Workshop Pengembangan Praktikum IPA di Sekolah, Kolaborasi SPS Unpak dan FKIP Untirta - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Rabu, 24 Agustus 2022 12:16 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • Workshop Pengembangan Praktikum IPA di Sekolah, Kolaborasi SPS Unpak dan FKIP Untirta

    Prodi Pendidikan IPA SPs Unpak dan FKIP Untirta Gelar Workshop Optimalisasi Praktikum IPA di Sekolah. Implementasi sustainable development goals

    Dibaca : 650 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Sebagai upaya meningkatkan kualitas pendidikan IPA di sekolah, Prodi Pendidikan IPA Sekolah Pascasarjana Universitas Pakuan (Unpak) bekerja sama dengan Prodi Pendidikan IPA FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) menggelar kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) berbentuk “Workshop Pengembangan Praktikum IPA Inovatif untuk menunjang Sustainable Development Goals (SDG’s)” secara daring (20/8/2022).  Dibuka oleh Dr. Dolly Priatna, M.Si, workshop ini menekankan pentingnya sustainable development goals, khususnya pendidikan berkualitas yang perlu didukung oleh guru-guru hebat dan kreatif.

    Ketua Pelaksana PkM sekaligus Kaprodi Pendidikan IPA, Prof. Dr. Indarini Dwi Pursitasari, M.Si menegaskan pentingnya praktikum dalam pembelajaran IPA di sekolah. Agar siswa dapat mengembangkan kemampuan hands-on maupun minds-on. Praktikum bukan hanya memverifikasi pengetahuan, namun juga berguna untuk membangun pengetahuan. Oleh karena itu, guru perlu memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk mendesain praktikum maupun menghasilkan alat-alat praktikum inovatif menggunakan potensi lingkungan dengan tetap memperhatikan pembangunan secara  berkelanjutan.

    Dalam sambutannya, Yayan Karyana, M.Pd, Kasie Kurikulum dan Penilaian Disdikbud Kab. Serang, sangat mengapresiasi workshop yang dilakukan Unpak dan Untirta kepada guru-guru IPA di Kab. Serang dalammengembangkan Keprofesian secara Berkelanjutan. Hal senada dikemukakan oleh Lukman Nurhakim, M.Pd, Kaprodi Pendidikan IPA FKIP Untirta yang senang dapat dengan Unpak dalam meningkatkan profesionalisme guru.

    Bertindak sebagai narasumber dalam workshop ini yaitu Dr. Didit Ardianto, M.Pd, (Kapus Inovasi Unpak dan dosen Prodi Pendidikan IPA SPs Unpak)  yang memaparkan Desain Pratikum IPA dengan Framework Education Sustainable Development (ESD) Goals. Sebagai cara untuk meningkatkan kualitas praktikum IPA yang inovatif untuk siswa SMP, seperti: praktikum berbasis masalah, praktikum berbasis proyek, dan praktikum berbasis STEM. Di sisi lain, Septi Kurniasih, S.Pd., M.Biotek (dosen Prodi Pendidikan IPA FKIP Untirta) menegaskan pentingnya Pengembangan Praktikum IPA berorientasi alam sekitar. Agar praktikum dapat menjadi kegiatan sistematis yang mengajak peserta didik mengamati fenomena untuk memahami suatu konsep melalui pemanfaatan potensi lokal atau alam sekitar.

     

    Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.