x

Iklan

Bambang Udoyono

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 3 Maret 2022

Selasa, 21 Februari 2023 20:02 WIB

Bangkitkan Kekuatanmu Dengan Sikap Antusias, Begini Caranya Bangkitkan Antusiasme

Hidup ini banyak beban. Jadi kita butuh kekuatan. Hidup harus dihadapi dengan kekuatan dan antusiasme. Bagaimana kiatnya?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Bangkitkan Kekuatanmu Dengan Sikap Antusias, Begini Caranya Bangkitkan Antusiasme

Bambang Udoyono

 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Allah tidak menjanjikan kehidupan manusia akan mudah. Di dalam Al Qur’an Allah justru menegaskan bahwa akan ada ujian kehidupan berupa berbagai kesulitan.     Wahyu itu nampak nyata dalam kehidupan manusia.  Semua orang memiliki masalahnya masing masing. Semua orang harus berjuang mencari nafkah.  Semua pekerjaan memiliki bebannya.  Tidak ada jalan mudah. Kadang kita merasa berat. Memang perjuangan hidup itu membutuhkan kekuatan.  Pertanyaannya, bagaimana kita bisa mendapatkan kekuatan untuk menghadapi hidup ini?

 

Untuk menjawab pertanyaan itu mari kita belajar dari seorang tokoh penulis kenamaan. Paulo Coelho adalah seorang penulis dari negeri sepak bola yaitu Brazil.  Sekarang dia sudah menjadi penulis mapan. Karyanya sudah diterjemahkan ke dalam banyak sekali bahasanya.  Terjemahan karyanya dalam Bahasa Indonesia juga sudah banyak. 

 

Semua capaiannya itu juga dicapai dengan susah payah.  Dia sudah menjalani jatuh bangun dalam perjalanan hidupnya.  Jadi pengalamannya dalam perjuangan hidup sudah tidak diragukan lagi. Karena itulah karyanya selalu berbobot. Semuanya penuh greget sehingga memesona jutaan orang di banyak negara.  

 

Dia memiliki banyak sekali kata mutiara dan kalimat bijaksana.  Salah satu kata mutiaranya adalah berikut ini.  “When you are enthusiastic about what you do, you feel this positive energy. It's very simple. Paulo Coelho.

Ketika kamu antusias dengan apa yang kamu lakukan, kamu merasakan enerji positif. Sederhana saja.

 

Benar sekali kata Paulo Coelho, kalau kita bersikap antusias kepada apa yang kita kerjakan maka otomatis ‘tenaga dalam’ kita bangkit. Kita akan bersemangat melakukan apa yang harus dilakukan.  Kalau sudah demikian maka berlalunya waktu tidak terasa lama. Tugas juga tidak terasa berat.  Tahu tahu hari sudah sore. Sudah saatnya pulang.

 

Pertanyaan selanjutnya, bagaimana kita bisa bersikap antusias? Atau, bagaimana kita bisa membangkitkan antusiasme untuk bekerja? Dalam amatan saya tergantung pada kepribadian orang. Ada orang yang mudah mengatur pikiran, perasaan dan moodnya. Orang seperti ini bisa menyukai banyak bidang. Dia dengan mudah bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan dan pekerjaan. Dia akan menemukan seninya dan keasikannya bekerja. Maka dia akan antusias dalam bekerja.

 

Tapi ada juga orang yang tidak mudah menyesuaikan diri dengan berbagai lingkungan dan pekerjaan. Dia hanya memiliki minat yang sedikit atau sempit. Hanya satu atau dua bidang saja yang dia sukai.  Dengan kata lain bakat dan minatnya terbatas.  Jadi dia hanya bisa antusias pada bidang tertentu. Orang seperti ini harus menemukan bidang yang pas dengan bakat dan minatnya. Kalau tidak maka dia akan bekerja dengan setengah hati saja. Akibatnya pekerjaannya akan kurang baik.  

 

Jadi kalau kamu masih sekolah atau kuliah, amati dirimu sendiri. Temukan bakat dan minatmu.  Tekuni terus dan kembangkan.  Sehingga kamu memiliki satu kompetensi tertentu.  Kalau kamu multi bakat dan minat kamu akan lebih mudah menyesuaikan diri meskipun kadang kamu bingung memilih. Itulah salah satu kiat sukses.

Ikuti tulisan menarik Bambang Udoyono lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler