x

Pengertian Audit dan Tujuan Investasi yang Perlu Anda Ketahui

Iklan

Ruqyah Cirebon

Jurnalistik
Bergabung Sejak: 12 Juli 2021

Jumat, 19 Agustus 2022 14:54 WIB

Pengertian Audit dan Tujuan Investasi yang Perlu Anda Ketahui

Pengertian audit investasi sangat penting bagi Anda yang ingin terjun ke dalam bidang tersebut. Investasi itu sendiri termasuk salah satu upaya untuk untuk menciptakan masa depan yang lebih baik. Apabila investasi yang Anda lakukan berjalan dengan lancar, maka keuntungannya ini sangat menjanjikan untuk anda

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pengertian audit investasi sangat penting bagi Anda yang ingin terjun ke dalam bidang tersebut. Investasi itu sendiri termasuk salah satu upaya untuk untuk menciptakan masa depan yang lebih baik. Apabila investasi yang Anda lakukan berjalan dengan lancar, maka keuntungannya ini sangat menjanjikan untuk anda

Mengenal Pengertian Audit Dalam Investasi

Audit investasi adalah suatu kegiatan pengecekan ulang untuk memastikan tingkat keakuratannya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Adapun hal yang perlu ditinjau yaitu data-data konkrit yang ada di sebuah laporan dalam investasi. Dengan demikian, perusahaan dan semua orang bisa mengetahui secara detail dan jelas data yang dimilikinya.

Pada dasarnya, investasi ini memiliki banyak sekali manfaat. Salah satu di antaranya yaitu bisa meraup keuntungan yang besar tanpa harus menguras banyak tenaga dan pikiran kita.

Selain itu, investasi juga tak selalu membutuhkan modal yang sangat besar. Hanya saja, modal ini nantinya akan mempengaruhi keuntungan yang Anda dapat nanti.

Masih berbicara mengenai soal investasi, pada umumnya ada investasi dengan jangka yang pendek dan ada juga jenis investasi jangka panjang. Anda bisa memilih jenis-jenis investasi yang sesuai dengan kebutuhan maupun keinginan anda.

Tujuan Audit Investasi

Setelah anda memahami pengertian secara singkat, penting pula untuk mengetahui apa tujuan audit dalam investasi. Berikut di bawah ini ulasannya.

Asersi Keberadaan

Salah satu tujuan dari audit investasi yaitu asersi keberadaan. Dalam hal ini, audit yang bertujuan untuk memeriksa apakah penghasilan dari investasi maupun laba atau rugi perusahaan telah terealisasi atau belum.

Bukan hanya yang berkaitan dengan penghasilan yang asalnya dari transaksi saja, melainkan juga memeriksa atas kejadian yang terjadi selama periode waktu tertentu.

Dengan adanya audit investasi ini, maka perusahaan bisa memiliki catatan penting yang berisikan investasi dengan tanggal neraca secara jelas dan akurat

Catatan ini bisa menunjukkan apakah investasi yang di jalani ini berjangka pendek atau panjang.

Asersi Hak dan Kewajiban

Adapun tujuan audit investasi yang lainnya yaitu asersi hak dan kewajiban. Istilah ini yang menunjukkan bahwa audit berperan sangat penting untuk memastikan apakah semua dari investasi yang tercatat di dalam pembukuan merupakan milik perusahaan dan perorangan.

Asersi Kelengkapan

Tujuan audit investasi yang selanjutnya yaitu asersi kelengkapan. Dalam poin ini yang menunjukkan bahwa audit akan memastikan semua transaksi yang berpengaruh terhadap laporan laba atau rugi yang sudah masuk ke dalam buku rekening. Hal ini dapat terjadi selama jangka periode yang telah diperiksa.

Asersi Penyajian dan Pengungkapan

Ada juga asersi penyajian dan pengungkapan. Asersi ini yang bertujuan untuk memastikan bahwa apakah saldo investasi ini terdistribusi secara tepat dalam catatan laporan keuangan.

Asersi Penilaian dan Pengalokasian

Tujuan audit investasi yang tak kalah menarik untuk Anda, perlu ketahui lainnya yaitu asersi penilaian dan juga pengalokasian.

Dalam hal ini, audit investasi yang mempunyai tujuan untuk memastikan apakah pendapatan investasi sudah terealisasi dalam jumlah yang sesuai dan akurat. Hal ini juga berlaku untuk laba atau rugi perusahaan dan perorangan

Ketika anda ingin terjun ke dunia investasi, maka anda harus memahami pengertian dan tujuan audit memang penting Anda wajib lakukan. Hal ini tak lain agar investasi yang Anda tekuni bisa memberikan hasil sesuai apa yang anda harapkan

 

Sumber : Cara Menghitung Pajak Penghasilan

Ikuti tulisan menarik Ruqyah Cirebon lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler