Inspirasi Riasan Joker, Badut Sewaan yang Dipukuli Banyak Orang - Viral - www.indonesiana.id
x

Karakter Joker musuh Batman yang diperankan Joaquin Phoenix

tuluswijanarko

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Selasa, 8 Oktober 2019 17:36 WIB
  • Viral
  • Pilihan
  • Inspirasi Riasan Joker, Badut Sewaan yang Dipukuli Banyak Orang

    Dibaca : 811 kali

    Sudah nonton film Joker, belum? Sepertinya masa pemutaran film yang dibintangi Joaquin Phoenix ini bakal lama, karena minat orang untuk nonton sangat tinggi. Meski demikian jika memang punya waktu segeralah ke bioskup untuk menyaksikan, agar bisa ikut ngobrolin soal Joker dengan teman-teman anda.

    Kalau belum sempat juga, info berikut ini mungkin layak anda baca karena mereka yang sudah nonton pun belum pasti mengetahuinya. Tahukah pembaca dari mana inspirasi riasan badut Joker versi Joaquin Phoenix ini diambil?

    “Jika diterjemahkan, bisa dibilang tampilan Joker adalah riasan badut sewaan yang dipukuli orang-orang,” kata Nicki Ledermann yang berserta tim make up menangani riasan Joker.

    Katakter Joker memang sudah banyak muncul di berbagai film. Ia adalah salah satu karakter paling mudah dikenali dalam sejarah budaya populer. Namun, musuh Batman ini punya banyak versi wajah, termasuk yang ala Joaquin Phoenix di film terbaru ini.

    Ledermann mengatakan konsep awal riasan datang dari sutradara Todd Phillips. Awalnya pak sutradara mengirim foto Joaquin yang sudah ditambah riasan hasil edit Photoshop. Meksi masih terlihat mentah, tapi Ledermann menyetujui konsep itu. "Ini badut sederhana tapi menyeramkan. Menurutku itu fantastis, lebih sederhana dan akan jadi lebih intens."

    Demikianlah, bersama tim ia akhirnya mengolah riasan untuk Phoenix. Ada banyak tantangan menghadang. Misal ada adegan Joker mencuci muka di kamar mandi sehingga riasan luntur. Tim tata rias harus segera berkasi lagi merias wajah Phoenix untuk adegan selanjutnya.

    Belum lagi ada banyak adegan riasan harus belepotan, dan harus berbeda untuk adegan lainnya. “Suasana tegang di lokasi karena semua harus berlangsung cepat," kata Ledermann mengenang.

    Tapi syukurlah semua itu bisa dilalui dengan baik. Ledderman mengombinasikan make up berbahan dasar air dan minyak untuk keperluan ini. Dia juga memakai produk yang mudah belepotan saat dipegang serta make up anti air.

    Kerja keras itu, tentu juga bersama kontribusi bagian-bagian lainnya, akhirnya membuat film Joker kini menjadi film yang paling banyak dibicarakan.

    Tidak kurang sutradara Joko Anwar juga angkat jempol untuk Joker. Dalam cuitan di akun twitternya, Sabtu malam, 5/10, dia member nilai 10 untuk skala 10. “Joker is a masterpiece. Tonton di layar paling gede. OMG!!” tulis dia. "Udah lama nggak mengkeret nonton film kayak gini. GILA!”

    Dia pun menjagokan Joaquin Phoenix untuk mendapatkan Piala Oscar tahun 2020 “Kalau nggak dapat Oscar, mending Oscar diganti Bambang,” tulis dia.


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.