x

Iklan

Munawar Alim

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Mengenal Peso Filipina, Mata Uang Negara Filipina

Peso Filipina merupakan mata uang dari Filipina yang terbagi menjadi 100 centavos atau sentimos dalam bahasa Filipina. Sebagai bekas koloni Amerika Serikat

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Peso Filipina merupakan mata uang dari Filipina yang terbagi menjadi 100 centavos atau sentimos dalam bahasa Filipina. Sebagai bekas koloni Amerika Serikat , negara Filipina menggunakan bahasa Inggris pada mata uangnya, dengan kata “peso” timbul di catatan dan mata uang sampai 1967. Sejak adopsi pengaplikasian bahasa Filipina pada uang kertas dan koin, istilah “piso” sekarang dipakai. Dari September 2017 sampai 2 Agustus 2018, standar ISO 4217 mengacu pada mata uang dengan istilah Filipina “piso”. Sejak itu telah diubah kembali menjadi “peso”.

Peso biasanya dilambangkan dengan simbol “?”. Metode lain untuk menulis pedoman peso Filipina merupakan “PHP”, “PhP”, “Php”, atau cuma “P”. Simbol “?” ditambahkan ke standar Unicode dalam versi 3.2 dan diberikan U + 20B1 ( ? ). Simbol dapat diakses via beberapa pengolah kata dengan mengetik “20b1” dan kemudian menekan tombol Alt dan X secara bersamaan. Simbol ini merupakan unik untuk Filipina karena simbol yang dipakai untuk peso di negara-negara seperti Meksiko dan lain bekas koloni dari Spanyol di Amerika Latin merupakan “$”.

Uang kertas dan koin dari Filipina dicetak dan dicetak di Rumit Pabrik Keamanan dari Bangko Sentral ng Pilipinas (Bank Sentral Filipina) di Quezon City.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Desain Terbaru

Pada tahun 2009, Bangko Sentral ng Pilipinas (BSP) yang merupakan Bank sentral Filipina mengumumkan bahwa mereka meluncurkan desain ulang besar-besaran untuk uang kertas dan koin saat ini untuk lebih meningkatkan fitur keamanan dan meningkatkan daya tahan.

Member komite numismatik termasuk diantaranya merupakan Deputi Gubernur Bank Sentral Filipina, Diwa Guinigundo, dan Ketua National Historical Institute, Dr. Ambeth Ocampo. Desain uang kertas yang baru menonjolkan orang Filipina yang tenar dan keajaiban alam yang ikonik. Simbol nasional Filipina akan dibuktikan dengan koin.

Untuk memberikan transisi yang mulus dari Seri Desain Baru ke seri Mata Uang Generasi Baru, BSP sengaja mempertahankan beberapa fitur NDS, seperti, ukuran, warna dominan dan kepribadian unggulan di NGC, selain untuk potret Presiden Corazon Aquino yang merupakan menambahkan potret pada catatan 500-piso.

BSP mulai merilis batch permulaan uang kertas baru pada tanggal 16 Desember 2010. NGC akan berprofesi sama dengan NDS sekitar sampai 2014, sementara BSP membangun kecakapannya untuk mencetak dan memproduksi uang kertas NGC dengan fitur keamanan anti-pemalsuan terkini digabungkan via teknologi canggih, yang dipatok di seluruh dunia.

Warna memainkan komponen penting dalam desain, menonjolkan elemen kunci seperti angka skor, segel dan tepi catatan. Dimasukkannya nomor cetak intaglio besar di komponen depan membedakan masing-masing denominasi untuk memberikan bantuan bagi mereka yang mempunyai gangguan penglihatan. standar di seluruh dunia.

Pada 26 Maret 2018, BSP mengawali perilisan seri Koin Mata Uang Generasi Baru (NGC) komplit yang terdiri dari 10-Piso, 5-Piso, 1-Piso, 25-Sentimo, 5-Sentimo dan 1- Sentimo menjadi sirkulasi.

Fitur desain NGC Coin Series meningkatkan estetika dan keamanan koin. Secara khusus, rincian cetak mikro menggunakan teknologi laser-ukiran termasuk dalam dua koin dengan denominasi tertinggi, 10-Piso dan 5-Piso, yang menyulitkan koin-koin ini untuk diduplikasi menggunakan sistem pemalsuan koin tradisional. Komposisi logam koin NGC juga mengecilkan praktik ilegal penimbunan sejumlah besar koin untuk ekstraksi kandungan logam mereka.

Koin, yang timbul sebagai “logam perak”, terbuat dari baja berlapis nikel yang tahan lama yang mempunyai ketahanan aus dan korosi yang benar-benar bagus. Perubahan domisili material terkait dengan perubahan warna secara khusus diperhatikan untuk logam berbasis tembaga.

Koin dalam Seri NGC akan menonjolkan logo BSP yang baru, tiga pahlawan nasional (Apolinario Mabini di 10-Piso, Andres Bonifacio di 5-Piso dan Jose Rizal di 1-Piso), bintang tiga yang bergaya dan matahari di 25-, 5- dan 1-Sentimo, dan flora endemik yang tetap dengan desain Seri NGC Uang Kertas yang menyoroti fauna Filipina

Berikut ini merupakan pecahan terkini uang kertas Peso Filipina.

1000 peso

500 peso

200 peso

100 peso

50 peso

20 peso

Berikut ini adalah pecahan terbaru uang koin Peso Filipina.

uang koin peso filipina

Ikuti tulisan menarik Munawar Alim lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler