x

Iklan

Thamrin Dahlan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Hari Raya Dhuafa

Kuam Dhuafa merayakan Hari Raya Idhul Adha dengan mendapatkan daging qurban.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Hari Raya Idul Adha merupakan hari raya kaum dhuafa.  Saudara kita seiman itu mendapatkan berkah dari para mudhofah yang mengurbankan sebagian hartanya untuk menyembelih khewan kurban.  Daging qurban dibagi bagikan kepada saudara dhuafa di hari Kamis, 24 September 2015 bada Shalat Asar.  Dengan tertib mereka berbaris menerima kupon dari Panitia Masjid Jami An Nur di lapangan futsal persis di halaman depan Baitullah.  Prioritas kupon diberikan kepada kaum perempuan dan anak anak.

Setelah kupon diterima, ibu ibu dengan berlari lari kecil menuju bagian belakang Masjid. Panitia dengan senyum lebar menyerahkan daging hewan qurban sembari menandai jari telunjuk dengan tinta hitam. Inilah prosedur tetap dari tahun ketahun yang diberlakukan dengan maksud agar penerima qurban tertib dan tidak menimbulkan korban ketika berdesakan antri.

Dibantu oleh Babinkamtibmas Polsek Ciracas, kondisi kerumunan bisa dikendalikan.  Penyerahan kupon dengan cepat dan lugas dalam waktu satu jam prosesi memuliakan saudara dhuafa selesai.  Alhamdulillah tahun ini khewan qurban yang dipercayakan oleh kaum muslimin di sekitar Masjid Jami An Nur melebihi prediksi.  Sebelumnya khadimull merasa pesismis ditengarai kondisi ekonomi yang semakin disulit ditambah lagi permainan mafia sapi dua bulan terakhir. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Alhamdulillah 11 ekor sapi dan 26 ekor kambing telah dibagi habis sesuai dengan asnabnya.  Bada shalat Ied Adha, Subhanallah masih ada jamaah yang menyerahkan seekor kambing.  Bisa jadi jamaah tersebut tersentuh hatinya ketika mendengar khutbah Khatib. Kh Abuya Farid Muhammad MBA dalam khutbah mengulang kembali peristiwa menggemparkan dunia terkait pengorbanan Nabi Ibrahim AS.  Secara rinci Pemimpin Pondok Pesantren Nurul Musthofa Ciracas mengisahkan betapa hamba Allah sekelas Nabi Ibrahim, Nabi Ismail dan Siti Hajar bisa mengalahkan godaan syetan. Hamba Allah terpuji tersebut lulus dalam ujian Iman dan berhak mendapatkan prediket insane kamil.

Luar biasa kekuatan iman warga sekitar Asrama Polri Polsek Ciracas Jakarta Timur, walaupun dalam kondisi yang memprihatinkan namun semangat berqurban melebihi tahun lalu.  Panitia menetapkan untuk berqurban sapi di tentukan harga Rp. 3.000.000 perorang.  Dengan harga 21 juta rupiah satu ekor sapi didapatkan khewan qurban yang bagus dan besar.  Para mudhofah merasa puas menyaksikan khewan qurban nan ditambat di depan masjid.  Sapi yang besar, gemuk dan tinggi, Ya Allah ya Rabbi inilah persembahan kami yang terbaik.

Tak nyana dengan khewan qurban yang besar maka daging sapi nan di serahkan kepada yang berhakpun menjadi begitu banyak.  Sesuai dengan aturan maka distribusi daging qurban diterimakan kepada yang berhak.  Sebelum shalat dhuhur telah terlihat kaum dhuafa berhimpun di seputar Baitullah.  Jumlah saudaraku kaunm dhuafa semakin melimpah menjelang shalat Asar.  Pada awalnya Panitia khuatir tidak mampu memmuliakan ratusan dhuafa itu, namun akhirnya atas se izin Allah SWT semua mendapatkan daging qurban.

Dalam catatan Panitia terdapat 501 saudara dhuafa yang mengantri dan mendapatkan daging sapi atau kambing.  Bisa jadi inilah kenikmatan dan berkah hari Raya Idhul Adha dimana saudara kita bisa menikmati sajian daging yang mungkin sangat jarang mereka temukan di kehidupan sehari hari.  Memulaikan saudara dhuafa, memberi rezeki atas perintah Allah SWT pada dasarnya adalah satu kebahagiaan sempurna nan di rasakan di hati setiap jamaah.  Kita telah lulus dalam ujian keimanan ketika bersedia dan rela ikhlas mengorbankan harta nan di cintai karena semua ditujukan semata untuk menggapai redha Allah SWT, Amin Ya Rabb

Salamsalalamn

Khadimull Masjid jami An Nur

*) Sumber Gambar: Koleksi Dokumentasi Pribadi (TD)

Ikuti tulisan menarik Thamrin Dahlan lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB