Ikuti Beberapa Tips untuk Mempercepat Koneksi Internet - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

Panduan Menulis

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 11 November 2019

Sabtu, 10 April 2021 06:49 WIB

  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • Ikuti Beberapa Tips untuk Mempercepat Koneksi Internet

    Saat ini, internet telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari hidup kita. Mau itu dalam bentuk pulsa, kuota, WiFi, atau apa pun itu, internet telah berubah menjadi kebutuhan pokok.

    Dibaca : 635 kali

    Tips Mempercepat Koneksi Internet

    Saat ini, internet telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari hidup kita. Mau itu dalam bentuk pulsa, kuota, WiFi, atau apa pun itu, internet telah berubah menjadi kebutuhan pokok. Terang saja, hampir seluruh kegiatan yang kamu lakukan sehari-hari membutuhkan koneksi internet. Maka, tidak heran jika hampir semua rumah kini memiliki jaringan WiFi sendiri.

    WiFi sendiri banyak dicari oleh orang di mana saja. Perhatikan, apabila kamu ingin pergi untuk sekedar nongkrong atau bekerja di luar, atau bahkan pergi bersama pasangan, kamu pasti cenderung memilih tempat yang memiliki jaringan WiFi, kan? Namun, terkadang memang kamu tidak bisa memprediksi apakah jaringan WiFi tersebut lancar atau suka lemot.

    Apabila kamu sedang berada di tengah sesuatu yang penting seperti bekerja atau di tengah online meeting, kamu tentunya akan kesal sekali. Koneksi yang lambat ini sebenarnya dapat diperbaiki, loh. Simak beberapa cara mempercepat koneksi internet di bawah ini.


    Tips serta cara untuk mempercepat koneksi internet dan jaringan WiFi

     

    Memilih tempat dengan sinyal WiFi yang kuat


    Hal pertama yang paling sederhana dilakukan adalah memastikan bahwa komputermu mendapatkan sinyal yang optimal. Tentu saja, kamu harus mempertimbangkan lokasi WiFi-mu diletakkan karena itu akan berpengaruh pada kuatnya sinyal yang dipancarkan. Usahakan menghindari router diletakkan di tempat yang terhalang tembok atau besi. Kamu juga bisa menggunakan repeater untuk memancarkan kembali sinyal WiFi dari router aslimu. Dan, jangan menaruh benda-benda yang menggunakan Bluetooth dekat dengan router karena akan mengganggu kinerja sinyal WiFi.

    Mengatur Posisi Antena Router


    Terlihat sepele, namun mengatur posisi antena pada router bisa meningkatkan kecepatan jaringan internet WiFi-mu. Sebisa mungkin, pastikan antena router yang kamu miliki berada pada keadaan berdiri. Pada posisi ini, router bisa menjadi lebih efektif dalam memancarkan sinyal internet ke berbagai perangkat yang kamu gunakan.

    Menggunakan Software untuk Analisis WiFi


    Untuk memeriksa kecepatan WiFi, kamu juga bisa menggunakan software seperti WiFi Analyzer seperti free inSSIDer utility untuk melihat kanal mana dengan pengguna paling banyak. Semakin sedikit pengguna pada kanal WiFi, tentunya koneksi internetnya akan semakin cepat.

    Melakukan network reset & flushing DNS


    Untuk cara selanjutnya, kamu bisa melakukan Flush DNS untuk me-reset cache DNS client komputermu yang sedang digunakan. Ini dilakukan untuk menyesuaikan informasi dari perubahan yang terjadi di suatu domain, nama server atau DNS dengan data yang baru. Biasanya, setelah kamu melakukan ini, koneksi internetmu akan menjadi lebih stabil.

    Mengatur IRPStackSize lebih tinggi


    Kamu juga bisa meningkatkan koneksi WiFi dengan mengatur IRPStackSize lebih tinggi. Untuk meningkatkan nilai IRPStackSize, kamu perlu klik Start > Run > ketik regedit untuk membuka Registry Editor. Selanjutnya, klik menuju HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\LanmanServer\Parameters. Pada folder parameter tersebut, klik kanan pada file DWORD bernama “IRPStackSize, klik Modify, dan ganti nilainya menjadi 50. Klik OK, dan tutup Registry Editor.

    Beberapa tips di atas dapat kamu lakukan untuk meningkatkan kecepatan koneksi WiFi-mu. Jika kamu perhatikan, sekarang banyak sekali provider internet yang menawarkan layanan WiFi untuk pemakaian pribadi hingga pemakaian besar seperti kantor dan pabrik. Kecepatan internet yang ditawarkan dari masing-masing provider juga berbeda-beda. Namun seperti yang sudah disinggung di atas, kita tidak dapat memprediksi kapan koneksi internet kita menjadi lambat.

    Untuk itu, kamu juga harus cermat dalam memilih internet provider yang mendukung pemakaian internetmu. Sebagai internet provider yang menawarkan kecepatan internet 4G dengan kualitas jaringan serta modem 4G terbaik, MyOrbit menawarkan solusi internet cepat dan stabil yang cocok bagi kamu yang menggantungkan aktivitasmu sehari-hari pada koneksi WiFi.

    Paket yang ditawarkan pun cukup beragam, mulai dari 30 sampai 100GB kuota, dengan kecepatan maksimal hingga 50 Mbps tergantung lokasi dan kapasitas. Selain itu, perangkat router MyOrbit juga mendukung penggunaan WiFi hingga 64 user sekaligus tanpa lemot. Pastinya, pengalaman internetmu bebas dari koneksi lemot! Kunjungi myorbit.id jika kamu ingin memiliki layanan internet yang aman tanpa gangguan.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.