
Belum memiliki akun? Daftar di sini
Sudah mendaftar? Masuk di sini
Adanya pandemi Covid-19 membuat guru berpikir keras agar dapat memberikan pembelajaran yang efektif dan menerapkan Merdeka Belajar pada siswa. Ada banyak hal yang guru telah lakukan untuk membuat siswa belajar dengan baik meski dengan keterbatasan waktu saat pelaksanaan pembelajaran. Berikut adalah cerita saya dalam melaksanakan Merdeka Belajar dengan membuat kegiatan pembelajaran yang kekinian.
Program “Merdeka Belajar” telah diluncurkan oleh Mendikbud Nadiem Makarim. Sebagai seorang guru yang berada pada ujung tombak pelaksanaan pendidikan, sudah sepatutnya untuk menerapkan program ini demi kemajuan pendidikan di Indonesia. Namun, masih banyak guru yang kebingungan bagaimana harus memulai untuk menerapkan Merdeka Belajar. Inilah kisah saya, guru Bahasa Inggris disalah satu SMA di Bandar Lampung, dalam mewujudkan siswa merdeka belajar.
Selama pandemi covid-19 pelaksanaan pendidikan di sekolah banyak mengalami perubahan. Dengan perubahan yang ada, sebagai ujung tombak pelaksanaan pendidikan, guru perlu merancang pembelajaran yang efektif agar tidak terjadi hilangnya kesempatan belajar secara maksimal bagi peserta didik. Gamifikasi menjadi salah satu inovasi yang dapat membantu guru untuk menjadikan pembelajaran lebih efektif dan menerapkan merdeka belajar pada masa pandemi covid-19.