x

Iklan

sarana mitra sadaya

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 2 Juli 2023

Senin, 3 Juli 2023 20:49 WIB

Mengenal Metode Garnet Sand Blasting


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Mengenal Metode Garnet Sand Blasting

Mengenal Metode Garnet Sand Blasting – Di zaman modern ini semakin banyak ditemukan berbagai metode untuk mempermudah pekerjaan manusia. Mulai dari pekerjaan rumah tangga, industri, pertanian, sampai pembangunan. Salah satu contohnya adalah metode pembersihan material atau untuk menghilangkan karat cat yang ingin diganti warnanya. Anda tidak harus bersusah-susah ketika melakukan pembersihan karat cat. Apalagi karat cat ini cukup sulit untuk dihilangkan.   

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Metode ini disebut sebagai sand blasting. Metode ini dilakukan dengan menggunakan berbagai bahan dasar. Bahan yang paling sering digunakan yakni dengan garnet sand. Karena bahan yang digunakannya ialah garnet sand, maka metode ini akhirnya disebut dengan garnet sand blasting. Nama yang cukup asing di telinga Anda. Namun istilah tersebut memiliki arti dan kegunaan yang menguntungkan bagi penggunanya. 

Garnet merupakan jenis pasir yang mempunyai kandungan mineral alami yang bersifat non logam dan berkarakteristik abrasif. Garnet memiliki beberapa macam, salah satunya yakni garnet Cina dan GMA garnet sand atau garnet yang berasal dari Australia. Ketiga jenis tersebut tentu punya ciri dan karakteristik sendiri.

Dari uraian di atas pasti dalam diri Anda akan muncul pertanyaan kenapa pasir garnet sand blasting sangat cocok untuk proses sandblasting sehingga muncul istilah garnet sand blasting ini. Kekhasan dari ukuran butirannya, densitasnya, serta kekerasan dan daya ketahanan pada pasir garnet ini yang membedakam dengan jenis lainnya. Karena hal tersebut membuat garnet bisa menciptakan efisiensi abrasif yang optimal, juga konsumsi terendah abrasif walaupun pada tingkat produksi yang tinggi.

Melihat dari kegunaan garnet untuk sand blasting, lalu apa sih, sand blasting itu sendiri? Sand blasting ialah suatu proses pembersihan permukaan dengan menembakkan partikel-partikel pasir ke permukaan tersebut. Aktivitas ini akan menimbulkan gesekan atau tumbukan di permukaan material tersebut. Proses inilah yang akan menjadikan permukaannya bersih dan kasar. Tingkat kekasaran akan disesuaikan dengan tekanan dan ukuran pasir yang digunakan.

Proses garnet sand blasting ini tergolong cepat, yakni hanya butuh waktu antara 1-2 hari saja (sesuai luas material). Dengan metode Anda juga bisa sekaligus membersihkan permukaan material yang terkontaminasi dengan kotoran lain. Seperti garam, jamur, korosi, bahkan karat juga bisa hilang dengan metode ini. Anda bisa mengaplikasikannya pada platform yang akan Anda bersihkan maupun sekedar perawatan. 

Metode ini banyak dipilih karena juga memiliki beragam kelebihannya tersendiri. Terlebih jika Anda menggunakan garnet sand blasting. Perpaduan garnet dan metode ini akan memberikan banyak keuntungan bagi Anda antara lain seperti membuat permukaan dinding lebih kasar sehingga cat baru lebih menempel baik, serta dapat membersihkan material besi ataupun logam. Besi dan logam yang sudah terkontaminasi oleh karat atau kotoran lain bisa kembali bersih. Cat yang sudah pudar atau lama pun sudah pasti akan terkelupas.

Metode ini memiliki dua jenis metode yaitu dry sand blasting dan wet sand blasting. Dry sand blasting  ini biasanya digunakan untuk benda berbahan metal yang tidak berisiko terbakar. Sepertinya untuk tiang pancang, bodi mobil atau kapal laut. Sementara Wet sand blasting digunakan untuk bahan besi yang berisiko terbakar misalnya tangki bahan bakar dan kilang minyak. Keduanya bisa menggunakan garnet sand blasting.

Dari penjelasan di atas sudah terlihat bahwa metode ini dapat membantu meringankan pekerjaan manusia. Anda bisa menggunakan metode ini untuk menjadikan dinding dan atau barang di sekitar Anda bersih kembali saat akan dicat. 

Ikuti tulisan menarik sarana mitra sadaya lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler