x

Iklan

ayu gemuh

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 7 September 2023

Selasa, 28 November 2023 08:02 WIB

PKM MSP Unwar dan Penanganan Kopi Arabika Hulu-Hilir di Kawasan Badung Agro Techno Park, Kabupaten Badung

Dari kegiatan pengabdian ini diharapkan pendampingan dan masukan peserta dapat menjadi panduan berharga bagi pengelola Badung Agro Techno Park. Harapannya, dukungan pemerintah akan terus berlanjut untuk pengembangan agrowisata dan ekowisata.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

 Jumat, 24 November 2023

PKM MSP UNWAR, Penanganan Kopi Arabika Hulu-Hilir Di Kawasan Badung Agro Techno Park Di Desa Belok, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung

GKM MSP UNWAR ; DR IR NI MADE AYU GEMUH RASA ASTITI, MP

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Program Studi Magister Sains Pertanian (MSP), Program Pascasarjana Universitas Warmadewa, mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat yang sangat menarik pada Jumat, 24 November 2023. Acara ini digelar di Kawasan Badung Agro Techno Park, Desa Belok, Kecamatan Petang, dengan fokus utama pada tema "Penanganan Kopi Arabika Hulu-Hilir."

Dosen dan mahasiswa dari Program Magister Sains Pertanian (MSP) turut serta dalam kegiatan ini, bersama dengan partisipasi peserta dari masyarakat yang juga berperan sebagai tenaga pendamping Badung Agro Techno Park. Kegiatan mencakup pendampingan praktek penanaman benih kopi Gayoh di pembibitan. proses roasting kopi, dan demonstrasi pembuatan kopi espresso. Acara ini diakhiri dengan diskusi yang membahas upaya pengembangan Badung Agro Techno Park sebagai kawasan agrowisata dan ekowisata berbasis pertanian.

Dalam sambutannya, Dr. Ir. Ni Wayan Suparmi, M.Si, Kabid Perkebunan yang mewakili Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung, Kecamatan Petang, menyampaikan keyakinannya bahwa Badung Agro Techno Park memiliki potensi menjadi kawasan edukasi pertanian yang berfokus pada komoditi kopi. Pengabdian ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman tenaga pendukung Badung Agro Techno Park dalam budidaya kopi dari hulu hingga hilir.

Prof. Dr. Ir. Yohanes Parlindungan, M.Si, selaku Kaprodi MSP, menambahkan bahwa kegiatan ini memberikan manfaat bagi pengelola Badung Agro Techno Park untuk meningkatkan kinerjanya dalam memajukan kawasan tersebut. Beliau juga berharap agar kerjasama ini tidak hanya berlanjut dalam bidang pengabdian, tetapi juga melibatkan penelitian dan pendidikan.

Acara pembukaan ditandai dengan penyerahan cendramata oleh Kaprodi MSP dan pengelola Badung Agro Techno Park. Selanjutnya, dilakukan pendampingan kegiatan penanaman benih kopi Gayoh dan kunjungan ke kebun kopi arabika di lapangan. Dr. Ir. I Gusti Bagus Udayana, M.Si., Sekprodi MSP, memberikan penjelasan praktis tentang pembibitan, pemangkasan pohon kopi, dan manfaat rorak untuk optimalisasi pertumbuhan dan produksi kopi.

Pendampingan tidak hanya mencakup budidaya tanaman kopi, melainkan juga roasting kopi dan demonstrasi pembuatan kopi espresso. Diskusi yang berlangsung di akhir acara membangkitkan antusiasme peserta, dengan banyak masukan dan harapan yang disampaikan.

Dari kegiatan pengabdian ini, diharapkan bahwa pendampingan dan masukan dari peserta dapat menjadi panduan berharga bagi pengelola Badung Agro Techno Park. Harapannya, dukungan pemerintah akan terus berlanjut untuk pengembangan agrowisata dan ekowisata, sebagai langkah strategis untuk meningkatkan kesejahteraan petani dan masyarakat lokal.

Ikuti tulisan menarik ayu gemuh lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Taman Pecinta

Oleh: Wahyu Kurniawan

Senin, 29 April 2024 12:26 WIB

Terkini

Terpopuler

Taman Pecinta

Oleh: Wahyu Kurniawan

Senin, 29 April 2024 12:26 WIB