Ini Dia Penyebab Kartu Telkomsel Tiba-Tiba Tidak Bisa untuk Internetan - Urban - www.indonesiana.id
x

Anas Muzaki

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 14 Juli 2020

Rabu, 23 September 2020 11:22 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • Ini Dia Penyebab Kartu Telkomsel Tiba-Tiba Tidak Bisa untuk Internetan

    Kartu Telkomsel tiba-tiba tidak bisa untuk internetan? Atasi masalah tersebut dengan mengenali penyebabnya terlebih dahulu lewat artikel ini.

    Dibaca : 918 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Kartu Telkomsel terkenal dengan jangkauan sinyalnya yang sangat luas dan kecepatan internetnya yang begitu kencang serta koneksi internetnya yang begitu stabil, dan satu hal lagi yaitu harganya yang lumayan mahal jika dibandingkan dengan provider internet lain. Meski punya begitu banyak kelebihan, akan tetapi Telkomsel bukanlah provider internet mobile sakti yang tidak pernah mengalami kendala atau masalah.

     

    Masalah-masalah seperti internet yang tiba-tiba hilang dan kartu yang tidak bisa internetan merupakan salah satu masalah yang muncul di provider ini dan juga provider lain pada umumnya. Seperti yang saya katakan tadi, kartu Telkomsel kadangkala mengalami kendala berupa tiba-tiba tidak bisa untuk internetan yang menyebabkan berbagai aktivitas terganggu.

     

    Tentu Anda sudah tahu apabila kuota habis maka tidak bisa internetan, tetapi dalam beberapa kasus terjadi kendala berupa tidak bisa internetan ketika masih memiliki kuota. Lalu, apa penyebab hal ini terjadi? Hal ini biasanya terjadi karena hilangnya sinyal, gangguan jaringan dan lain-lainnya.

     

    Nah untuk penjelasan selengkapnya silahkan simak di bawah ini.

     

    Kesalahan Setting Jaringan Internet

    Penyebab yang pertama-tama ini seringkali terjadi, hal ini biasanya terjadi pada pengguna yang suka mengubah-ubah settingan internet di smartphone-nya sehingga terkadang membuat salah setting yang berujung tidak bisa internetan.

     

    Cara mengatasinya cukup mudah yaitu masuk ke pengaturan internet di smartphone Anda dan perbaiki settingan Jenis Jaringan yang dipilih.

     

    Kuota Utama Sudah Habis

    Meski sudah banyak yang tahu kalau apabila kuota hanis maka tidak bisa internetan. Namun, kuota di Telkomsel juga bermacam-macam jenisnya loh dan tidak semuanya bisa untuk internetan di semua aplikasi. Untuk itu Anda perlu perhatian apakah kuota yang masih tersisa benar-benar kuota utama atau bukan, karena kuota utama lah yang bisa digunakan di semua aplikasi, sedangkan kuota lainnya memiliki syarat penggunaan masing-masing.

     

    Jika ternyata kartu Telkomsel Anda yang tiba-tiba tidak bisa digunakan untuk internetan disebabkan oleh hal ini, maka cara mengatasinya adalah dengan membeli kuota utama Telkomsel, ingat ya kuota utama bukan kuota sosmed atau kuota aplikasi.

     

    Hilang Sinyal

    Penyebab yang ketiga mengapa kartu Telkomsel tidak bisa digunakan untuk Internetan adalah hilangnya sinyal. Hilangnya sinyal ini bisa disebabkan oleh bermacam-macam hal, seperti gangguan jaringan atau lokasi Anda yang berada di luar jangkauan jaringan. Hilangnya sinyal ini bisa Anda ketahui dari sinyal bar di smartphone Anda, apabila sinyal bar kosong atau bertanda silang maka tandanya sinyal hilang.

     

    Untuk memastikan penyebab mana yang menyebabkan sinyal Anda hilang, silahkan pertama-tama ubah settingan Jaringan yang Dipilih pada smartphone Anda menjadi semua jaringan dan bukan 4G only, 3G only, atau 2G only. Apabila setelah mengubah settingan tiba-tiba sinyal muncul entah itu sinyal 2G, 3G atau 4G, maka artinya Anda hanya berada di luar jangkauan sinyal saja sehingga sinyal melemah, sedangkan apabila sinyal sama sekali tidak muncul alias hilang semua maka artinya Telkomsel sedang mengalami gangguan jaringan.

     

    *Jika Anda berada ditengah laut atau di tengah hutan maka jangan tanya lagi kenapa sinyal hilang.

     

    Kartu Belum Teregistrasi

    Penyebab yang keempat ini biasanya terjadi pada kartu Telkomsel yang baru dibeli, biasanya orang-orang membeli kartu yang sudah isi kuota internet dan ketika ingin menggunakannya tidak terlebih dahulu meregistrasinya. Memang biasanya ada beberapa kartu Internet berisi kuota yang sudah teregistrasi, tetapi biasanya itu merupakan kartu bekas alias sudah pernah dipakai, sedangkan untuk kartu Internet baru biasanya belum teregistrasi.

     

    Untuk penyebab ini cara mengatasinya adalah dengan meregistrasi kartu-nya, mudah saja bukan?

     

    Demikian informasi teknologi terbaru mengenai beberapa penyebab kartu Telkomsel tiba-tiba tidak bisa digunakan untuk internetan yang bisa saya sampaikan. Semoga dengan artikel ini masalah Anda dapat teratasi.

     

    Sekiandan semoga artikel ini bisa bermanfaat

    Ikuti tulisan menarik Anas Muzaki lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.










    Oleh: web seo

    Minggu, 26 Juni 2022 12:08 WIB

    Cara Membersihkan Thorttle Body pada Motor

    Dibaca : 493 kali