x

Iklan

Yuni Sulistiawati

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 13 Februari 2024

Selasa, 13 Februari 2024 19:07 WIB

Keunikan dan Keasyikan Kedung Pengilon di Yogyakarta

Ternyata, Kabupaten Kendal yang terletak di Jawa Tengah memiliki sejumlah destinasi wisata menarik yang patut dikunjungi.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Ternyata, Kabupaten Kendal yang terletak di Jawa Tengah memiliki sejumlah destinasi wisata menarik yang patut dikunjungi. Salah satunya adalah Kedung Pengilon, yang sering disebut sebagai air terjun niagara mini. Objek wisata ini terletak di pelosok Desa Jatirejo. Meskipun demikian, tempat ini tetap menarik dan selalu ramai dikunjungi oleh warga setempat.

Sebenarnya, objek wisata yang sedang menjadi sorotan banyak orang ini adalah aliran sungai yang biasa. Namun, kehadiran bendungan membuat destinasi wisata ini terlihat seperti memiliki air terjun, mirip dengan air terjun niagara.

Itulah sebabnya tempat wisata ini sering disebut sebagai niagara mini, karena memiliki panjang sekitar 50 meter dan tingginya mencapai 10 meter.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pokwardis atau kelompok sadar wisata telah mengubah objek wisata ini menjadi tujuan yang jauh lebih menarik. Bahkan, jembatan tua yang melintasi sungai telah diubah menjadi lebih berwarna.

Selain itu, di Kedung Pengilon ini, pengunjung akan menemukan payung berwarna-warni yang menambah keindahan tempat wisata ini.

Daya tarik yang disajikan oleh Kedung Pengilon

Air Terjun Setinggi 10 Meter

Tersedia berbagai daya tarik saat mengunjungi Kedung Pengilon. Salah satunya adalah air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 10 meter. Keindahan air terjun ini semakin ditingkatkan oleh keberadaan perbukitan hijau yang menyejukkan mata. Saat musim hujan tiba, kedung ini di Kendal menampilkan pemandangan yang eksotis.

Para pengunjung wisata yang datang ke sini akan menyaksikan aliran air yang meluber dan mengalir begitu deras sehingga menciptakan kesan seperti niagara mini.

Namun, saat musim kemarau tiba, air di sini justru akan surut, sehingga terlihatlah batu karang atau batu cadas yang sebelumnya tersembunyi di bawah permukaan air.

Air yang Jernih

Di samping itu, daya tarik kedua yang dapat dinikmati saat berada di lokasi Kedung Pengilon adalah kejernihan air yang mengalir dengan keindahan yang memukau. Kecerahan air ini menciptakan nuansa biru kehijauan di dalam kolam. Kecantikan air di sini dipertegas oleh kehadiran bebatuan kapur berwarna putih di dasar kolam.

Banyak pengunjung wisata yang menghabiskan waktu berlama-lama menikmati keindahan air terjun beserta pemandangan sekitarnya. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika saat ini banyak wisatawan dari luar daerah yang rela mengunjungi lokasi ini hanya untuk menyaksikan langsung keindahan yang ditawarkan.

Nuansa Alamnya Masih Terasa

Kehadiran pepohonan hijau sangat mendukung keindahan air terjun di Kedung Pengilon, menciptakan nuansa alami yang kental. Tempat ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan bagi pengunjungnya.

Ditambah lagi dengan udara yang sejuk, memberikan kesempatan kepada para wisatawan untuk bersantai dan merasa tenang. Oleh karena itu, banyak orang yang memilih untuk mengunjungi air terjun ini sebagai cara untuk menenangkan pikiran. Selain memberikan ketenangan, pengalaman ini juga mengembalikan semangat kepada para wisatawan saat mereka kembali pulang.

Alamat dan Rute Menuju Kedung

Rute menuju Kedung Pengilon sebenarnya cukup mudah. Jika Anda berada di pusat Kota Kendal atau alun-alun Kendal, Anda hanya perlu mengikuti jalan sejauh sekitar 20 kilometer menuju lokasi wisata tersebut. Arahnya ke selatan dan sebagian jalannya sudah dibeton.

Sarana transportasi menuju lokasi wisata Yogyakarta juga tersedia dengan lengkap. Jika Anda tidak menggunakan kendaraan pribadi, Anda dapat memanfaatkan transportasi umum seperti ojek, angkudes, atau andong.

Silakan pilih opsi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Namun, jika ingin menggunakan kendaraan pribadi, disarankan untuk menggunakan kendaraan roda dua saja.

Anda dapat menggunakan kendaraan roda dua agar perjalanan menjadi lebih efisien dan cepat. Ketika menuju lokasi wisata, Anda akan menjumpai jalan yang sempit.

Jika Anda menggunakan kendaraan roda empat, Anda harus memarkirkannya di area yang agak jauh dari lokasi wisata. Oleh karena itu, pilihan yang lebih tepat adalah menggunakan motor.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Untuk menikmati kesegaran dan keindahan Kedung Pengilon, tiket masuknya adalah 5 ribu rupiah per orang. Namun, harga tersebut tidak termasuk biaya parkir atau sewa peralatan di dalam lokasi wisata.

