x

Iklan

Candra Bi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 6 November 2019

Sabtu, 7 Desember 2019 20:17 WIB

5 Cara Ampuh atasi Hidung Tersumbat

Beberapa orang yang menduga jika hidung terhalang ialah akibatnya karena penggumpalan lendir di aliran hidung

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Beberapa orang yang menduga jika hidung terhambat ialah akibatnya karena penggumpalan lendir di aliran hidung. Tetapi, hidung terhalang sebetulnya dikarenakan oleh pembuluh darah sinus yang meradang. Waktu hidung terhalang, bernapas bisa saja satu rintangan berat. Apapun sebabnya alergi, pilek, atau flu susah bernapas bisa membuat Anda cepat capek serta kelelahan.

“Hidung mempunyai jaringan pembuluh darah berkatup yang luas serta dapat membuka-tutup,” tutur Scott P. Stringer, MD, profesor THT di University of Mississippi Medical Center serta kepala direksi Rhinology and Paranasal Sinus Committee of the American Academy of Otolaryngology–Head and Neck Surgery. Waktu hidung alami iritasi, skema sarafnya terstimulasi, mengakibatkan katup pembuluh darah terbuka. Hasilnya, makin banyak darah yang mengalir ke hidung. Keadaan ini mengakibatkan pembengkakan di aliran hidung serta membuat Anda susah untuk bernapas.

Berikut ini 5 cara mengatasi hidung terhambat :

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

1. Matikan AC serta kipas angin Udara hangat serta lembap ialah langkah paling cepat untuk menangani pilek serta hidung terhalang. Bernapas di udara yang lembap dapat menurunkan radang serta menurunkan pembengkakan pembuluh darah dalam hidung, mencairkan lendir dalam sinus. Pilihannya, Anda dapat kerjakan sauna muka. Triknya, condongkan muka Anda sampai ada di atas mangkok berisi air panas, gantungkan handuk di atas kepala Anda sampai membuat gorden yang memerangkap uap dari mangkok, selanjutnya hirup uap sepanjang kira-kira 10 menit. Ulangilah 2-3 kali satu hari sampai Anda dapat bernapas dengan lega.

2. Minum banyak air Air hangat dapat menolong mencairkan lendir di aliran hidung serta menurunkan ngilu karena hidung terhalang. Untuk macam, Anda dapat minum teh jahe, mint, atau teh lemon serta madu hangat yang memiliki kandungan agen antiseptik serta dekongestan alami untuk mempermudah pernafasan.

3. Minyak kayu putih Minyak kayu putih, diketemukan dalam banyak salep serta balsem, bisa menolong mencairkan lendir karena hidung terhalang. Triknya condongkan muka Anda sampai ada di atas mangkok berisi air panas yang telah ditambah lagi dengan beberapa tetes minyak kayu putih. Gantungkan handuk di atas kepala Anda sampai menutupi mangkok, hirup uap sepanjang kira-kira 10 menit. Minyak kayu putih dapat dibuktikan dengan ilmiah jadi pilihan rumahan yang dapat membunuh beberapa macam bakteri pemicu hidung terhalang, seperti infeksi sinus.

4. Semprotan saline atau dekongestan topikal (oxymetazoline) Semprotan saline sediakan kelembaban tambahan yang diperlukan oleh hidung terhalang. Larutan saline akan mencairkan lendir serta kurangi hidung terhalang. Untuk bertambah cepat memberi dampak lega pada hidung terhalang, kurang dari 10 menit, pakai dekongestan topikal/ oxymetazoline. Semprotan saline atau dekongestan topikal di jual bebas di apotek. Sebelum memakai semprotan saline atau dekongestan topikal, bahas lebih dulu dengan dokter Anda. Dampaknya bisa ada atau dapat jadi parah tanda-tanda hidung terhalang bila dipakai lebih dari tujuh hari.

5. Kunyah bawang putih Bawang putih memiliki kandungan agen antibakterial serta antijamur yang bermanfaat jadi penyembuh beberapa permasalahan kesehatan, terhitung hidung terhalang karena demam serta flu.Penemuan dari satu studi di Inggris tunjukkan jika simpatisan yang diberi suplemen bawang putih sepanjang 12 minggu beruntun sepanjang musim flu lebih jarang-jarang alami flu dibanding simpatisan yang tidak konsumsi suplemen bawang putih. Kemungkinan kunyah bawang putih mentah terdengar menakutkan buat Anda. Untuk mengakalinya, tumis 1-2 siung bawang putih serta imbuhkan pasta atau sayur-sayuran. Atau, Anda dapat memberikan tambahan beberapa potongan atau tumbukan satu siung bawang putih ke satu mangkuk air panas untuk menguapi muka Anda sepanjang 10 menit.

Banyak cara dapat dilakukan untuk membantu meredahkan gejala hidung tersumbat. Namun Anda menginginkan cara untuk meredahkan gejala dengan cepat dan membantu tidur Anda lebih nyenyak, mungkin nasal dekongestan bisa menjadi pilihan pengobatan yang tepat. Pastikan untuk memerhatikan cara pakai dan takarannya, konsultasikan bersama dokter apabila keluhan berlanjut.

Ikuti tulisan menarik Candra Bi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler