x

Alfin bekerja di PT. PAMA

Iklan

Pipiet Palestin Amurwani

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 23 November 2021

Rabu, 12 Oktober 2022 12:34 WIB

Berbagi Pengalaman, Alumni SMKN 7 Jember Diterima di Perusahaan Pertambangan Ternama

Alumni SMKN 7 Jember berbagi pengalamannya bisa bekerja di perusahaan pertambangan ternama. Mereka membuktikan bahwa dengan kemauan dan usaha yang kuat cita-cita dapat tercapai.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Aldanny Dwi Kurniawan (Danny, 24 tahun) dan Alfin Munir (Alfin, 24 tahun) adalah alumni SMK Negeri 7 Jember jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR). Mereka menceritakan pengalamannya diterima sebagai mekanik di perusahaan ternama. Alfin bekerja di PT. Pamapersada Nusantara (Pama) sedangkan Danny di PT. Bukit Makmur Mandiri Utama (BUMA).  Kedua perusahaan tersebut bergerak di bidang kontraktor pertambangan batubara.

Pama merupakan perusahaan kontraktor batubara terbesar di dunia. Perusahaan ini mengelola sejumlah besar pertambangan batubara, emas, batu kuari, konstruksi bangunan, dan pengerjaan jalanan serta berbagai proyek penggalian bumi dan transportasi yang berlokasi di kalimantan. Perusahaan yang merupakan anak perusahaan dari PT. United Tractors Tbk ini, juga merupakan distributor kendaraan konstruksi berat Komatsu di Indonesia.

BUMA saat ini merupakan kontraktor pertambangan batubara terbesar kedua di Indonesia yang beroperasi secara independen. Perusahaan yang berdiri tahun 1998 ini melakukan pekerjaan penambangan secara menyeluruh, mulai dari pengupasan lapisan tanah penutup, penambangan batubara, pengangkutan batubara, serta reklamasi dan rehabilitasi tanah.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sebelum bekerja di dua perusahaan besar tersebut baik Danny ataupun Alfin mengenyam pendidikan di United Tractors (UT) School. Kemudian keduanya lolos direkrut oleh dua perusahaan besar tersebut. Kedua pemuda yang sewaktu sekolah rajin tapi bergaya santai ini berbagi pengalamannya dan menitipkan  pesan untuk adik-adik kelas mereka.

Menurut Danny, ilmu tentang dasar otomotif yang dia dapatkan ketika duduk di bangku SMK sangatlah berguna. “Basic Automotive itu modal utama. Karena setiap sistem yang sekarang ada dan kita kerjakan merupakan hasil dari perkembangan basic itu sendiri. Seperti sistem engine, itu semua sistem dari air system, exhaust system, dan lain-lain, itu dasarnya ya yang diajarkan di SMK. Jadi kalau kita paham sistem dasar itu kita pasti paham sistem yang telah dikembangakan.” ujarnya.  Dia juga menambahkan, “Tiap tahun sistem otomotif berkembang. Namun jikakita  menguasai dasar otomotif kita akan mudah beradaptasi’. Pendapat itu juga dikuatkan oleh Alfin yang mengatakan bahwa pelajaran otomotif yang diterima di SMK sangat berguna di dunia kerjanya.

Ditanya tentang gaji kedua pemuda ini malu-malu menjawab. “Sekitar 10 juta,” kata Danny. Alfin justru enggan menyebutkan jumlah gajinya. Dilansir dari www.upahkerja.com bahwa gaji mekanik di PT. PAMA sekitar 5 sampai 8 juta rupiah. Nominal yang cukup besar di awal karir. Selain gaji mereka juga mendapatkan fasilitas yang memadai dari perusahaan seperti mess yang nyaman, tempat olahraga dan hiburan, serta klinik kesehatan. Selain itu biaya hidup juga ditanggung oleh perusahaan. Dengan fasilitas seperti itu siapa sih yang tidak mau. Kedua perusahaan besar ini menyaring calon pekerjanya dengan ketat. Pelamar harus mengikuti tes masuk yakni psikotes, wawancara, dan medical check up.

Bagi kalian yang ingin mengikuti jejak Danny dan Alfin, siapkan diri kalian mulai sekarang. Asah ketrampilan kalian di sekolah, biasakan disiplin, serta jaga kesehatan fisik dengan menjauhkan diri dari miras dan narkoba. Lulusan SMK mampu bersaing di dunia kerja. Dua alumni SMKN 7 Jember ini membuktikan bahwa dengan kemauan dan usaha yang kuat cita-cita dapat tercapai. Siapapun bisa menjadi yang terbaik di bidangnya. SMK BISA!

 

Ikuti tulisan menarik Pipiet Palestin Amurwani lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu