x

Iklan

Admin KreativeUnit

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 1 Januari 2021

Senin, 4 Januari 2021 10:20 WIB

Tip Aman Memakai Software Zoom; Cara Mencegah Zoom Bombing

Sering Menggunakan Zoom Untuk Meeting? Perhatikan Hal Berikut Demi Keamanan dan Kenyamanan Meeting Anda.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Aplikasi panggilan video Zoom telah melihat banjir aktivitas baru-baru ini, karena orang-orang di seluruh dunia beralih ke pekerjaan jarak jauh, sekolah, dan bersosialisasi karena virus corona baru. Perwakilan Zoom mengatakan melalui email bahwa pada Desember 2019, Zoom melihat rata-rata 10 juta peserta rapat harian. Pada Maret 2020, jumlahnya 200 juta. Lebih banyak aktivitas berarti lebih banyak aktor jahat yang mencari kerentanan dan cara lain untuk mengeksploitasi aplikasi. Begitulah istilah Zoom-bombing muncul.

Dalam beberapa kasus pemboman Zoom, menurut laporan dari Inside Higher Education, siswa memanfaatkan fitur berbagi layar yang tidak dikunci oleh instruktur untuk memasang konten pornografi dan rasis untuk dilihat semua orang yang dipanggil. Dalam kasus ini dan kasus lain dari pengeboman Zoom, masalahnya bukanlah lubang teknis dalam keamanan.

Begini: Zoom memiliki beberapa fitur khusus yang membuat rapat lebih aman, dan fitur ini tidak diaktifkan secara default. Siapa pun yang menggunakan aplikasi untuk pertama kalinya dapat dengan mudah tidak mengetahui tentang fitur ini, sehingga rapat mereka rentan. Perusahaan mengakui dan mengatasi masalah dengan cepat, meluncurkan tombol Keamanan baru yang mudah dilihat dan memberi penyelenggara rapat akses yang lebih cepat ke alat yang mereka butuhkan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Cara terbaik untuk menghentikan pemboman Zoom adalah dengan mencegahnya sejak awal. Anda dapat melakukan ini dengan menggunakan opsi Keamanan baru selama panggilan aktif, tetapi juga sebelumnya dengan mengaktifkan atau menonaktifkan pengaturan yang benar. Mencegah pertempuran lebih baik daripada harus melawannya.

Tidak setiap pengaturan tersedia untuk pengguna Zoom gratis, dan jika demikian, ada catatan di bagian atas yang memberi tahu Anda. Selain mempertahankan kendali atas rapat Anda, berikut beberapa tip Zoom lainnya yang akan membantu Anda terlihat seperti seorang profesional.

 

1. Perbarui Aplikasi Zoom Anda


Jika Anda ingin melihat opsi Keamanan baru di bilah alat rapat saat Anda mengadakan rapat, Anda harus memperbarui aplikasi kami. Periksa dan instal pembaruan di semua perangkat tempat Anda menggunakan Zoom.

 

2. Gunakan ID dan Kata Sandi Unik untuk Panggilan


Saat Anda membuat akun Zoom, aplikasi memberi Anda Personal Meeting ID (PMI). Ini adalah kode numerik yang bisa Anda berikan kepada orang-orang saat Anda ingin bertemu dengan mereka. Namun, Anda memiliki opsi kedua, yaitu menghasilkan ID unik daripada menggunakan PMI Anda. Izinkan saya menjelaskan perbedaannya.

PMI berguna dalam keadaan tertentu. Sangat menyenangkan untuk pertemuan berulang dengan kelompok kecil, seperti pertemuan tim mingguan atau pertemuan satu lawan satu. Anda dapat menggunakannya berulang kali, dan tidak pernah kedaluwarsa, sehingga orang dapat bergabung tanpa harus memburu kode atau tautan masuk minggu ini. Itu selalu sama. Namun, begitu Anda memberikan PMI Anda, siapa pun yang memilikinya dapat mencoba mengikuti rapat Anda kapan saja. Jika seseorang tahu Anda akan rapat dan memiliki PMI Anda, maka sangat mudah bagi orang itu untuk menghentikannya.

ID unik berbeda setiap kali Anda menjadwalkan pertemuan baru. Hasilnya, ini secara inheren lebih aman.

Ada satu lapisan keamanan lagi yang dapat Anda tambahkan di sini, kata sandi. Sebelumnya, saat Anda menjadwalkan rapat Zoom, aplikasi akan menggunakan PMI Anda dan tanpa kata sandi secara default. Sekarang pengaturan tersebut ditukar. Standarnya adalah ID unik dengan kata sandi, yang dibuat oleh Zoom secara otomatis. Anda dapat mengubah kata sandi itu jika Anda mau. Anda juga dapat memilih untuk menambahkan kata sandi ke rapat PMI, dan dalam hal ini, Anda harus memilih kata sandi Anda sendiri, karena Zoom tidak akan membuatkan kata sandi untuk Anda. Setelah Anda menetapkan kata sandi untuk pertemuan PMI, semua pertemuan di masa depan akan membutuhkannya juga.

 

3. Buat Ruang Tunggu


Panggilan Zoom dapat memulai salah satu dari dua cara. Ini bisa dimulai saat orang pertama masuk ke panggilan, atau bisa dimulai ketika tuan rumah mengatakan itu harus dimulai. Untuk sekelompok kecil orang yang mengenal satu sama lain, biasanya ada orang yang login dan berbasa-basi sambil menunggu orang lain untuk bergabung. Obrolan bisa bermanfaat, terutama bagi pekerja jarak jauh dan teman sekelas yang tidak banyak bertemu satu sama lain. Untuk beberapa jenis panggilan, bagaimanapun, Anda mungkin tidak ingin membiarkan peserta mengobrol satu sama lain atau bahkan membiarkan panggilan dimulai secara resmi sampai Anda, sebagai tuan rumah, siap.

Dalam kasus kedua, solusinya adalah membuat Zoom Waiting Room . Saat peserta masuk ke panggilan, mereka melihat layar Ruang Tunggu yang dapat Anda sesuaikan. Mereka tidak dapat menerima panggilan sampai Anda, tuan rumah, mengizinkan mereka masuk. Anda dapat mengizinkan semua orang masuk sekaligus atau satu per satu, yang berarti jika Anda melihat nama yang tidak Anda kenali di Ruang Tunggu, Anda tidak tidak harus membiarkan mereka masuk sama sekali.

Tombol Keamanan baru memiliki opsi untuk mengaktifkan Ruang Tunggu setelah panggilan Anda dimulai. Membuat Ruang Tunggu, dalam hal ini, akan mencegah siapa pun muncul ke panggilan Anda secara tidak terduga.

 

4. Pastikan Hanya Penyelenggara Yang Dapat Berbagi Layar Mereka


Jangan biarkan siapa pun membajak layar selama panggilan Zoom. Untuk mencegahnya, pastikan pengaturan Anda menunjukkan bahwa satu-satunya orang yang diizinkan untuk berbagi layar mereka adalah tuan rumah.

Anda dapat mengaktifkan pengaturan ini sebelumnya serta selama panggilan.

Sebelumnya, buka portal web Zoom (bukan aplikasi desktop) dan dalam pengaturan, navigasikan ke Pribadi> Pengaturan> Dalam Rapat (Dasar) dan cari Berbagi layar. Centang opsi yang hanya dapat dibagikan oleh tuan rumah.

Selama panggilan, Anda dapat menggunakan tombol Keamanan untuk mengubah pengaturan. Anda juga dapat mengklik wortel yang menghadap ke atas di sebelah Bagikan Layar dan memilih Opsi Berbagi Lanjutan. Di sana, pilih untuk hanya membiarkan tuan rumah berbagi.

Saat berbagi layar atau gambar Anda, Zoom memiliki fitur hebat yang memungkinkan peserta menjelaskan apa yang mereka lihat. Untuk kolaborasi visual, itu luar biasa. Untuk peserta nakal, ini mungkin tampak seperti undangan untuk mengebom panggilan Anda. Anda dapat menonaktifkan fitur anotasi di bagian Dalam Rapat (Dasar) di akun web Anda.

 

5. Buat Rapat Khusus Undangan


Fitur ini hanya untuk akun Zoom berbayar.

Salah satu cara untuk membatasi siapa yang dapat bergabung dengan panggilan Zoom Anda adalah menjadikannya rapat khusus undangan. Itu berarti satu-satunya orang yang dapat bergabung dalam panggilan adalah mereka yang Anda undang, dan mereka harus masuk menggunakan alamat email yang sama dengan yang Anda gunakan untuk mengundang mereka. Ini memberi Anda lebih banyak jaminan bahwa orang-orang adalah seperti yang mereka katakan.

Ada beberapa cara untuk memberlakukan rapat khusus undangan , bergantung pada jenis akun yang Anda miliki. Panjang dan pendeknya adalah mencari opsi yang disebut Profil Otentikasi.

Setelah Anda mengaktifkan pengaturan itu, siapa pun yang mencoba untuk bergabung dengan rapat Anda akan melihat pemberitahuan di layar yang memberi tahu mereka bahwa rapat tersebut hanya untuk peserta yang berwenang.

 

6. Kunci Rapat Begitu Dimulai


Jika Anda memulai rapat dan semua orang yang ingin Anda ikuti memilikinya, Anda dapat mengunci rapat dari peserta baru. Saat rapat sedang berjalan, navigasikan ke bagian bawah layar dan klik Peserta. Panel Peserta akan terbuka. Di bagian bawah, pilih Lainnya> Kunci Rapat.

 

7. Keluarkan Seseorang atau Tahan Mereka

 

Terkadang peserta yang sulit diatur berhasil lolos dari celah. Sebagai penyelenggara rapat, Anda memiliki kekuatan untuk menendang seseorang keluar dari panggilan atau menahan mereka.

Untuk mengeluarkan seseorang: Saat panggilan berlangsung, buka panel Peserta di sebelah kanan. Arahkan kursor ke nama orang yang ingin Anda boot dan saat opsi muncul, pilih Hapus.

Secara default, tamu yang dikeluarkan tidak dapat bergabung kembali. Apa yang harus dilakukan jika Anda melakukan kesalahan? Anda dapat mengizinkan pihak yang di-boot untuk bergabung kembali. Aktifkan fitur ini dengan membuka portal web dan menavigasi ke Pengaturan> Rapat> Dalam Rapat (Dasar). Alihkan ke pengaturan yang disebut Izinkan peserta yang dihapus untuk bergabung kembali.

Atau, Anda dapat menahan seseorang. Selama panggilan, temukan thumbnail video orang yang ingin Anda tahan. Saya suka menganggapnya sebagai menempatkan seseorang dalam waktu istirahat. Klik pada gambar video mereka dan pilih Mulai Peserta Ditahan. Setelah mereka mempelajari pelajaran mereka, Anda dapat menekan Take Off Hold di panel Peserta.

 

8. Nonaktifkan Kamera Seseorang


Penyelenggara dapat mematikan kamera peserta mana pun. Jika seseorang bersikap kasar atau tidak pantas dalam video, atau videonya memiliki masalah teknis, penyelenggara dapat membuka panel Peserta dan mengklik ikon kamera video di sebelah nama orang tersebut.

 

9. Cegah GIF Animasi dan File Lain dalam Obrolan


Di area obrolan pada rapat Zoom, peserta dapat berbagi file, termasuk gambar dan GIF animasi — jika Anda mengizinkannya. Jika Anda lebih suka tidak, maka pastikan untuk menonaktifkan transfer file. Ini aktif secara default, jadi Anda harus menonaktifkannya secara aktif.

Untuk rapat Anda sendiri, buka Pengaturan di aplikasi web Zoom (bukan di aplikasi desktop). Di sisi kiri, buka Pribadi> Pengaturan. Kemudian klik Dalam Rapat (Dasar). Gulir ke bawah sedikit lebih jauh sampai Anda melihat Transfer File. Di situlah Anda dapat menonaktifkannya.

Administrator akun Zoom berbayar memiliki lebih banyak opsi tentang cara menonaktifkan transfer file untuk rapat atau grup tertentu .

 

10. Kelola Siapa yang Bisa Mengobrol


Jika Anda mengadakan panggilan Zoom dan telah mengundang orang asing untuk bergabung, seseorang di kerumunan Anda dapat melecehkan peserta lain dengan mengirimi mereka pesan pribadi. Atau orang bisa mulai berbicara di belakang Anda. Anda dapat mencegahnya dengan menonaktifkan obrolan pribadi. Jika Anda menonaktifkan obrolan pribadi, itu tidak memengaruhi obrolan publik, yang dapat dilihat dan diikuti oleh semua orang yang sedang menelepon.

Buka Pengaturan di aplikasi web Zoom (tidak ada di aplikasi desktop). Di sisi kiri, buka Pribadi> Pengaturan. Kemudian klik Dalam Rapat (Dasar). Gulir hingga Anda melihat Obrolan pribadi. Saat tombol berwarna abu-abu, itu dinonaktifkan.

Anda mungkin ingin mengelola obrolan dengan cara lain juga. Dari rapat aktif, klik ikon Obrolan di bilah alat di bagian bawah. Panel obrolan terbuka di sisi kanan. Di bagian bawah, klik tiga titik dan putuskan dengan siapa peserta dapat mengobrol: tidak ada, hanya tuan rumah, atau semua orang.

Gunakan Pengaturan Tambahan Ini untuk Rapat Besar
Tidak semua pengganggu Zoom adalah aktor jahat. Terkadang peserta melakukan kesalahan dan tidak menyadari bahwa anjing yang mengoceh atau anak yang menangis menyebabkan gangguan bagi orang lain. Atau seseorang mungkin secara tidak sengaja mengupload file yang tidak mereka maksud. Setiap kali Anda mengadakan rapat dengan lebih dari satu atau dua orang, ada beberapa pengaturan di Zoom yang harus Anda tinjau dan pelajari sebelum panggilan.

Bisukan peserta. Tahukah Anda bahwa tuan rumah dapat membisukan dan menyuarakan individu atau semua orang yang sedang menelepon? Saat panggilan berlangsung, klik Kelola Peserta di bagian bawah jendela Zoom. Panel Peserta terbuka, dan Anda dapat membisukan orang satu per satu dan menonaktifkan kamera mereka dengan mengeklik ikon mikrofon atau kamera di sebelah nama mereka. Opsi untuk menonaktifkan semua orang sekaligus ada di bagian bawah panel ini.

Bisukan saat masuk. Anda juga dapat membisukan semua orang secara otomatis saat mereka bergabung dengan panggilan. Sebelum panggilan dimulai, buka portal web dan arahkan ke Pengaturan> Rapat dan pilih rapat. Di bagian bawah layar, klik untuk Mengedit rapat. Cari Opsi Rapat dan centang kotak di samping Bisukan peserta saat masuk.

Jika Anda tidak menyiapkannya sebelumnya, Anda masih dapat menonaktifkan suara orang saat masuk saat Anda memulai rapat. Di panel yang sama yang ditunjukkan di atas, cari opsi Lainnya. Klik dan pilih Nonaktifkan peserta saat masuk. Anda juga akan melihat opsi di sini untuk memungkinkan peserta menyuarakan dirinya sendiri. Itu adalah pengaturan yang berguna jika Anda ingin orang dapat berbicara atau mengajukan pertanyaan pada waktu yang tepat.

 

 

 

Ikuti tulisan menarik Admin KreativeUnit lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu