x

Iklan

Oksendhy Wicaksono

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 31 Desember 2022

Selasa, 3 Januari 2023 05:46 WIB

Penerapan Akuntansi Dasar pada Arisan Sosialita

Penerapan Akuntansi Dasar pada Arisan Sosialita

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Arisan adalah bagian dari kegiatan sekelompok masyarakat, khususnya kaum perempuan. Kegiatan arisan merupakan salah satu kegiatan untuk mengisi waktu luang dan berkumpul dengan para sahabat. Kegiatan arisan diadakan sesuai kesepakatan. Kegiatan arisan biasanya disertai dengan kegiatan lain dalam suasana kebersamaan berkumpul minimal 1 bulan sekali.

Pelaksanaan arisan tidak ada aturan yang mengikatnya, peserta arisan yang umumnya kaum perempuan hanya melakukan pembayaran setiap bulan sesuai dengan aturan yang disepakati dan akan dilakukan pengundian setelah uang arisan terkumpul semua pada waktu yang sudah disepakati antar peserta arisan.

Dalam proses kegiatan arisan ada nilai transaksi yang bisa di catat dengan menggunakan metode akuntansi dasar sehingga dari kegiatan ini bisa dibuatkan laporan keuangan yang sangat akuntable dan transapran.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pada studi berikut kami berikan simulasi arisan terhadap kelompok sosialita yang terdiri dari 8 orang akan melakukan pembayaran iuran setiap bulan pada tanggal 1 dengan nilai iuran sebesar Rp.5.000.000. Berikut jurnalnya :

Arisan akan dilakukan pengundian setiap tanggal 3 dan untuk periode arisan bulan ini yang mendapatkan arisan adalah Tina. Berikut jurnalnya :

Mengikuti arisan didasari oleh keinginan untuk menabung dan dari kesadaran peserta arisan atas uang yang dikumpulkan lebih mendekati dengan piutang tentunya jika mendapatkannya di awal arisan akan dianggap investasi walau tidak ada nilai manfaat. Yuk belajar akuntansi, mudah dan menyenangkan. 

Ikuti tulisan menarik Oksendhy Wicaksono lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Sabtu, 27 April 2024 14:25 WIB

Bingkai Kehidupan

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Sabtu, 27 April 2024 06:23 WIB

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Sabtu, 27 April 2024 14:25 WIB

Bingkai Kehidupan

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Sabtu, 27 April 2024 06:23 WIB