x

Iklan

Rian Darmawan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Mengenal Bahan Pakaian Yang Biasa Kita Kenakan

Bahan pakaian yang sehari - hari kita kenakan memiliki karakteristik yang berbeda sehingga membutuhkan treatmenr yang berbeda pula.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Fashion merupakan kebutuhan yang menunjang setiap penampilan kita dan menunjukan identitas kita. Bisa dikatakan cara berpakaian kita adalah cara termudah seseorang untuk menilai kita.

Tak heran jika banyak orang rela merogoh kocek yang fantastis hanya untuk sebuah fashion atau cara berpakaian mereka.

Apakaha setiap pakaian yang mahal berarti bagus? Atau sebaliknya? Tentu saja tidak, untuk itu ada baik nya kita mengenal bahan bahan pakaian yang biasa kita gunakan sehari hari agar tidak terkecoh dengan harga .

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Spandek Satin

spandek terbuat dari bahan polimer sintesis yang elastis/molor seperti karet. Karena bahannya terbuat dari karetyang lentur oleh sebab itu bahan jenis ini lebih lentur dan mengikuti bentuk tubuh kita bila di gunakan.

Spandek yang baik tentu saja memiliki pori2 yang mampu menyerap keringat dengan baik, kain jenis ini biasa di gunakan untuk jilbab, rok, atau gamis.

 

Sifon

Bahan jenis ini biasa di kenakan untuk gaun malam. Terbuat dari bahan sintesis berpadu dengan katun, polyester, nilon, rayon, atau sutera.

Biasanya kain jenis ini tidak menyerap keringat, lebih tipis, enteng, dan transparan.

 

Twistcone

Lebih mirip dengan sifon tetapilebih tebal dan lebih jatuh di badan, tidak menyerap keringat.

 

Cotton / Katun

Terbuat dari  100% serat kapas alami. Bahannya sangat halus, dingin, dan daya serap keringatnya cukup baik. Susunan benangnya pun sangat rapih.

Kain katun juga memiliki 3 varian berdasarkan ketebalan dan jenis benang yang di gunakan yakni 20s, 24s, dan 30s.

20s adalah bahan yang palin tebal dan biasa di gunakan untuk kaos distro karena kenyamanan dan harga nya yang relative terjangkau.

 

Bebyterry 

Terbuat dari bahan katun atau serat kapas sehingga jenis kain ini bertekstur halus dan lembut bisa digunakian untuk handuk dan selimut.

Karena tingkat kehalusan yang baik ini lah yang membuat bahan kain ini mulai di gunakan untuk bahan sweater penghangat dan seiring berkembang nya fashion juga bahan jenis ini sudah di gunakan untuk blazer wanita.

 

Rajut

Seperti namanya, kain rajut di buat dengan cara di rajut manual atau jika produksi yang banyak juga sudah menggunakan mesin dan benang wol. Kain ini cukup hangat jadi tidak cocok di gunakan saat musim panas.

 

Satin

Kain satin memiliki permukaan yang licin dan mengkilap, biasa digunakan untuk gaun pengantin atau baju pesta lainnya karena tampilannya yang mewah.

 

Denim

Denim atau kain jean ini merupakan material kain yang kokoh di buat dengan dari katun twill, jenis bahan ini biasa di gunakan untuk bahan dasar pembuatan celana jeans.

 

Rayon

Kain ini berbahan adem, mengkilap, dan jatuh. Kain rayon adalah kain sintesis berbahan dasar kayu, karena bahannya yang dingin kain ini biasa di gunakan untuk bahan kemeja.

 

Demikian lah jenis jenis kain yang biasa kita jumpai di pasaran, dan biasa kita gunakan untuk pakaian sehari hari. Semoga penjelasan di atas bisa menjadi pertimbangan ketika kita akan memilih pakaian.

Terima Kasih.

Ikuti tulisan menarik Rian Darmawan lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu