x

Iklan

Ash Aura

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 19 April 2021

Kamis, 21 Oktober 2021 17:14 WIB

Pengertian dan Kelebihan Virtualisasi

Virtualisasi telah meningkat dalam prevalensi selama beberapa tahun sebelumnya karena kapasitasnya untuk memberikan organisasi jawaban yang sesuai untuk memperluas profitabilitas sambil mengurangi biaya dasar IT.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Virtualisasi telah meningkat dalam prevalensi selama beberapa tahun sebelumnya karena kapasitasnya untuk memberikan organisasi jawaban yang sesuai untuk memperluas profitabilitas sambil mengurangi biaya dasar IT.

Manfaat utama dari virtualisasi menggabungkan pekerjaan pada manajemen pusat data, menghilangkan atau meminimalkan waktu henti, mengurangi biaya operasional dan modal, penyediaan sumber daya dan aplikasi yang lebih cepat, dan sebagainya. Dengan beralih ke virtualisasi, organisasi memiliki opsi untuk mengontrol beban kerja server sambil mengurangi pemanfaatan energi dan kerangka kerja IT.

Apa Itu Virtualisasi?

Virtualisasi menggunakan perangkat lunak untuk membuat lapisan refleksi di atas perangkat keras yang sebenarnya. Dalam melakukan itu, ia membuat metode proses virtual yang dikenal sebagai VM (Mesin Virtual). Hal ini memungkinkan asosiasi untuk menjalankan banyak PC virtual, aplikasi, dan sistem operasi pada server tunggal yang sebenarnya. Pada dasarnya, ini adalah pemanfaatan yang lebih produktif dari perangkat keras komputer yang sebenarnya; dengan demikian, memberikan keuntungan yang lebih menonjol dari spekulasi organisasi. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Virtualisasi dicirikan oleh teknik yang digunakan untuk memungkinkan kerangka kerja tunggal untuk menjalankan fondasi yang berbeda secara bersamaan. Strategi ini dapat diterapkan pada server, proses penyimpanan, dan infrastruktur jaringan dan mengkonsolidasikan sumber daya ke dalam satu unit, yang dibatasi oleh antarmuka fokus.

Manfaat Virtualisasi

Berikut adalah sebagian dari 5 manfaat utama virtualisasi dalam cloud computing yang dapat ditawarkan kepada perusahaan maupun organisasi:

Waktu Pemulihan Cepat

Manfaat virtualisasi dalam pemulihan bencana adalah untuk mempertimbangkan pemulihan sumber daya IT yang lebih cepat yang mengakomodasi peningkatan pendapatan dan kelangsungan bisnis. Sistem yang lebih berpengalaman tidak siap untuk pemulihan dalam beberapa jam, dan pada umumnya, perusahaan mengalami waktu henti yang lebih lama, yang menyebabkan kerugian pendapatan.

Lebih Ramah Lingkungan

Ketika Anda dapat menghilangkan jumlah server yang Anda gunakan, itu akan menyebabkan penurunan jumlah daya yang dikonsumsi. Dua manfaat hijau dari virtualisasi ini adalah mengurangi kesan karbon pada pusat data dan mengurangi biaya untuk bisnis. Uang itu dapat diinvestasikan kembali di tempat lain.

Proses Bisnis Lebih Cepat

Manfaat lain dari virtualisasi adalah bahwa dunia bisnis berubah dengan cepat, dan organisasi harus memiliki pilihan untuk bereaksi dengan cara yang sama. Daripada rencana organisasi biasa, yang memerlukan pengaturan untuk pemasangan dan pembelian perangkat keras, virtualisasi memungkinkan organisasi untuk menskalakan dengan cepat, termasuk permintaan server virtual baru. Selain itu, lebih mudah untuk mengubah cara alokasi sumber daya virtual, memungkinkan organisasi untuk memindahkan metodologi dengan cepat.

Manajemen IT yang Lebih Mudah

Manfaat teknologi virtualisasi adalah bahwa sektor IT menghemat sebagian besar pekerjaan penyediaan dan pemeliharaan melelahkan yang dibutuhkan server sebenarnya. Karenanya VMware Indonesia dapat menjadi salah pilihan server virtual yang dibutuhkan.

Skalabilitas yang Lebih Baik

Manfaat lain dari virtualisasi adalah bahwa kondisi virtual dimaksudkan untuk menjadi serbaguna, yang mempertimbangkan kemampuan beradaptasi yang lebih besar mengenai pengembangan organisasi. Daripada membeli komponen infrastruktur tambahan, peningkatan dan aplikasi baru dapat dijalankan dengan virtualisasi tanpa banyak kesulitan.

Ikuti tulisan menarik Ash Aura lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler