Prioritas itu Penting

Senin, 8 Juli 2024 14:43 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Penting bagi kita secara teratur memeriksa apakah kita benar-benar memprioritaskan hal-hal penting dalam hidup kita atau hanya terjebak dalam prokastinasi tersembunyi. Jangan ragu melakukan perubahan jika yang terkahir itu lebih banyak kita lakukan. Kita harus menjadi prioritas dalam hidup kita sendiri

Teman-temanku yang super sibuk. Mari berbicara tentang prioritas, apa sebenarnya yang disebut prioritas? Apakah itu hanya sekedar urutan yang disusun di dalam kepala, ataukah prioritas adalah sesuatu yang lebih dalam dari itu? Kali ini kita akan membahas tentang bagaimana menemukan prioritas. Jadi, mari kita bersenang-senang.

Prioritas Bukan Hanya Sebuah Urutan

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kita sering kali mendengar kata "prioritas" dalam berbagai konteks. Kita mungkin memiliki daftar panjang yang harus diselesaikan dalam sehari, tetapi apakah itu benar-benar sesuatu yang disebut prioritas? Prioritas sebenarnya adalah tentang memastikan bahwa kita memberikan waktu dan perhatian kepada hal-hal yang benar-benar penting bagi kita.

Pertama-tama, kita perlu memahami apa yang penting bagi kita secara pribadi. Apakah itu menghabiskan waktu bersama keluarga, mengejar karier yang kita impikan, atau mungkin bahkan memanjakan diri sendiri dengan liburan yang menyenangkan. Setiap orang memiliki prioritas yang berbeda-beda, dan tidak ada yang salah dengan itu. Yang penting adalah kita harus tahu apa yang benar-benar penting bagi kita dan membuatnya sebagai prioritas utama dalam hidup kita.

Prioritas Seperti Kacang Polong

Jika kita bertanya-tanya bagaimana caranya mencari prioritas di tengah tumpukan kesibukan, jawabannya adalah sederhana, kita perlu membuang semua yang tidak perlu. Pikirkanlah prioritas seperti kacang polong. Kacang polong itu kecil, tetapi kita hanya akan mendapatkannya jika kita benar-benar mencarinya di dalam tumpukan makanan.

Jadi, dalam hidup kita, kita harus belajar untuk membuang hal-hal yang tidak perlu. Mungkin itu adalah waktu yang kita habiskan untuk menonton TV, bermain sosial media, atau berharap kepada cinta yang semu. Jika kita ingin menjadi prioritas, kita harus fokus pada hal-hal yang benar-benar penting dan membuang semua yang tidak perlu. Terkadang, prioritas yang sebenarnya ada di antara tumpukan kesibukan kita, tetapi kita harus berani mencarinya.

 

Prioritas atau Prokastinasi Tersembunyi?

Kadang-kadang, kita mengira bahwa kita sudah memprioritaskan hal-hal yang benar-benar penting dalam hidup kita, tetapi pada kenyataannya kita hanya mengalihkan fokus ke kesibukan-kesibukan yang sebenarnya tidak perlu. Ini adalah prokastinasi tersembunyi.

Misalnya, kita mungkin sibuk bekerja selama berjam-jam untuk menyelesaikan pekerjaan, tetapi disisi lain, kita menghindari pertanyaan-pertanyaan penting tentang apakah pekerjaan itu benar-benar membuat kita bahagia atau mengarah ke arah yang kita inginkan. Jadi, kita hanya sibuk dengan tugas-tugas yang sebenarnya tidak memberikan manfaat nyata untuk diri kita sendiri.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk secara teratur memeriksa apakah kita benar-benar memprioritaskan hal-hal yang penting dalam hidup kita atau hanya terjebak dalam prokastinasi tersembunyi. Jika kita menemukan bahwa kita sedang melakukan hal terakhir ini, jangan ragu untuk melakukan perubahan yang diperlukan. Kita harus menjadi prioritas dalam hidup kita sendiri, bukan hanya menjadi penonton yang sibuk menyelesaikan tugas-tugas yang tidak memberikan manfaat yang nyata.

 

Prioritas dengan Cinta dan Semangat

Terakhir tapi tidak kalah penting, kita dapat mendapatkan prioritas dalam hidup kita dengan mencintai dan mendedikasikan diri kita sepenuhnya pada apa yang kita lakukan. Jadi, cintailah apa yang kita kerjakan, cintailah hidup kita, dan semangatilah diri kita sendiri. Tak perlu melibatkan orang lain.

Ketika kita mencintai apa yang kita kerjakan, kita akan menemukan bahwa kita tidak hanya mendapatkan prioritas dalam hidup itu sendiri, tetapi kita juga mendapatkan kepuasan dan kebahagiaan. Tidak peduli seberapa sibuk kita dalam menjalani hidup, kita harus menjadikan diri kita sendiri sebagai prioritas dan memberikan diri kita sendiri cinta dan semangat yang pantas. Jangan malah berharap cinta dari seseorang, itu sangat tidak baik.

Bagikan Artikel Ini
img-content
Ariyo Rizky Valentino

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

img-content

Prioritas itu Penting

Senin, 8 Juli 2024 14:43 WIB

Baca Juga











Artikel Terpopuler