x

Iklan

kkn81 desaklompangan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 1 Agustus 2022

Jumat, 19 Agustus 2022 14:45 WIB

DTKS Kelompok 81: Optimalisasi Daya Kesejahteraan Sosial Melalui Verval

Verifikasi dan validasi data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) oleh kelompok 81

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Selasa, 16 Agustus 2022 │ DESA KLOMPANGAN – Salah satu tugas mahasiswa KKN kolaboratif yang terdiri dari 13 PT se-Jember yang diterjunkan adalah untuk membantu pemerintah dalam pendataan terkait kesejahteraan sosial. Pendataan kesejahteraan sosial yang dilaksanakan oleh Mahasiswa KKN Kolaboratif kelompok 81, yang terdiri dari mahasiswa Universitas Jember, Universitas Islam Jember, Universitas dr.Soebandi, dan Akademi Farmasi mendapat tugas di Desa Klompangan. Desa Klompangan terdiri dari 5 dusun yaitu antara lain Dusun Krajan, Dusun Curah Kates, Dusun Pondok Labu, Dusun Durenan dan Dusun Sumuran.

Program ini merupakan kerja sama secara langsung antara Bapak Bupati Jember Ir. H. Hendy Siswanto, ST.IPU dengan mahasiswa dari 13 PT se-Jember yang secara sukarela memverifikasi data warga se-Kabupaten Jember yang telah dibagi menjadi beberapa kelompok di tiap desa di Jember. Pada saat pelepasan beliau menyampaikan harapannya agar program verifikasi dan validasi berjalan dengan baik sehingga data yang dimiliki lebih tepat sasaran.

Aplikasi DTKS Jember

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Proses verifikasi dan validasi mengambil data melalui DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) yang berasal langsung dari kabupaten Jember. Proses verifikasi dan validasi data ini menggunakan aplikasi yang telah dirancang pihak LP2M Jember bersama tim dari pemerintah Jember. Adanya verifikasi dan validasi DTKS diharapkan dapat memberikan data yang lebih valid di Desa Klompangan sehingga proses pembangunan dapat lebih terarah sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat desa.

Wawancara warga terkait verifikasi dan validasi data

Mahasiswa KKN Kelompok 81 melakukan pendataan setiap warga dengan cara mengunjungi secara langsung ke rumah warga dengan bekerja sama dengan perangkat desa seperti RT, RW, atau Kasun untuk mempercepat proses verifikasi dan validasi data di Desa Klompangan. Verval dilakukan dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang sudah disediakan didalam aplikasi DTKS Jember. Jawaban dari pertanyaan tersebut akan dijadikan sebagai acuan pemkab jember dalam mengadakan program yang dibutuhkan.

Ikuti tulisan menarik kkn81 desaklompangan lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu