x

Iklan

Panduan Menulis

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 11 November 2019

Rabu, 29 Januari 2020 07:58 WIB

Ternyata Ini Loh Manfaat Plastik Cor yang Jarang Diketahui Orang

Dalam dunia konstruksi dan pembangunan, ada salah satu material yang memiliki kegunaan dan manfaat tinggi sehingga menjadikan produk ini begitu penting dalam proses pembangunan. Produk ini adalah plastik cor

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Dalam dunia konstruksi dan pembangunan, ada salah satu material yang memiliki kegunaan dan manfaat tinggi sehingga menjadikan produk ini begitu penting dalam proses pembangunan. Produk ini adalah plastik cor. Berikut beberapa manfaat plastik cor, seperti:

Sebagai Penahan Air

Saat melakukan pembangunan dan konstruksi suatu rumah atau gedung, air semen harus selalu diusahakan, agar tidak keluar dan kemudian merembes ke bawah tanah. Jika hal tersebut sampai terjadi, bisa berakibat fatal saat pembentukan adonan semen sempurna.

Di sinilah peran plastik cor dibutuhkan. Material ini sangat bermanfaat karena fungsinya yang mampu menahan air sehingga air semen tidak lagi merembes ke bawah tanah saat selama proses pembangunan berlangsung.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Plastik cor sendiri merupakan inovasi terbaru yang terjamin kualitas, standar dan ketahanannya. Sebelum muncul kebaruan material bahan bangunan ini, para tukang biasanya menggunakan cara tradisional yaitu dengan memasang screed atau cor kualitas rendah.

Sebagai Pelindung

Mungkin banyak orang yang belum tahu manfaat plastik cor yang satu ini, yaitu sebagai pelindung barang dari benda asing. Dengan ketebalan 0,06 hingga 1,00 mm, produk ini mampu melindungi suatu barang tertentu dari benda-benda asing yang tidak diinginkan.

Manfaat penting ini akan semakin terasa apabila Anda menyimpan suatu alat konstruksi atau barang lainnya di tempat terbuka dan dekat dengan lokasi proyek. Material ini tentu sangat kuat dan bagus digunakan untuk melindungi dari debu, batu-batuan, hingga kotoran hewan.

Memiliki Manfaat Praktis

Dari segi kepraktisan, bahan bangunan ini tidak terlalu berat saat diangkat. Sifat ringan produk ini membuatnya mudah untuk dipindah dan dialihfungsikan untuk kebutuhan lain sesuai dengan kondisi proyek saat itu. Anda tidak perlu lagi boros dalam pembelian material di tempat jual plastik cor.

Sifat lainnya yang membuat plastik cor sangat cocok digunakan sebagai pelindung dari bahan-bahan asing yaitu sifat transparan yang ia bawa. Transparansi produk ini memudahkan Anda untuk mengontrol keadaan alat yang dilindungi dengan mudah, praktis, dan cepat.

Sebagai Lantai Kerja

Keamanan atau safety pekerja, khususnya pada pekerjaan konstruksi bangunan proyek tentu menjadi perhatian utama bagi seluruh pihak. Meski sudah dilengkapi dengan sepatu boots dan perlengkapan kerja lainnya, sangat memungkinkan tetap terjadi kecelakaan kerja di sana.

Di sinilah peran plastik cor sangat dibutuhkan. Produk ini dapat digunakan sebagai lantai kerja di proyek untuk meminimalisir tingkat kemungkinan kecelakaan kerja yang dapat dialami oleh pekerja proyek, terutama sebagai pelindung alas kaki yang lebih kuat dari hanya sepatu boots.

Setelah membaca penjelasan lengkap dan infromatif tentang empat manfaat plastik cor di atas, tentu ada baiknya Anda segera mempersiapkan pengadaan produk bermanfaat ini sebagai bahan baku proyek konstruksi. Selalu lakukan pengecekan barang saat membeli di toko yang jual plastik cor.

Ikuti tulisan menarik Panduan Menulis lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler