x

Siswa mengerjakan proyek kolaborasi komik strip menggunakan Canva

Iklan

Melati Dwi Anda Syaputri

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 23 November 2021

Selasa, 30 November 2021 13:12 WIB

Siswa Merdeka Belajar dengan Komik Strip Kekinian

Adanya pandemi Covid-19 membuat guru berpikir keras agar dapat memberikan pembelajaran yang efektif dan menerapkan Merdeka Belajar pada siswa. Ada banyak hal yang guru telah lakukan untuk membuat siswa belajar dengan baik meski dengan keterbatasan waktu saat pelaksanaan pembelajaran. Berikut adalah cerita saya dalam melaksanakan Merdeka Belajar dengan membuat kegiatan pembelajaran yang kekinian.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pelaksanaan pembelajaran padamasa pandemi Covid-19 sangat berbeda dengan saat sebelum adanya pandemi. Selama pandemi pembelajaran harus dilaksanakan dari jarak jauh. Meski kini pemerintah sudah memperbolehkan untuk pembelajaran tatap muka terbatas di sekolah, namun waktu belajar saat tatap muka hanya 30 menit untuk setiap mata pelajarannya di SMA Darma Bangsa. Siswa pun hanya masuk tatap muka selama tiga hari dalam satu minggunya. Sehingga, pelaksanaan pembelajaran masih dilakukan dengan dua cara yaitu pembelajaran tatap muka terbatas dan pembelajaran jarak jauh.

Saat ini siswa sudah mulai bosan dengan pembelajaran jarak jauh. Untuk membangkitkan kembali motivasi siswa, saya terus mencari cara untuk membuat kegiatan belajar lebih menyenangkan dan dapat mengimplementasikan Merdeka Belajar pada siswa. Lalu saya membuat proyek kolaborasi untuk membuat komik strip pada materi meminta dan memberi bantuan menggunakan aplikasi Canva. Pada materi ini, siswa diharapkan mampu meminta dan memberi bantuan kepada orang lain menggunakan ekspresi Bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari.  

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Transformasi belajar Bahasa Inggris yang kekinian

Melalui Canva saya meminta siswa untuk menulis dialog bersama temannya dalam bentuk komik strip. Mungkin sebelumnya ibu bapak guru pembaca pernah menugaskan siswa menulis dialog, namun dialognya dituliskan di buku latihan siswa atau kertas. Saya pun dahulu pernah melakukannya. Namun kini saya tidak lagi menggunakan cara lama. Saya membuat kegiatan menulis dialog Bahasa Inggris ini dengan cara yang kekinian yaitu menggunakan aplikasi desain yaitu Canva.

Awalnya saya memberikan pelatihan kepada siswa cara menggunakan Canva untuk membuat komik strip. Saya memberikan pelatiahan saat pembelajaran tatap muka terbatas. Siswa terlihat antusias dalam pelatihan ini. Satu demi satu siswa mencoba membut komik strip mereka. Kegiatan ini merupakan pengalaman yang baru bagi mereka terutama pada pelajaran Bahasa Inggris. Lalu, mereka mulai berencana untuk membuat desain yang menarik pada komik strip mereka yang akan dilaksanakan pada pertemuan berikutnya.

Selanjutnya, saya menyiapkan halaman sampul komik strip pada Canva. Lalu saya membagikan tautan halaman sampul ini kepada siswa. Saya juga mengizinkan siswa untuk mengedit halaman tersebut dengan cara menambahkan halaman baru. Pada halaman baru tersebut siswa membuat komik strip karya mereka dan membuat dialog sederhana tentang meminta dan memberi bantuan kepada orang lain menggunakan Bahasa Inggris. Pada kegiatan ini siswa diminta untuk masuk breakout room agar dapat berdiskusi dan berkolaborasi dengan temannya saat mengerjakan proyek ini. Saya bisa langsung mengawasi siswa dan melihat progres mereka saat membuat komik strip melalui Canva. Mereka sangat kreatif mendesain komik stripnya. Mereka bebas memilih template atau dekorasi yang bagus pada halaman komik strip siswa. Selain mampu membuat dialog dalam Bahasa Inggris, kegiatan ini melatih kreativitas siswa dalam membuat komik strip yang kekinian.

Saya melihat siswa begitu antusias pada kegiatan ini. Mereka dapat bekerja sama dengan temannya dan menggabungkan ide kreatif mereka dalam satu halaman komik strip. Kegiatan kekinian ini sangat memotivasi siswa dalam belajar meski dilakukan dari jarak jauh. Dengan menggunakan aplikasi desain kekinian, siswa dapat belajar dengan mendalam dan mendapat pengalaman baru dalam belajar Bahasa Inggris. Setelah siswa selesai mendesain komik strip mereka, saya membuat tampilan komik ini seperti buku dengan Flipbook. Siswa terlihat senang dan puas dengan hasil kerja mereka.

karya siswa membuat komik strip menggunakan Canva dalam pelajaran Bahasa Inggris

Pengalaman belajar ini adalah salah satu contoh menerapkan Merdeka Belajar pada siswa. Hal ini dikarenakan siswa dapat bebas berkreasi dalam mendesain komik strip mereka dan membuat dialog dalam Bahasa Inggris yang merefleksikan kehidupan sehari-hari dengan cara yang menyenangkan.

Melalui tulisan ini saya ingin mengajak guru untuk dapat bereksplorasi dan berinovasi dalam membuat kegiatan pembelajaran yang menarik dan menerapkan model pembelajaran yang kekinian menggunakan teknologi terkini. Untuk melaksanakan Merdeka Belajar sebaiknya dimulai dengan guru yang merdeka. Banyak cara yang dapat guru lakukan seperti mengikuti webinar, menonton video YouTube yang menginspirasi, membaca pengalaman praktik baik orang lain, dan berbagi ide atau pengalaman dengan teman sejawat. Ayo guru Indonesia, merdekakan dirimu dan merdekakan siswamu.

Ikuti tulisan menarik Melati Dwi Anda Syaputri lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler