Dampak Revolusi Industri Pada Distribusi Mesin di Indonesia - Analisis - www.indonesiana.id
x

Mohamad Fathul Fahmi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 17 September 2021

Jumat, 17 September 2021 13:06 WIB

  • Analisis
  • Topik Utama
  • Dampak Revolusi Industri Pada Distribusi Mesin di Indonesia

    Revolusi industri 4.0 kemunculannya sudah tidak bisa dihindari. Kemunculan dari revolusi ini juga berdampak pada pemasaran dari distribusi mesin di indonesia. Perubahan-perubahan yang terjadi ini merupakan akibat ataupun adaptasi dari adanya perkembangan pada dunia industri.

    Dibaca : 341 kali

    Dukung penulis indonesiana

    Revolusi industri 4.0 kemunculannya sudah tidak bisa dihindari. Kemunculan dari revolusi ini juga berdampak pada pemasaran dari para distributor mesin Indonesia. Perubahan-perubahan yang terjadi ini merupakan akibat ataupun adaptasi dari adanya perkembangan pada dunia industri.

    Berikut ini adalah beberapa jenis perubahan yang terjadi pada pendistribusian mesin di indonesia yang merupakan akibat dari Revolusi Industri 4.0 :

    1. Strategi Utama Pemasaran Mesin Sekarang Berfokus Pada Pemasaran Digital

    Pemasaran digital Pada masa revolusi industri 1, 2, maupun 3 masih digunakan sebagai alat maupun strategi pendukungnya saja. Nah, berkebalikan dari hal ini justru pada revolusi 4.0 revolusi industri, pemasaran digital dijadikan sebagai strategi utama dari para perusahaan penjualan mesin.

    Revolusi 4.0 ini juga menjadikan kehidupan manusia berubah drastis. Pada jaman dahulu, internet hanya digunakan sebagai alat untuk berkomunikasi saja. Kini, pada masa industri 4.0 internet sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia mulai dari komunikasi, belajar, hiburan, dan sebagainya.

    Revolusi industri 4.0 ini mengakibatkan perubahan-perubahan seperti perilaku para konsumen yang menjadikan juga adanya perubahan pada dunia pendistribusian mesin industri.

    2. Pemasaran digital membuat para perusahaan manufaktur dapat menjangkau end user produknya dengan langsung

    Proses pendistribusian mesin yang jaman dahulu sangat panjang, dan pada jaman sekarang sudah menjadi pendek dengan menggunakan pemasaran digital. Kini, semakin banyak perusahaan manufaktur di dunia yang membuka toko online sendiri atau dengan menggunakan situs e-commerce.

    Penggunaan e-commerce ini dapat memperpendek proses pendistribusian mesin dalam menjangkau end user mereka melalui pemasaran digital yang membuat kedua belah pihak saling mendapat keuntungan. Hal ini karena perusahaan menufaktur dapat mengurangi biaya dan waktu distribusi produk, sehingga akhirnya bisa meningkatkan profit mereka. Disisi lain, end user bisa merasakan produknya dengan lebih murah dan cepat.

    3. Adanya Potensi Tumbuhnya Penjualan yang Dapat Meningkat

    Potensi tumbuhnya penjualan bisa dapat meningkat pada dunia industri bisa meningkat dapat diraih dengan pemanfaatan pemasaran digital. Karena pemasaran digital dapat menjangkau seluruh pasar global secara mudah, efektif, dan efesien.

    Penjualan dan profit dapat meningkat karena pada saat ini kemudahan dalam pemasaran produk industri manufaktur dapat dengan mudah menjangkau end usernya.

    Kalau pada dahulu revolusi industri 1, 2, maupun 3 pendapatan dari sebuah penjualan sangat bergantung pada mata rantai distribusi mesin yang kompleks dan berbiaya tinggi. Kini dengan adanya revolusi industri 4.0 dapat semakin mudah.

    4. Data dari para End User sekarang menjadi sangat penting

    Dalam revolusi 4.0 data dari pada end user sekarang menjadi penting dan sangat mudah didapatkan oleh para pelaku industri, entah itu pengadaan bahan baku dari para supplier, pada saat produksi, sampai kepada produk kepada end user.

     

    Itulah beberapa jenis perubahan pada pendistribusian mesin industri yang disebabkan akibat adanya revolusi industri 4.0. Semoga dengan adanya hal ini dapat membuat kemajuan dalam dunia industri baik untuk para pengusaha dan para end user juga.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.