Partisipasi Kelompok 81 KKN Kolaborasi dalam Program Kesehatan di Desa Klompongan - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

kkn81 desaklompangan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 1 Agustus 2022

Rabu, 10 Agustus 2022 06:26 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • Partisipasi Kelompok 81 KKN Kolaborasi dalam Program Kesehatan di Desa Klompongan

    Peningkatan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat melalui program kesehatan bersama Kelompok 81 KKN Kolaborasi

    Dibaca : 462 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Selasa, 09 Agustus 2022 │Desa Klompangan, Jember– Mewujudkan peningkatan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat merupakan tujuan utama desa terhadap masyarakatnya. Salah satu cara dalam mewujudkan tujuan ini adalah melalui pengadaan program-program kesehatan desa. Begitupun yang terjadi di Desa Klompangan, yang telah menyusun program-program kesehatan dengan sasaran mulai dari balita hingga lansia.

    Melihat pentingnya kesehatan untuk masyarakat, Kelompok 81 KKN kolaborasi yang terdiri dari mahasiswa Universitas Jember, Universitas Islam Jember, Universitas Dr. Soebandi, dan Akademi Farmasi ikut berpartisipasi dalam menyukseskan tujuan desa dengan membantu dan menyusun program kesehatan yang ditujukan ke masyarakat. Salah satu bentuk partisipasi Kelompok 81 KKN kolaborasi adalah dengan ikut andil dalam kegiatan sosialisasi kepada ibu ibu warga Desa Klompangan yang tergabung kedalam Kader Posyandu.

    Kader posyandu yang merupakan anggota masyarakat yang dipilih dari dan oleh masyarakat, mau dan mampu bekerja bersama dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan secara sukarela dilatih untuk menangani masalah-masalah kesehatan perorangan maupun pelayanan posyandu secara rutin. Kegiatan yang diadakan pada (03/08/2022) berfokus pada permasalahan stunting yang terjadi pada balita dengan memperhatikan 3T, sosialisasi pentingnya imunisasi bagi anak, dan Gerakan masyarakat cerdas menggunakan obat.

    Banyak orang tua menganggap setelah imunisasi dapat menyebabkan anak sakit seperti panas sehingga banyak dihindari apabila terdapat imunisasi di puskesmas. Pada sosialisasi dijelaskan bahwa hal tersebut merupakan bentuk adaptasi tubuh. Tugas kader posyandu adalah memberikan pemahaman terkait hal tersebut kepada warga sekitar.

     

    Sosialisasi kader posyandu

    “Biasanya untuk mengajak masyarakat untuk imunisasi anak mereka kami mengatakan bahwa akan ada pemberian vitamin dan makanan. Karena jika ngomong imunisasi pasti sedikit yang datang,” tutur Bu Nina salah satu kader posyandu.

    Program lain yang ada di Desa Klompangan adalah Kelompok 81 KKN kolaborasi bekerja sama dengan POSBINDU dengan melakukan pendataan warga terkait tekanan darah, gula darah, dan kolestrol. Kegiatan ini dilaksanakan pada (05/08/2022) disalah satu rumah warga yang tergabung dalam anggota POSBINDU. Bukan hanya melakukan pendataan namun setelah di cek kondisi kesehatannya warga akan diberikan sosialisasi tentang gaya hidup sehat bahkan warga diberikan kesempatan untuk berkonsultasi terhadap kondisi kesehatan masing masing.

    Kerja sama dengan POSBINDU

    “Kegiatan pendataan ini ditujukan untuk proses pendataan warga klompangan khususnya di Dusun Pondok Labu,” ujar Bu Alfi selaku ketua program pendataan POSBINDU.

    Kegiatan terakhir yang direncanakan oleh Kelompok 81 KKN Kolaborasi adalah pengadaan sosialisasi vaksin covid-19 di Dusun Pondok Labu. Kegiatan ini dimeriahkan dengan diadakannya lomba menggambar anak. Disaat para anak berfokus dalam menuangkan kreativitasnya di atas kertas gambar, orang tua yang menemani anak mereka akan dibawa ke ruangan terpisah untuk diberikan sosialisasi terkait vaksin covid-19. Salah satu orang tua yang menemani anaknya lomba menggambar mengatakan bahwa warga akan sangat senang dengan model program seperti ini yang berisi bukan hanya sosialisasi tapi juga hiburan.

    Sosialisasi vaksin covid-19 diwarnai lomba mewarnai anak

    “Warga sangat welcome, mas, terkait program-program yang dibawa oleh mahasiswa apalagi jika sampai masuk secara langsung ke dusun-dusun.” kata Pak Bambang dalam wawancara singkat bersama Kelompok 81 KKN Kolaborasi (07/08/2022).

    Pak Bambang juga berharap bahwa pemerintah akan mengadakan sosialisasi hidup sehat seperti sosialisasi pentingnya membuang sampah pada tempatnya dan pentingnya menjaga kebersihan sungai.

    Ikuti tulisan menarik kkn81 desaklompangan lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.











    Oleh: Chandra Dio

    3 hari lalu

    PT Setia Manggala Abadi Hadir di Acara PIT PAPDI Bogor XI

    Dibaca : 110 kali

    PT. Setia Manggala Abadi turut hadir dan meramaikan acara Pertemuan Ilmiah Tahunan XI Perhimpunan Penyakit Dalam (PAPDI) Cabang Bogor pada 24 – 25 September 2022. Berlokasi di IPB International Convention Center, Botani Square Mall, Bogor Jawa Barat. Dilansir dari dokumen Final Announcement PIT PAPDI Bogor 2022, Kegiatan ini merupakan komitmen PAPDI untuk memberikan informasi terkini sehingga diharapkan meningkatkan profesionalisme para dokter dalam menangani berbagai kasus di bidang penyakit dalam Kegiatan PIT PAPDI Bogor XI ini di ketuai oleh oleh dr. Erwindo R, SpPD, K-GH, M.Kes, FINASIM dan mengusung tema Holistic Management Of Internal Medicine In New Era. Adapun beberapa kegiatan di dalam acara ini seperti Simposium, Diskusi Kasus Menarik, Workshop, Pameran Alat Kesehatan dan masih banyak lagi. Kegiatan ini tentunya di manfaatkan sebaik mungkin oleh PT. Setia Manggala Abadi selaku penyedia Alat USG dengan merk SOGATA untuk terus memperkenalkan produk andalannya pada sesi pameran alat-alat kesehatan. Booth PT. Setia Manggala Abadi terletak di Booth nomor 23 yang letaknya tidak jauh dari pintu utama registrasi. Penasaran kan dengan produk apasaja yang di pamerkan dari PT. Setia Manggala Abadi? Silakan datang langsung ke acara PIT PAPDI Bogor XI dan kunjungi Booth nomor 23 milik PT. Setia Manggala Abadi. PT. Setia Manggala Abadi juga telah menyiapkan promo khusus yang hanya berlaku di acara PIT PAPDI Bogor XI, yuk ramaikan dan sukseskan acara ini Teman SOGATA. Sampai bertemu di Booth PT. Setia Manggala Abadi.