x

Iklan

Ash Aura

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 19 April 2021

Rabu, 4 Agustus 2021 06:51 WIB

Apa Itu SSL dan Mengapa Harus Menggunakannya [Terlengkap]

Meskipun ada ratusan cara untuk meningkatkan keamanan situs web Anda, ada hal mendasar yang dapat Anda lakukan untuk meletakkan dasar platform yang aman: mendapatkan sertifikat SSL.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Ketika serangan jahat menjadi lebih luas, agresif dan maju, keamanan menjadi lebih penting dari sebelumnya. Meskipun ada ratusan cara untuk meningkatkan keamanan situs web Anda, ada hal mendasar yang dapat Anda lakukan untuk meletakkan dasar platform yang aman: mendapatkan sertifikat SSL.

Apa Itu SSL?

Pertama, apa singkatan dari SSL? SSL adalah kependekan dari secure socket layer, yang, dalam istilah praktis, berarti sertifikasi menyediakan koneksi aman melalui internet – paling umum antara browser pengguna dan situs web yang mereka kunjungi. Dengan mengenkripsi koneksi itu, SSL mencegah intersepsi data yang dikirimkan melaluinya, yang memberikan manfaat tambahan.

Apa yang dilakukan sertifikat SSL?

Saat Anda mulai lebih memahami cara kerja SSL, Anda akan menyadari betapa bermanfaatnya sertifikasi bagi situs Anda. Pertama dan terpenting, sertifikat SSL bertindak sebagai konfirmasi visual kepada pengguna bahwa situs web Anda adalah lingkungan yang aman dan terlindungi, dengan enkripsi untuk mencegah serangan. Ini sangat penting jika Anda menawarkan proses transaksional yang mengharuskan pengguna memasukkan informasi pribadi dan pembayaran. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Demikian pula, memastikan situs web Anda bersertifikat SSL membantu membangun kepercayaan dengan pengguna, yang akan segera mengenali lebih banyak legitimasi dalam penawaran Anda daripada situs tanpa sertifikat tersebut.

Bagaimana saya tahu jika saya menggunakan SSL?

Jika Anda mengunjungi situs web yang memiliki sertifikat SSL yang valid, akan ada dua indikator yang jelas. Anda akan melihat ikon gembok di bilah alamat sebelum URL situs.

Dan URL lengkap halaman akan berisi huruf 'https://' di awal, bukan 'http://'.

Cara mendapatkan sertifikat SSL

Mengetahui cara mendapatkan verifikasi sertifikat SSL penting untuk mendapatkan kepercayaan dari pengguna Anda. Untuk mendapatkan sertifikat SSL untuk domain Anda, praktik umum adalah mendaftar melalui otoritas sertifikat independen (CA). Karena CA adalah pihak ketiga, tanda tangan digital mereka dianggap dapat dipercaya. Setelah Anda menerima sertifikat dari CA, Anda harus menerapkannya ke situs web Anda melalui server Anda. Biasanya, host situs web Anda akan menangani aktivasi, setelah itu pengguna akan dapat memuat situs Anda dengan aman.

5 Manfaat SSL

Berikut beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan apabila menggunakan SSL di website Anda.

Melindungi data Anda dan pengguna Anda

Manfaat utama memiliki sertifikat SSL di situs Anda. Dengan mengenkripsi data yang ditransfer ke dan dari situs dengan enkripsi 256-bit, ini melindunginya agar tidak dibaca oleh siapa pun yang jahat yang mencoba mendapatkan akses. Bahkan jika ada pelanggaran data dan beberapa data disadap, hampir tidak mungkin untuk dipahami karena tingkat enkripsi yang terlibat. Pengunjung Anda dapat merasa aman karena mengetahui bahwa data mereka ada di tangan yang tepat.

Kurangi risiko phishing

Indikator visual yang kami sebutkan di atas juga merupakan kunci untuk mencegah phishing. Jika Anda tidak terbiasa, situs web phishing adalah situs penipuan yang dibuat oleh mereka yang bertujuan untuk mencuri data pengguna. Mereka sering kali merupakan replika situs web yang sah yang sangat meyakinkan, dan mencoba mengelabui pengunjung agar memasukkan informasi pribadi mereka.

Sertifikat SSL yang valid di situs web Anda adalah cara yang jelas untuk menunjukkan bahwa Anda adalah yang sebenarnya, yang dapat membantu pengunjung Anda menghindari serangan phishing.

Tingkatkan peringkat mesin pencari Anda

Seberapa tinggi peringkat situs web dalam hasil mesin pencari adalah kunci keberhasilannya. Pada tahun 2014, Google mengumumkan bahwa mereka akan mulai memasukkan SSL dan HTTPS sebagai faktor dalam peringkat pencariannya. 

Dengan begitu banyak situs web yang menggunakan SSL, kenyataannya tanpa sertifikat yang valid, sebuah situs web sangat kecil kemungkinannya untuk mendapat peringkat tinggi (atau sama sekali). Google secara nyata mendukung dan mendukung penggunaan sertifikat SSL untuk mengamankan situs web Anda.

Amankan pembayaran pelanggan Anda

Enkripsi yang kita bicarakan di poin dua juga jelas berlaku untuk data pembayaran. Saat pelanggan Anda mengirimkan detail kartu mereka ke situs Anda, memiliki HTTPS di bilah alamat menunjukkan bahwa Anda mengenkripsi dan melindungi detail tersebut. 

Faktanya, peraturan PCI (Industri Kartu Pembayaran) memerlukan setidaknya enkripsi 128-bit pada setiap data pembayaran yang dikirimkan, jadi jika Anda menerima pembayaran dari pelanggan, memiliki sertifikat SSL adalah minimal.

Menunjukkan kepada pengguna Anda bahwa Anda dapat dipercaya

Kami telah mengatakannya: di atas semua poin teknis tersebut, manfaat besar memiliki sertifikat SSL adalah pelanggan Anda tahu bahwa mereka dapat mempercayai Anda. Bagi mereka yang sering menggunakan web, memiliki ikon gembok di sebelah URL Anda akan memberi Anda legitimasi.

Ikuti tulisan menarik Ash Aura lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Penumbra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Penumbra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu