x

Iklan

Annn Mk1

First Year Informatics Student, Writer at Indonesiana.id
Bergabung Sejak: 14 Juli 2020

Senin, 17 Agustus 2020 10:04 WIB

Cara Merawat Ban Tubeless yang Benar agar Ban Awet

Pengguna ban tubeless? Terapkan cara merawat ban tubeless berikut ini agar ban awet.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Mempunyai sepeda motor mengharuskan kita merawat setiap komponennya dengan baik, baik itu mesin, body, shockbreaker, speedometer, kelistrikan, rem, dan pastinya tak terkecuali ban.

Banyak orang menggangap bahwa ban tubeless lebih awet dari ban biasa, namun nyatanya semua itu kembali lagi kepada bagaimana perawatan yang kita lakukan pada ban tersebut.

Faktanya ban tubeless memilki umur pemakaian rata-rata 1,5 tahun sedangkan ban biasa memiliki umur pemakaian rata-rata 2 tahun. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Memang ban tubeless akan lebih awet dibandingkan dengan ban biasa jika kita gunakan untuk melewati jalan yang dipenuhi paku dan ranjau,  namun itu tidak membuatnya serta merta menjadi ban terbaik, faktanya jika untuk urusan endurance dan off-road ban biasa masih menjadi pilihan.

Namun, seperti yang saya bilang tadi, apapun jenis bannya akan kembali lagi kepada bagaimana cara kita melakukan perawatan.

Karena anggapan bahwa ban tubeless lebih kuat dan superior dari ban biasa, akhirnya banyak pengguna ban tubeless menjadi acuh tak acuh terhadap perawatan ban. 

Oleh karena itu, kali ini saya akan membagikan cara merawat ban tubeless yang benar agar ban awet dan tidak membahayakan ketika dipakai di jalan.

 

Cara Merawat Ban Tubeless yang Benar agar Ban Awet

Berikut ini beberapa cara merawat ban tubeless yang benar yang bisa Anda lakukan agar ban tubeless Anda awet dan baru diganti pas pada waktunya.

 

1. Sering Melakukan Cek Angin dan Menyesuaikan Tekanan Angin

Hal ini sebenarnya merupakan hal dasar yang berlaku untuk semua jenis ban, dan merupakan hal yang harus Anda lakukan agar aman dan nyaman saat berkendara.

 

Tekanan ban yang tidak sesuai seperti terlalu keras atau kempes tidaklah bagus untuk ban dan untuk Anda sendiri, ban yang sering dibiarkan kempes akan mudah retak pada pinggiran dan apabila terlalu keras akan membuat ban menjadi kurang bisa menyesuaikan medan seperti pada lubang jalan.

 

Selain itu tekanan angin yang tidak pas bisa mengancam keselamatan berkendara Anda dan mengurangi kenyamanan berkendara. 

 

2. Tidak Menggunakan Motor Dengan Kasar

Kendaraan hendaknya kita sayangi dan gunakan dengan semestinya, jangan mentang-mentang kendaraan menggunakan ban tubeless kita jadi menggunakannya dengan kasar.

 

Beberapa hal kasar yang sering terjadi adalah salah satunya menghajar setiap lobang jalan yang semestinya bisa kita hindari, jika lobang jalan bisa kita hindari atau lewati dengan pelan maka lakukanlah, jangan malah menghajarnya dengan kecepatan tinggi, selain tidak sehat untuk ban dan motor, hal ini juga membahayakan nyawa Anda.

 

Hal kasar lainnya adalah membawa beban yang berlebihan, beban yang berlebihan dapat membuat tekanan angin ban cepat berkurang dan membuat ban cepat tipis.

 

Demikian penjelasan singkat saya mengenai bagaimana cara merawat ban tubeless yang benar yang harus Anda agar ban tubeless awet dan baru diganti ketika umur pemakaian habis.

 

Sekian dan semoga bermanfaat.

 

Sumber referensi : Aufaproject46

 

 

 

Ikuti tulisan menarik Annn Mk1 lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler