x

Tiba saatnya memperbaiki diri

Iklan

Faraa Zashika

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 3 Oktober 2023

Selasa, 19 Desember 2023 16:44 WIB

Kamu Sering Merasa Kurang 24 Jam dalam Satu Hari? Ini Dia Lima Tip Manajemen Waktu yang Tepat.

Manajemen waktu merupakan cara kita untuk membuat waktu terkendali sehingga dapat menciptakan efektivitas dan produktifitas.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

“ Manajemen waktu ada dalam kendalimu. Jika kamu akan mengelolanya dengan baik maka dapat menciptakan peluang yang sangat besar.” – Fahim Khan

Aku punya waktu 24 jam, tapi kok kayaknya masih kurang, ya? Nah, apa kamu salah satu orang yang pernah bertanya seperti itu sama diri kamu sendiri? Pagi hari mungkin kamu memulai dengan mengerjakan tugas, sayangnya meski sudah lama sekali dikerjakan, pas kamu liat lagi  progress tugasnya ternyata masih stuck ngerjain tugas yang sama seharian. Padahal banyak tugas lain yang seharusnya kamu selesain hari ini, misalnya seperti rapat, kegiatan UKM, bersih-bersih rumah, olahraga, dan belom lagi kalau kamu ngerasa semua kegiatan atau tugas itu adalah prioritas yang penting.

Kamu kan cuma punya waktu 24 jam buat ngerjain semuanya, hal ini mungkin bikin kamu bingung sama tugas mana yang harus diutamakan? dan mana yang bisa dikerjain nanti? Nah dari masalah ini pasti kita pernah dong ngeliat orang lain contohnya temen kita itu jadwal nya padet banget, tapi mereka masih bisa ngelakuin banyak hal dan hasilnya maksimal. Kenapa ya mereka bisa jago banget di banyak hal dalam 24 jam? Tapi kenapa kalo kita sendiri itu susah? Nah maka dari itu mari kita telaah lebih dalam yuk, bagaimana  tips dari manajemen waktu agar dalam waktu 24 jam itu kita bisa mengoptimalkan dan meningkatkan produktifitas dalam satu hari.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Membuat To Do List

Pembuatan To Do List merupakan daftar yang bisa dikerjakan pada hari itu diurutkan secara prioritas.  Kalau punya To Do List biasanya kita akan merasakan tanggung jawab lebih untuk mengerjakannya. Buat sebagian orang ketika membuat To Do List akan merasakan kepuasan ketika ia sudah menyelesaikan tugasnya dan bisa mencoret cheklist yang sudah dibuat. Jangan ragu untuk menulis hal-hal kecil di To Do List karena itu akan sangat membantu bagi orang yang pelupa. Karena dijaman sekarang serba digital, kita bisa menggunakan aplikasi Google Keep dan notes di Handphone untuk membuat To Do List itu

Tentukan prioritas

Setelah kita membuat To Do List untuk hari itu, berikutnya kita bisa memilih kegiatan kita berdasarkan prioritas. Kita bisa melihat prioritas tersebut mulai dari deadline dan tingkat kesulitan setiap tugas. Dari pilihan tersebut kita jadi tau mana yang harus kita kerjakan terlebih dahulu dan dengan cara ini kita jadi bisa lebih efektif mengatur waktu kita.

Menetapkan batas waktu

Menetapkan batas waktu untuk suatu tugas akan menyenangkan apabila kita bisa menyelesaikan tugas yang penting terlebih dahulu, karena dengan itu kita bisa mengatur pekerjaan apa yang bisa kita lakukan setelahnya. Jadi kita bisa menentukan batas waktu atau berapa lama waktu yang kita butuhkan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Kita bisa menentukan waktu tenggat atau deadline untuk menyelesaikan pekerjaan. Dengan menentukan deadline atau batas waktu kita bisa lebih efisien dan lebih cerdas dalam mengelola setiap detik yang kita punya

Melakukan Perencanaan Ke Depan

Melakukan perencanaan kedepan merupakan salah satu yang penting dalam manajemen waktu. Kita bisa memulai perencanaan 1- 2 minggu ke depan dan kita bisa menentukan target yang ingin kita capai. Karena dengan adanya perencanaan untuk satu minggu ke depan akan memudahkan kita untuk melihat apa saja yang harus kita kerjakan di setiap harinya.

Hilangkan Aktivitas Yang Berlebihan

Kurangi tugas yang tidak terlalu penting supaya kita bisa  memiliki banyak waktu luang untuk memikirkan hal yang lebih bermanfaat. Ini juga bisa dapat membantu untuk mrngurangi beban pikiran, kita bisa fokus ke pekerjaan yang lebih penting dan ini akan lebih membuat kita lebih konstentrasi. Seperti contohnya apabila kita sudah merasa sudah tidak kondusif dan konsentrasi mulai pudar dalam melakukan suatu hal itu artinya kita harus melakukan istirahat sejenak, karena dengan itu dapat membantu kita kembali fokus.

 

Untuk menerapkan hal ini bukan suatu hal yang mudah, apalagi untuk kalian yang belum pernah untuk me manajemen waktu atau kalian dan tidak terbiasa melakukan hal ini. Tapi ini penting banget apalagi untuk kalian yang memilki tugas yang banyak kalian bisa mulai untuk memilih-milih mana yang lebih penting dan mana yang terdesak. Dengan membuat To Do List supaya kalian tidak stress dan kewalahan dalam mengatur waktu dan tentunya harus diiringi dengan istirahat yang cukup, maka kalian akan merasa 24 jam dalam satu hari itu cukup.

Oleh Faraa Zashika Mahasiswa Manajemen aktif di Universitas Pembangunan Jaya.

Sumber :

https://www.youtube.com/watch?v=AM-cxFFqpVs

https://www.youtube.com/watch?v=JVg7t_L1Q68&t=92s

Ikuti tulisan menarik Faraa Zashika lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu