x

Ilustrasi main telepon genggam menjelang tidur/Phillips

Iklan

Ruang Dakwah Medis Indonesia

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 15 Maret 2023

Selasa, 27 Juni 2023 20:43 WIB

Efek Berbahaya Bagi Kesehatan Apabila Kita Setiap Malam Tidur Sambil Bermain Handphone

Efek Berbahaya Bagi Kesehatan Apabila Kita Setiap Malam Tidur Sambil Bermain Handphone

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Solo – HP atau hand phone ataupun istilah telepon genggam merupakan alat bantu komunikasi yang menghubungkan komunikasi satu dengan yang lain dengan jarak yang jauh dan tak terhingga. Kalau dahulu telepon masih menggunakan telepon kabel, tetapi pada zaman yang modern ini hand phone sudah sangat praktis kecil dan tipis serta bisa dibawa kemana – mana.

            Kalau dalam kesehatan yang menjadi kebutuhan fisiologis manusia adalah makan, minum, tidur dan bernafas. Tetapi pada zaman sekarang ini handphone sudah menjadi kebutuhan fisiologis manusia. Bahkan manusia tidak akan bisa beraktivitas apabila tidak membawa handphone. Dari bepergian, transaksi, membayar, jualan dll semua menggunakan media handphone.

            Handphone seperti layaknya buah simalakama, apabila tidak dipergunakan dengan baik maka akan menjadi bomerang bagi seseorang yang memakainya. Salah satu kerugian handphone adalah apabila digunakan oleh anak kecil diluar pengawasan orang tua. Handphone bisa dipakai sebagai media yang belum saatnya dilihat oleh anak kecil. Dari joged – jogedan tiktok, prank, media dewasa dll.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

            Sedangkan bagi kesehatan handphone juga bisa membuat dampak buruk apabila digunakan secara berlebihan. Mengantongi handphone disaku celana terus – menerus dalam jangka waktu yang lama bisa membuat seorang pria mengalami penurunan kwalitas sperma karena radiasi sehingga bisa menyebabkan mandul. Penggunaan handphone yang berlebihan bagi anak kecil bisa menyebabkan tantrum atau rewel belebihan.

            Sedangkan efek kesehatan yang lain yang membahayakan kesehatan manusia antara lain bisa kehilangan penglihatan atau stabismus. Karena berbaring dengan telepon pada jangka waktu yang lama dan sangat dekat dengan mata bisa menyebabkan kelelahan. Apabila lampu dimatikan maka lampu dari handphone adalah salah satunya cahaya yang digunakan sehingga bisa merusak mata.

            Nyeri serviks terjadi ketika berbaring terlalu lama yang bisa menyebabkan rasa sakit pada tulang leher. Pada vertebra serviks terasa menyakitkan dan bisa mengalami spondylosis serviks karena pada tulang belakang leher salah tempat dan tertekan pada saraf.

Efek merugikan lainnya adalah bisa menurunkan kualitas tidur pada malam hari ketika bermain handphone. Dampak negatifnya adalah manusia akan mengalami ketergantungan apabila ketika mau tidur tidak menggunakan handphone maka ada sesuatu yang kurang sehingga tidak bisa tidur.

            Dosen Spesialis Medikal Bedah Prima Trisna Aji menyampaikan selain masalah kesehatan diatas, tidur dimalam hari sambil menggunakan handphone juga akan berdampak wajah akan berjerawat dan berbintik – bintik. Kemudian apabila berbaring terlalu lama ditempat tidur sambil menggunakan handphone bisa membawa efek pada radiasi. Cahaya dari ponsel juga akan membuat melanin pada kulit rusak sehingga akan memunculkan bintik – bintik. Sehingga jika tubuh tidak beristirahat akan membuat gangguan endokrin didalam tubuh yang paling umum bisa menyebabkan jerawat pada wajah. *Red

Ikuti tulisan menarik Ruang Dakwah Medis Indonesia lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Epigenesis

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Kembang Jepun

Oleh: Handoko Widagdo

Kamis, 15 Februari 2024 10:19 WIB

Terpopuler

Epigenesis

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Kembang Jepun

Oleh: Handoko Widagdo

Kamis, 15 Februari 2024 10:19 WIB