Lupa kata sandi Tempo ID anda?
Belum memiliki akun? Daftar di sini
Sudah mendaftar? Masuk di sini
Secara sadar maupun tidak pandemi covid-19 merupakan salah satu peristiwa atau varian baru yang berulang dari waktu ke waktu dengan pola sebaran yang berbeda pada setiap zamannya. Walaupun substansinya sama sebagai teguran yang bersifat tersurat maupun tersirat untuk refleksi, koreksi dan intropeksi terpadu atas keseragaman dan keragaman berinteraksi antara individu dengan individu, antara individu dengan kelompok sebagai wujud merdeka belajar.
“Mozaik Penangan Efek covid 19 terhadap Pembelajaran” merupakan argumentasi yang lebih bersifat solutif dalam pemecahan kendala, hambatan dan problematika dalam implementasi kebijakan pemerintah kepada pelaku tenaga pendidik dan kependidikan terhadap pelaksanaan pembelajaran daring di saat pandemi covid 19. Namun sudah sangat banyak upayah, langkah-langkah konkrit, strategi yang dilakukan oleh pihat terkait guna mendapatkan alternatif yang tepat dan efektif serta membuahkan hasil yang memadai dan diterima oleh siswa dalam menerima pembelajaran daring yang disampaikan oleh guru. Walaupun demikian dalam pelaksanaannya tetap saja timbul problematika dengan segala variannya yang antara lain dari segi sinyal, keterbatasan sarana smarphone yang dimiliki siswa, keterbatasan orang tua dalam mengontrol anaknya, serta guru dalam keterbatasan pengetahuan dan keterampilan dalam menggunakan IT maupun aplikasi sebagai media untuk menyampaikan materi pembelajarannya.