x

Freepik

Iklan

Tirta Pakuan Bogor

Tirtapakuan
Bergabung Sejak: 11 Agustus 2023

Minggu, 8 Oktober 2023 06:46 WIB

Mengenal Protein Water, Apakah Bisa Jadi Sumber Protein yang Baik?

Protein water adalah minuman yang dibuat dengan mencampurkan bubuk protein ke dalam ai, dan bertujuan untuk meningkatkan asupan protein.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kita tahu bahwa air murni tidak mengandung kalori, karena tidak ada protein, karbohidrat dan lemak di dalamnya. Namun, berkat tren gaya hidup, kini hadir protein water atau air protein. Seperti namanya, ini adalah minuman yang dibuat dengan mencampurkan bubuk protein ke dalam air.

Protein water menjadi minuman populer dan pilihan karena dapat menghidrasi tubuh, sekaligus meningkatkan asupan protein.

Manfaat Protein untuk Tubuh

Protein adalah salah satu dari tiga makronutrien yang dibutuhkan tubuh Anda dalam jumlah besar. Protein menyediakan bahan bakar untuk otot dan otak. Selain itu, banyak bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa protein bermanfaat untuk:

  • Menguatkan otot, tulang, tulang rawan, jaringan, dan kulit
  • Membantu tubuh mencerna makanan
  • Membuat sel baru
  • Mengatur hormon
  • Membawa oksigen ke organ-organ di dalam tubuh melalui darah

Apakah Air Protein Pilihan yang Baik untuk Mendapatkan Protein?

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Air protein lebih tinggi protein tetapi lebih rendah kalori daripada beberapa bentuk suplemen protein lainnya. Air protein yang tersedia di toko-toko umumnya mengandung antara 15-20 gram protein dan sekitar 60-90 kalori.

Ini bisa menjadi sumber protein yang lebih baik daripada protein shake, karena biasanya tidak mengandung banyak gula tambahan. 

Namun, seperti dilansir dari Webmd, akan lebih baik untuk mendapatkan asupan protein dari sumber makanan sehat daripada dari air protein. Sumber protein yang sehat termasuk seperti kacang-kacangan, ikan, dan daging.

Apakah Anda Membutuhkan Protein Ekstra?

Beberapa orang membutuhkan lebih banyak protein daripada yang lainnya, termasuk atlet, mereka yang menjalani perawatan kanker, dan orang berusia di atas 70 tahun.

Namun, bahkan tanpa air protein, mereka dapat memenuhi kebutuhan protein hanya dengan mengonsumsi makanan biasa yang mengandung banyak protein.

Sementara itu, bagi kebanyakan orang, mereka hanya membutuhkan sedikit protein. Jumlah yang direkomendasikan adalah 7 gram protein per 9 kg berat badan. Jadi jika berat badan Anda 60 kg, maka Anda hanya membutuhkan sekitar 40 gram protein setiap hari.

Tapi, seiring bertambahnya usia, secara alami Anda mulai kehilangan massa otot. Jadi, jika Anda mencoba menghentikan hilangnya otot terkait usia, yang disebut sarcopenia, Anda harus mengonsumsi protein 1,5 hingga 2 kali lebih banyak dari yang Anda butuhkan.

Apakah Air Protein Memiliki Efek Negatif?

Bubuk protein adalah bubuk protein yang diekstrak dari susu, tumbuhan, atau telur. Namun, air protein bisa mengandung banyak gula tambahan, yang dapat meningkatkan gula darah secara signifikan dan menyebabkan berat badan bertambah.

Selain itu, bubuk protein berbahan dasar susu dapat menimbulkan masalah bagi orang yang mengalami intoleransi laktosa.



Ikuti tulisan menarik Tirta Pakuan Bogor lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

10 Mei 2016

Oleh: Wahyu Kurniawan

Kamis, 2 Mei 2024 08:36 WIB

Terkini

Terpopuler

10 Mei 2016

Oleh: Wahyu Kurniawan

Kamis, 2 Mei 2024 08:36 WIB