Pemanfaatan Media Sosial untuk Pembelajaran di Universitas Aisyiyah Yogyakarta di Masa Pandemi Covid-19 - Analisis - www.indonesiana.id
x

KAMPUS UNIVERSITAS AISYIYAH YOGYAKRTA

Endah Dwi Kusuma

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 5 hari lalu

4 hari lalu

  • Analisis
  • Topik Utama
  • Pemanfaatan Media Sosial untuk Pembelajaran di Universitas Aisyiyah Yogyakarta di Masa Pandemi Covid-19

    Universitas Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) telah memanfaatkan media sosial dengan sebaik-baiknya. Mempunyai berbagai web yang bisa diakses sebagai media pembelajaran daring mahasiswa Unisa di masa pandemi Covid-19.

    Dibaca : 238 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Pandemi adalah sebuah epidemi yang telah menyebar ke berbagai benua dan negara. Sudah 2 tahun terakhir ini sejak tahun 2020 kita berada di dalam lingkaran berbahaya ini. Menyebabkan angka kematian di dunia ini terus meningkat.

    Maka dari itu, kita harus tetap mematuhi atau menerapkan protokol kesehatan. Tujuan dari menerapkannya protokol kesehatan ini adalah untuk memutuskan rantai penyebaran Covid-19 yang ada di dunia ini. Kita juga harus tetap menjaga kesehatan dengan memakan makanan yang sehat dan bergizi, meminum vitamin, berolahraga, tetap bahagia, jangan stres, dan tidur yang cukup. Agar kita tidak terkena virus ataupun menyebarkan virus Covid-19. "Kesehatan dan keceriaan adalah saudara." - William Hardcastle Browne.

    Sudah banyak sekali kita mengalami berbagai perubahan yang drastis semenjak adanya pandemi Covid-19. Salah satu perubahan yang kita dapat sekarang adalah di dalam dunia akademis. Pembelajaran yang seharusnya kita dapatkan dengan bertatap muka di kampus, kini terpaksa harus kita lakukan di rumah masing-masing. Atau biasa kita katakan dengan belajar daring.

    Zaman sekarang sudah semakin maju. Kemajuan teknologi pun terus meningkat. Kita bisa memanfaatkan media sosial sebagai media pembelajaran dengan sebaik-baiknya dan sebijak-bijaknya. Menggunakan Google, Facebook, WhatsApp, Instagram, Telegram, Web E-Learning, Zoom, Google Meet dan banyak lagi media sosial yang bisa kita manfaatkan.

    Dengan menggunakan WhatsApp, kita akan bisa bertukar pesan dan panggilan yang sederhana. Kita juga akan lebih banyak mendapatkan informasi didalam grup dan bisa juga dari personal. Bisa juga menggunakan media zoom, tidak hanya sekedar tulisan, tetapi bisa kita beratatap muka secara virtual. Bisa juga melakukan presentasi di media zoom tersebut. Memudahkan mahasiswa dan dosen dalam proses pembelajaran.

    Universitas Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) telah mempunya E-Learning tersendiri. Didalam web tersebut kita akan mendapatkan berbagai manfaat :

    1. Mendapatkan banyak materi yang telah dosen kirim di web, baik berupa tulisan maupun vidio.
    2. Dapat mengirim tugas dengan lebih mudah di tempat yang telah di sediakan.
    3. Dapat berdiskusi di dalam forum

    Universitas Aisyiyah Yogyakarta ( UNISA ) juga mempunyai web simptt-mahasiswa sebagai tempat mahasiswa untuk melihat jadwal perkuliahan yang akan mereka jalani. Seperti e-learning, simptt-mahasiswa unisa juga menyediakan berbagai program yang dapat kita akses yaitu, jadwal perkuliahan, rekap kehadiran mahasiswa, akademik, keuangan, dan masih banyak sekali yang dapat kita akses tentang perkuliahan di simptt tersebut.

    Untuk login ke dalam web e-learning dan simptt-mahasiswa unisa, cukup menggunakan nim dan password yang kita dapat di universitas. Setelah itu kita bisa bebas mengakses tentang perkuliahan di web tersebut.

    Universitas Aisyiyah Yogyakarta telah memanfaatkan media sosial dengan baik. Mempermudah mahasiswa selama pembelajaran daring dimasa pandemi Covid-19 ini. Mahasiswa tidak perlu pusing atau bingung lagi dalam pembelajaran secara daring.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.