x

Iklan

Robby abdul Ajis

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 1 Juli 2022

Sabtu, 2 Juli 2022 08:58 WIB

Filosofi di Balik Logo Gojek dalam Pandangan Semiotika

Pembicaraan tentang semiotika akan sangat menarik karena, dalam kenyataannya, bidang tersebut tidak terbatas pada satu disiplin tertentu . Pada dasamya, semiotika adalah ilmu tentang tanda . Dalam contoh kehidupan sehari-hari, seseorang dapat diketahui sedang mempunyai perasaan tertentu, misalnya, dari gerak-gerak tubuh dan ekspresi wajahnya. Seseorang yang sedang gembira akan menunjukkan wajah yang ceria, mata yang berbinar, dan jika sangat intens, akan berbicara amat cepat. Sebaliknya, pada saat seseorang sedang merasa sedih, wajahnya, mimiknya, dan gerak tubuhnya akan menunjukkan gejala yang lebih lamban, muram, dan mungkin diam .

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

 

Dalam Pembicaraan tentang semiotika akan sangat menarik karena, dalam kenyataannya, bidang tersebut tidak terbatas pada satu disiplin tertentu . Pada dasamya, semiotika adalah ilmu tentang tanda . Dalam contoh kehidupan sehari-hari, seseorang dapat diketahui sedang mempunyai perasaan tertentu, misalnya, dari gerak-gerak tubuh dan ekspresi wajahnya. Seseorang yang sedang gembira akan menunjukkan wajah yang ceria, mata yang berbinar, dan jika sangat intens, akan berbicara amat cepat. Sebaliknya, pada saat seseorang sedang merasa sedih, wajahnya, mimiknya, dan gerak tubuhnya akan menunjukkan gejala yang lebih lamban, muram, dan mungkin diam .

Di dalam sebuah posting blog, Gojek menerangkan bahwa logo anyar tersebut merupakan simbol dari berbagai solusi yang disediakan oleh layanannya. Nama Solv sendiri diambil dari kata bahasa Inggris “Solve” yang berarti memecahkan masalah. Logo baru lambangkan kekuatan ekosistem Gojek sekaligus apresiasi kepada pengguna dan mitra Nadiem Makarim, Founder dan CEO Gojek Grup mengatakan, “Kehadiran logo baru ini diilhami oleh perjalanan Gojek yang telah berhasil menjadi platform teknologi terdepan di Asia Tenggara. Logo baru ini melambangkan alasan utama hadirnya Gojek, yaitu memecahkan masalah melalui teknologi.”

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

“Logo ini melambangkan satu tombol untuk semua. Di lain pihak, lingkaran di logo baru ini mewakili ekosistem Gojek yang semakin solid memberikan manfaat untuk semua. Logo ini mewakili semangat kami untuk selalu menawarkan cara pintar dalam mengatasi tantangan yang dihadapi para pengguna untuk hidup yang lebih mudah bagi konsumen, untuk akses pendapatan tambahan yang lebih luas bagi mitra, untuk peluang pertumbuhan bisnis yang pesat bagi para merchant, dan masih banyak lagi. Dengan Gojek #PastiAdaJalan, itu intinya,” kata Nadiem.

Selain itu, logo baru ini tetap menempatkan mitra di posisi istimewa. Sebagai contoh, jika diperhatikan, logo ini menyerupai ikon driver yang terdapat di fitur layanan GoRide di aplikasi Gojek.

Pesan yang disampaikan dapat menghasilkan banyak makna tergantung dari perspektif penerima pesan tersebut. Hal ini menjadi daya tarik bagi penulis untuk mengangkat topik artikel ini tentang analisis semiotika logo gojek. Sumber referensi yang digunakan oleh penulis adalah dari artikel jurnal, buku, dan materi presentasi dengan metode analisis semiotika pierce.

Berdasarkan analisa penulis diambil kesimpulan bahwa logo gojek tersebut diungkapkan langsung oleh CEO Tokopedia William Tanuwijaya dalam sebuah unggahan di akun Facebook miliknya. Menurut William, nama GoTo adalah singkatan dari “Gojek” dan “Tokopedia”, sekaligus melambangkan semangat gotong royong yang melandasi penggabungan keduanya.

Ikuti tulisan menarik Robby abdul Ajis lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Sabtu, 27 April 2024 14:25 WIB

Bingkai Kehidupan

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Sabtu, 27 April 2024 06:23 WIB

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Sabtu, 27 April 2024 14:25 WIB

Bingkai Kehidupan

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Sabtu, 27 April 2024 06:23 WIB