Rute Wisata Batu Malang yang Aman - Travel - www.indonesiana.id
x

Air Terjun di Malang. Foto oleh Iqbal Nuril Anwar dari Pixabay.com

Zamhari Official

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 14 Oktober 2020

Minggu, 15 November 2020 05:20 WIB

  • Travel
  • Berita Utama
  • Rute Wisata Batu Malang yang Aman

    Kota Batu tidak pernah lepas dari julukannya sebagai kota wisata. Banyaknya rekomendasi lokasi wisata disana tidak pernah membuatnya sepi pengunjung. Justru setiap tahun wisatawan yang datang kesana semakin meningkat. Tidak heran jika rute wisata Batu Malang juga banyak dicari.

    Dibaca : 896 kali

    Kota Batu tidak pernah lepas dari julukannya sebagai kota wisata. Banyaknya rekomendasi lokasi wisata disana tidak pernah membuatnya sepi pengunjung. Justru setiap tahun wisatawan yang datang kesana semakin meningkat. Tidak heran jika rute wisata Batu Malang juga banyak dicari.

    Beberapa Rute Wisata Batu Malang

    Untuk sampai ke Kota Batu, pendatang diharuskan transit terlebih dahulu di Kota Malang. Ada beberapa rute yang direkomendasikan untuk sampai ke pusat wisata disana. Sebelumnya memang harus melewati Malang dahulu. Berikut beberapa rutenya:

    1. Rute Tercepat dari Bandara Abdurahman Saleh

    Pergi ke Batu dengan menggunakan transportasi udara bisa saja, tetapi transitnya tetap di Kota Malang karena di Kota Batu belum ada bandara. Jika memulai rute dari sana berarti akan menempuh sekitar 47 menit untuk sampai dengan kondisi jalanan tidak macet.

    Dari Abdurrahman Saleh rute terdekat lewat jalan Ir. Soekarno. Bisa menggunakan maps, tetapi jika bingung jangan takut untuk bertanya. Karena jalan di Malang terasa membingungkan dengan banyak opsi rute pilihan lainnya. Fokuskan pada satu rute saja.

    1. Rute Keluar dari Pintu Tol Singosari

    Rute khusus pendatang dengan membawa kendaraan pribadi via tol. Dari arah Jawa Tengah, Jawa Barat maupun Jakarta, keluar di gerbang tol yang sama yaitu Pintu Tol Singosari. Tol yang sudah beroperasi belum ada yang langsung keluar menuju Kota Batu.

    Banyak petunjuk di rambu jalan. Hanya perlu aktifkan saja maps atau peta dalam ponsel. Sebenarnya dari Bandara lebih jauh dibandingkan dengan rute yang dimulai dari pintu keluar tol Singosari. Jauh dekatnya tergantung kondisi lalu lintas karena Malang memiliki busy hour yang berdampak pada macet.

    Transport yang bisa Digunakan untuk Pergi ke Kota Batu

    Transport umum maupun pribadi memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri, tetapi sama-sama memiliki tujuan. Pergi ke luar kota memang ada beberapa hal yang harus direncanakan termasuk transportasinya. Nah, berikut ini beberapa diantaranya bisa menggunakan rute wisata Batu Malang.

    • Kereta Api. Transportasi andalan untuk berkunjung ke Kota Apel. Mudah mendapatkan tiketnya juga nyaman menjadi alasannya. Memiliki 3 kelas dengan harga berbeda, tergantung berangkat dari Kota mana.
    • Bus Malam. Malam karena memang hanya tersedia Bus malam untuk pergi ke Malang. Sudah banyak transportasi darat yang menyediakan rute ke arah Kota wisata itu. Lagi-lagi tetap harus transit disini tidak langsung turun Kota Batu.
    • Pesawat. Transportasi udara ini direkomendasikan untuk pendatang dari luar jawa. Karena sudah ada tol, jadi rute perjalanan ke Malang setidaknya lebih mudah untuk para pendatang dari pulau Jawa lainnya.
    • Mobil Pribadi. Sudah dibahas di poin sebelumnya, bahwa bisa lewat jalan bebas hambatan sehingga bisa memangkas waktu perjalanan lebih cepat.

    Rekomendasi Tempat Wisata Batu Malang

    Poin yang ditunggu pada bagian rute wisata Batu Malang. Tidak perlu khawatir tersesat, karena dari Malang ke Batu sudah banyak papan lalu lintas tanda jalan yang memberikan petunjuk menuju ke Kota Apel itu. Termasuk ke berbagai tujuan wisatanya.

    Bahkan, demi menikmati liburan Anda secara full, Anda juga bisa menggunakan layanan paket wisata Malang. Tinggal duduk dan menikmati destinasi yang akan Anda tuju. Dibawah ini rekomendasi tempat wisatanya.

    1. Museum Angkut

    Tempat wisata paling kekinian yang wajib didatangi saat menyambangi Kota Batu. Konsepnya yang unik, menjadi favorit para pengunjung dan wisatawan. Di setiap sudut bisa jadi spot foto yang tidak membosankan. Tidak hanya barang-barang antik saja. Di sini juga ada semacam taman kecil.

    Taman itu didesain menggunakan konsep klasik ala luar negeri. Beberapa bunga berwarna kuning dan nuansa bangunan putih di sekitarnya, menjadikan salah satu bagian dari museum angkut ini spot foto dengan konsep berbeda di dalam museum itu.

    1. Batu Secret Zoo atau Jatim Park 2

    Jika liburan membawa anak-anak, tempat ini sangat direkomendasikan. Karena banyaknya ilmu yang bisa didapat disini. Berbagai macam satwa bisa ditemui di Batu Secret Zoo. Menggunakan konsep kebun binatang yang berbeda dari lainnya.

    Pertama kali masuk, sudah disambut dengan satwa yang terlihat familiar sampai asing. Jika pernah menonton film Madagascar, beberapa hewan di film tersebut bisa ditemui di dunia nyata, yaitu di Batu Secret Zoo. Disana juga disediakan wahana seru dan mengasyikkan untuk pengalaman baru.

    1. Taman Bunga Indah Selecta

    Taman bunga tidak hanya ada di Belanda, di Selecta juga ada. Hawa sejuk khas Kota Batu menambah suasana indah disana. Berbagai warna bunga tumbuh dengan cantiknya. Dari warna kuning sampai merah menghiasi di setiap sudutnya. Di sini juga menyediakan fasilitas memetik buah apel, sangat seru.

    Tidak hanya ada taman bunga, Selecta menjadi tempat wisata wajib didatangi. Mengayuh sepeda air adalah salah satu fasilitas yang perlu dicoba. Ada juga Skybike, yaitu mengayuh sepeda di atas pemandangan cantik taman bunga. Aktivitas berkuda, juga ditawarkan untuk anak-anak.

    1. Batu Night Spectacular (BNS)

    Setelah lelah berkeliling seharian, saatnya menikmati keindahan taman lampion yang ada di BNS. Selain itu ada beberapa wahana juga. Go Kart, menjadi salah satu yang direkomendasikan saat berada disana. Rasakan sensasi menjadi pembalap F1 dalam semalam.

    Jika ingin yang lebih menantang, bisa mencoba memasuki rumah hantunya. Very spooky but really enjoy. Ada satu bagian di BNS yang menjadi spot terfavorite, yaitu Night Marketnya. Diletakkan di sepanjang jalan setapak keluar BNS, otomatis setiap pengunjung akan melewatinya tanpa kecuali.

    Selain sebagai Kota Wisata, Batu memiliki beberapa spot wisata kuliner yang berpusat di alun-alunnya. Rute wisata pastinya bisa membantu menunjukkan arah jalannya. Karena masuk dalam rute saat akan kembali ke Malang. Ada dua opsi, mampir atau tidak.

    Selain poin di atas, di alun-alun juga ada ketan legenda yang sangat terkenal dan legendaris. Sebaiknya menyempatkan mampir saat sudah sampai Batu. Rute wisata Batu Malang melewatkan alun-alun agar bisa menikmati kondisi Kota Batu di malam hari.

     

     



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.