Biaya parkir motor di air terjun ini adalah 3 ribu rupiah, sementara untuk mobil sebesar 5 ribu rupiah. Bagi yang ingin menyewa pelampung atau ban, biaya tambahan sebesar 3 ribu rupiah diperlukan. Oleh karena itu, siapkan anggaran yang cukup jika ingin berkunjung ke tempat wisata populer ini.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan

1. Treking di Kedung Pengilon

Untuk mencapai lokasi Kedung Pengilon, pengunjung diharuskan berjalan kaki melalui jalur setapak selama sekitar 200 meter. Di lokasi ini, terdapat sebuah air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 10 meter dan sebuah kolam di bagian bawahnya yang cocok untuk aktivitas renang.

Kolam yang terletak di sekitar air terjun memiliki kedalaman antara 8 hingga 10 meter. Pengunjung yang berminat untuk berenang di kolam tersebut diizinkan, namun diharapkan memiliki kemampuan berenang.

Informasi tentang larangan berenang sendiri dapat ditemukan di sekitar kedung. Hal ini disebabkan oleh kejadian sebelumnya di mana seseorang meninggal di kolam di bawah air terjun tanpa pengetahuan masyarakat sekitar.

2. Meloncat dari Tebing

Selain itu, kegiatan kedua yang dapat Anda nikmati adalah melompat dari tebing. Jika Anda ingin menikmati kejernihan air terjun Kedung Pengilon, kegiatan ini akan memberikan pengalaman yang sangat menyenangkan. Tidak hanya itu, Anda juga dapat menguji adrenalin sambil menikmati kesegaran yang ditawarkan oleh air terjun di sini.

Jika Anda tidak terlalu mahir berenang, Anda dapat menyewa ban pelampung dengan harga 3 ribu rupiah saja. Dengan begitu, Anda dapat merasa lebih aman saat bermain air atau berenang di kolam. Menyewa ban juga memungkinkan Anda untuk menikmati kegembiraan bermain air di sini tanpa perlu khawatir tentang kemungkinan yang akan terjadi.

3. Mengunjungi Wisata di Sekitarnya

Apabila Anda memiliki waktu yang cukup, disarankan untuk mengunjungi objek wisata menarik lain yang berdekatan dengan Kedung Pengilon. Salah satunya adalah Curug Banyunibo, di mana Anda dapat menyaksikan air yang sangat jernih dengan ketinggian sekitar 10 meter.

Jika Anda tidak tertarik untuk bermain air, tersedia gazebo yang disediakan oleh pihak pengelola wisata untuk bersantai. Mengunjungi beberapa objek wisata lain di sekitar kedung dapat memberikan pengalaman liburan yang menyenangkan bagi Anda.

4. Berfoto

Kegiatan terakhir yang sebaiknya tidak terlewatkan saat berada di lokasi wisata ini adalah berfoto. Air terjun yang eksotis ini dapat menjadi spot foto terbaik bagi Anda. Dengan harga yang terjangkau, Anda dapat menangkap momen-momen seru yang banyak terjadi saat berada di tempat ini.

Selain itu, saat musim kemarau tiba, para pengunjung wisata akan menemukan spot foto menarik lainnya, yaitu bebatuan yang menjadi lebih terlihat jelas. Anda dapat berfoto di atas batu karang yang tersebar di sekitar lokasi wisata. Hasil jepretan yang Anda dapatkan pastinya akan sangat indah dan memukau.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Seperti yang dilansir coloksgp, Tersedia beragam fasilitas di Kedung Pengilon yang dapat dinikmati oleh para pengunjung selama berada di lokasi wisata ini. Mulai dari lahan parkir yang luas, memungkinkan pengunjung yang membawa kendaraan pribadi untuk dengan mudah menempatkannya di area yang telah disediakan.

Di samping itu, tersedia juga tempat duduk yang dapat digunakan untuk bersantai, biasanya terbuat dari bambu atau kayu. Namun, disayangkan bahwa fasilitas ini telah mengalami kerusakan akibat usia yang sudah tua. Selain itu, fasilitas toilet yang dulunya bersih dan terawat, saat ini mengalami keadaan yang kotor dan terlantar.

Tersedia banyak spot foto menarik yang dibangun di tempat wisata ini, sehingga para pengunjung merasa betah dan nyaman. Salah satu contohnya adalah jembatan berwarna-warni yang menjadi ikon dari tempat wisata ini.

Kedung Pengilon merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Yogyakarta yang sedang menjadi perbincangan banyak orang saat ini. Di tempat ini, terdapat banyak kegiatan seru yang dapat dilakukan. Selain bermain air, berenang, dan bersantai, pengunjung juga dapat berfoto dengan harga yang sangat terjangkau.

Ikuti tulisan menarik Yuni Sulistiawati lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Menggenggam Dunia

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Selasa, 9 April 2024 13:46 WIB

Terkini

Terpopuler

Menggenggam Dunia

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Selasa, 9 April 2024 13:46 WIB