x

Iklan

Nurma Febriani P

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 31 Oktober 2022

Selasa, 1 November 2022 07:18 WIB

6 Langkah Mencuci Tangan dengan Sabun


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) adalah perilaku kesehatan yang dilakukan karena kesadaran pribadi sehingga keluarga dan seluruh anggotanya mampu menolong diri sendiri pada bidang kesehatan serta memiliki peran aktif dalam aktivitas masyarakat. PHBS ini dapat dilakukan pada lingkungan sekitar kita seperti sekolah, tempat kerja, dan tempat tinggal. Selain itu, penerapan PHBS yaitu dengan cara mencuci tangan dengan sabun, tindakan ini membersihkan tangan dan jari-jemari menggunakan air bersih yang mengalir serta sabun yang bertujuan untuk menjadi bersih dan memutus mata rantai kuman.

Mencuci tangan dengan sabun dinilai lebih efektif dibadingkan mencuci tangan dengan air saja. Dikarenakan tangan termasuk salah satu anggota tubuh yang dapat menjadi perantara bakteri atau virus sehingga dapat masuk kedalam tubuh manusia.

Masih banyak masyarakat Indonesia yang masih belum paham tentang bagaimana langka-langkah mencuci tangan dengan sabun yang benar. Padahal mencuci tangan sangat diutamakan seperti sebelum makan, setelah BAB, sebelum menjamah makanan dan setelah beraktifitas. Durasi yang diperlukan untuk mencuci tangan yaitu kurang lebih 60 detik. Terdapat 6 langkah mencuci tangan dengan sabun yaitu,

  1. Basahi tangan, gosok sabun pada telapak tangan kemudian usap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut dengan arah memutar.
  2. Usap dan gosok juga pada kedua punggung tangan secara bergantian.
  3. Setelah itu, gosok pada sela-sela jari tangan hingga bersih.
  4. Bersihkan ujung jari secara bergantian dengan posisi saling mengunci.
  5. Lalu, gosok dan putar kedua ibu jari tangan secara bergantian.
  6. Letakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian gosok perlahan, kemudian bilas dengan air bersih yang mengalir dan keringkan dengan tisu atau handuk kering.
Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Oleh karena itu, kebiasaan mencuci tangan dengan sabun yang benar dapat menjaga kesehatan seseorang dan kebersihan baik untuk diri sendiri maupun orang-orang yang ada disekitar kita. Selain itu, juga kita dapat terhindar dari berbagai macam penyakit seperti diare, infeksi saluran pernafasan, hepatitis A, kecacingan, penyakit kulit dan mata. Kemudian, sabun yang dapat digunakan untuk mencuci tangan yaitu sabun khusus cuci tangan baik yang berbentuk batang maupun cair. Hal ini sangat disarankan agar kebersihan tangan dapat secara maksimal. Mencuci tangan juga termasuk GERMAS (Gerakan Masyarakat) yang harus dipertahankan agar kedepannya menjadi kebiasaan pola hidup yang sehat. Dengan demikian, harapannya masyarakat Indonesia dapat encuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir dan bersih. Dapat diketahui juga bahwa sehat itu sangatlah penting dan mahal, maka dari itu kita harus dapat menerapkan PHBS yang baik dan benar. 

Ikuti tulisan menarik Nurma Febriani P lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler