Sumber ilustrasi: space.com

Kamis, 11 Mei 2023 12:16 WIB

Perbincangan Para Astronom Ihwal Planet Hingga Bumi yang Ditelan Matahari

Riset tentang kehidupan luar angkasa menarik para Astronom untuk meneliti keberadaan benda luar angkasa, planet dengan segala keunikan dan aktivitasnya. Berikut info terkininya.

Hanya ada beberapa cara planet dapat menghilang dari alam semesta. Salah satu skenario yang paling menakutkan adalah kehancuran mereka di tangan keruntuhan bintang induknya.

Setiap bintang memiliki tanggal terbaiknya sendiri. Situs laman NASA tentang bintang menjelaskan, bahwa semua bintang pada akhirnya kehabisan gas hidrogen yang diperlukan untuk bahan bakar intinya. Ia mengeluarkan lapisan luarnya atau meledak ke luar angkasa.

Dikutip dari laman The Daily Digest untungnya, Bumi tidak dijadwalkan untuk ditelan oleh Matahari setidaknya selama lima miliar tahun lagi. Namun, kini kita tahu seperti apa kehancuran itu.

Untuk pertama kalinya dalam sejarah, para peneliti telah mengabadikan momen sebuah bintang yang sekarat melahap salah satu planet yang mengorbitnya. Itu dibarengi dengan proses tumbuh melalui proses kematiannya sendiri.

Menurut Washington Post, planet itu kira-kira berukuran sama dengan Jupiter dan berputar mengelilingi bintang yang sekarat 1000 kali ukurannya sampai akhirnya ditelan sepenuhnya.

Seluruh proses memakan waktu kira-kira sepuluh hari untuk dimainkan. Selama waktu itu bintang perlahan tumbuh lebih besar dan lebih terang. Bintang kemudian dengan cepat memudar kembali normal setelah memakan planet.

Para peneliti mencatat, penemuan dan pengamatan mereka dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nature, mencatat bahwa kita harus dapat melihat fenomena tersebut jauh lebih sering.

“Jika ada peradaban lain yang mengamati kita dari jarak 10.000 tahun cahaya saat Matahari menelan Bumi, mereka akan melihat matahari tiba-tiba menjadi cerah saat mengeluarkan beberapa material. Sesaat kemudian membentuk debu di sekitarnya, sebelum kembali ke kondisi semula,” ujar Dr.De menambahkan.

Menurut The Guardian, Dr. De pertama kali menyadari dia menemukan sesuatu di langit ketika dia melihat semburan cahaya yang tidak beraturan dalam pengamatan yang dilakukan di Zwicky Transient Facility.

Cahaya itu akhirnya ditelusuri kembali ke bintang yang berjarak 12.000 tahun cahaya dari Bumi. Para peneliti awalnya mengira mereka sedang melakukan penggabungan bintang, bukan kehancuran planet.

Setelah menyatukan data inframerah tindak lanjut dari observatorium lain serta lebih banyak data dari teleskop Neowise NASA.

“Seperti banyak penemuan dalam sains, ini merupakan penemuan kebetulan yang benar-benar membuka mata kita terhadap jenis fenomena baru,” kata Dr. De, menambahkan bahwa penghancuran planet yang tidak diketahui ini oleh bintangnya sendiri juga akan “menjadi yang terakhir nasib Bumi.”

Sementara sebagian besar astronom setuju bahwa Bumi akan ditelan oleh Matahari di masa depan yang jauh, ahli astrofisika Enrico Ramirez-Ruiz mengatakan, kita tidak memiliki cukup data untuk mendukung klaim tersebut secara meyakinkan.

Dalam pertukaran surel atau surat elektronika dengan The Washington Post, Ramirez-Ruiz mengatakan posisi orbit Bumi dipertanyakan apakah akan ditelan oleh Matahari. Tetapi ahli astrofisika mengatakan studi baru ini akan membantu kita lebih memahami fenomena tersebut.

"Saya pikir ada sesuatu yang sangat luar biasa tentang hasil ini yang berbicara tentang kefanaan keberadaan kita," kata Ryan Lau, salah satu penulis studi tersebut.

“Setelah miliaran tahun yang merentang masa hidup Tata Surya kita, tahap akhir kita kemungkinan besar akan berakhir dalam kilasan terakhir yang hanya berlangsung beberapa bulan,” tambah Lau. ***