x

Iklan

Candra Bi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 6 November 2019

Rabu, 27 November 2019 20:12 WIB

Kesalahan yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Investasi Emas

Banyak sekali kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan oleh masyarakat yang melakukan investasi dengan emas, entah kesalahan yang masih tergolong kecil yang mengakibatkan keuntungan sedikit bahkan kesalahan yang besar yang membuat menjadi merugi.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Emas merupakan salah satu cara atau alat untuk berinvestasi yang sering dipilih oleh kebanyakan masyarakat terutama di Indonesia. Selain harganya yang relatif stabil dan meningkat, emas juga mempunyai resiko yang sangat kecil dibandingkan produk investasi lainnya.

Namun, dibalik semua itu ternyata berinvestasi dengan emas juga sering mengalami kegagalan karena kesalahan dari orang yang melakukan investasi dengan emas tersebut. Sehingga bukan keuntungan yang didapat, namun bisa jadi malah kerugian yang didapatkan.

Supaya kamu terhindar dari kerugian tersebut, kamu harus mengetahui dan menghindari beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh para investor yang menggunakan emas sebagai alatnya.

Kesalahan Terbesar Jika Kamu Melakukan Hal Ini Saat Berinvestasi Emas

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Banyak sekali kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan oleh masyarakat yang melakukan investasi dengan emas, entah kesalahan yang masih tergolong kecil yang mengakibatkan keuntungan sedikit bahkan kesalahan yang besar yang membuat menjadi merugi.

Nah, beberapa kesalahan tersebut termasuk yang terbesarnya, kamu bisa mengetahuinya dibawah ini sebagaimana yang kami kutip dari situs Wadidaw.co.id.

Tidak menganalisis harga pasar sebelumnya

Sebelum kamu membeli emas untuk dijadikan alat investasi, sebaiknya kamu menganalisis harga pasarnya terlebih dahulu jika kamu ingin mendapatkan keuntungan yang besar, namun jika kamu tidak mempermasalahkannya kamu bisa membelinya secara langsung.

Menganalisis harga pasar sebenarnya sangat bagus, terlebih lagi harga emas yang naik turun meskipun banyak naiknya namun tidak ada salahnya kamu melakukan analisis terlebih dahulu.

Kamu bisa melihat secara real-time harganya, nah pada saat harganya sedang turun mungkin kamu bisa langsung membelinya disaat itu juga. Sehingga kamu akan mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.

Salah memahami konsep investasi emas

Melakukan investasi dengan menggunakan emas sebenarnya sudah masuk kedalam investasi jangka panjang, jadi apabila kamu berifikiran melakukan investasi dengan emas untuk jangka pendek berarti kamu salah dalam memahaminya.

Mengapa? Karena kebanyakan harga jual dengan harga beli selisihnya lumayan banyak. Nah, apabila kamu membelinya pada bulan ini dan menjualnya beberapa bulan setelahnya yang harganya tidak terlalu jauh pastinya kamu akan sedikit merugi karena harga jualnya tidak sama seperti harga belinya.

Oleh sebab itu, sebelum kamu melakukan investasi emas kamu harus menanamkan mindset bahwa emas itu untuk jangka panjang yang kamu bisa jual nanti setelah beberapa tahun, menunggu harga emas menjadi naik dan menutup harga yang kamu beli waktu itu.

Membeli emas dengan ukuran besar

Jika kamu ingin melakukan investasi dengan emas dan berencana untuk dijual kembali nantinya setelah beberapa tahun, lebih baik kamu menyimpannya dalam ukuran yang tidak terlalu besar sehingga mudah untuk dijual.

Namun, bukan berarti kamu membeli emas dengan ukuran paling kecil juga karena pastinya harganya akan semakin mahal jika ukurannya disamakan dengan yang langsung berukuran seperti itu.

Membeli emas dengan ukuran besar seperti 1 kg sebenarnya tidak ada masalah, namun jika kamu ingin menjualnya kembali kebanyakan pihak yang akan membeli akan berfikir terlebih dahulu, terlebih lagi yang masih belum terlalu besar tokonya.

Kamu bisa membeli yang berukuran dibawah 10 gram saja, supaya lebih mudah terjual. Namun semuanya kembali kepadamu.

Membeli emas di tempat kurang terpercaya

Kamu penasaran dan ingin sekali membeli emas untuk berinvestasi? Pastikan emas yang kamu beli berasal dari toko yang terpercaya supaya kamu tidak merasakan hal yang tidak diinginkan nantinya.

Masih banyak sekali orang yang memalsukan emas, itu semua karena untuk kepentingan pribadinya sendiri. Oleh sebab itu, supaya kamu tidak terkena tindak penipuan kamu harus membeli emasnya di tempat yang terpercaya.

Beberapa tempat yang terpercaya untuk membeli emas, yaitu dengan membelinya di Butik Antam yang memang di lindungi pemerintah ataupun dari kantor UBSnya yang merupakan salah satu produsen emas swasta yang sudah terpercaya di Indonesia.

Melakukan investasi dengan emas sebenarnya sangat menguntungkan untuk janga panjang, namun kurang direkomendasikan bahkan sangat tidak bagus jika kamu menjadika investasi emas untuk jangka pendek.

Banyak juga kesalahan-kesalahan para pemula yang ingin melakukan investasi dengan mudah seperti emas ini yang sering dilakukan.

Itulah artikel mengenai beberapa kesalahan terbesar yang sering dilakukan oleh pemula dalam berinvestasi dengan emas. Semoga dengan artikel ini kamu bisa terhindar dari berbagai kesalahan yang sudah disebutkan diatas tadi.

Ikuti tulisan menarik Candra Bi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB