x

Potret pekerja di PT IMIP. Sumber foto: liputan6.com

Iklan

Sri Kunthhi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 Agustus 2020

Kamis, 27 Januari 2022 11:02 WIB

Dampak Positif Kawasan Industri Morowali, Kerek Pertumbuhan Ekonomi

Berkat pemerataan ekonomi lewat industri, daerah Morowali bisa terbantu dalam pertumbuhan ekonominya yang terus meningkat dari tahun ke tahun. PDRB Morowali meningkat 8,7% dari tahun 2019 ke 2020. Diketahui, PDRB Morowali di tahun 2019 berada di angka 20,2%  lalu meningkat menjadi 28,9% di tahun 2020.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Bukan tanpa alasan pemerintah gencar melakukan pembangunan merata di seluruh Indonesia termasuk di luar Pulau Jawa. Pembangunan merata salah satunya juga diwujudkan dengan kawasan industri yang kini sudah beroperasi di luar Pulau Jawa seperti salah satunya Kawasan Industri Morowali atau PT IMIP (Indonesia Morowali Industrial Park) di Morowali Sulawesi Tengah.

Keberadaan sektor industri di daerah terutama di daerah luar Pulau Jawa diharapkan bisa membantu kemerataan ekonomi di seluruh Indonesia. Dan kini, telah terlihat hasilnya. Berkat pemerataan ekonomi lewat industri, daerah Morowali bisa terbantu dalam pertumbuhan ekonominya yang terus meningkat dari tahun ke tahun.

Berdasarkan data BPS, PDRB Morowali meningkat 8,7% dari tahun 2019 ke 2020. Diketahui, PDRB Morowali di tahun 2019 berada di angka 20,2%  lalu meningkat menjadi 28,9% di tahun 2020.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dan sektor industri pertambangan dan penggalian yaitu PT IMIP juga menjadi sektor usaha yang paling banyak memberikan sumbangan PDRB kepada daerah Morowali.

Melansir dari data BPS tentang jabaran PDRB Morowali, ada tiga sektor usaha yang jadi penyumbang terbesar di PDRB Morowali pada tahun 2020, yaitu industri pengolahan (69.98%), pertambangan dan penggalian (18.33%) serta konstruksi (5%).

Selain itu ada juga tiga sektor usaha dengan laju pertumbuhan PDRB terbesar yaitu industri dan pengolahan (35,72%), pertambangan dan penggalian (34,40%) dan jasa keuangan dan asuransi 13,23%.

Peningkatan PDRB menurut Koordinator Fungsi Neraca Wilayah dan Analisis Statistik Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Morowali, Herbowo, sangat berdampak pada pertumbuhan ekonomi di Morowali.

“Adanya perusahaan pertambangan, khususnya PT IMIP, itu sangat memberi dampak, utamanya di bidang ekonomi. Apalagi pada tahun 2020, dimana banyak daerah yang ekonominya terdampak pandemi Covid-19. Sehingga ekonominya merosot drastis, namun Morowali mampu surplus pada tahun itu,” terang Herbowo, Selasa (25/1/2022).

Bahkan di masa pandemi, pertumbuhan ekonomi Morowali malah semakin melejit, tidak pernah merosot, “Ia tidak pernah merosot, yang ada naik tumbuh dan naik tumbuh itu saja,” beber Herbowo.

Dan ini semua berkat peran besar sektor industri yaitu PT IMIP di wilayah tersebut. Bahkan Herbowo lebih lanjut menyebutkan bahwa pertumbuhan Morowali menjadi yang paling tinggi di indonesia pada tahun 2020. 

“Morowali paling tinggi pertumbuhannya di tahun 2020, bahkan se-Indonesia, kalau dicari bisa nomor satu atau nomor 2,” tandas Herbowo.

Ikuti tulisan menarik Sri Kunthhi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler